sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Manfaat Daun Pandan Untuk Kecantikan, Sudah Coba?

Lifia Mawaddah Putri | Jumat, 01 Jan 2021 11:00 WIB
4 Manfaat Daun Pandan Untuk Kecantikan, Sudah Coba?
caption
Jakarta -

Daun pandan biasanya digunakan sebagai penambah aroma ataupun perasa pada makanan atau minuman. Tapi selain itu, tanaman hijau penuh nutrisi ini juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan lho!

Sebab, daun pandan mengandung berbagai jenis senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid. Jadi, enggak heran kalo daun pandan punya banyak manfaat untuk kecantikanmu. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk langsung simak artikel berikut ini!

Menghilangkan Komedo

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan daun pandan. Siapkan ½ sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang dan ¼ sendok teh minyak zaitun.
Komedo/freepik.com

Komedo merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak wanita. Namun, enggak usah frustasi ya, Beautynesian. Kamu bisa mengatasinya dengan mudah kok. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan daun pandan.

Siapkan ½ sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang dan ¼ sendok teh minyak zaitun. Campurkan hingga mengental lalu aplikasikan pada area komedo dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah selesai, bilas dengan air dingin.

Menghilangkan Flek Hitam

Biasanya, flek hitam muncul karena sering terpapar sinar matahari. Tapi tenang saja, Beautynesian. Kamu bisa menghilangkannya dengan daun pandan.
Masalah Kulit/freepik.com

Flek hitam pada wajah memang membuat kita jadi enggak percaya diri. Biasanya, flek hitam muncul karena sering terpapar sinar matahari. Tapi tenang saja, Beautynesian. Kamu bisa menghilangkannya dengan daun pandan.

Caranya buat campuran air perasan daun pandan dengan madu murni, jeruk nipis, pisang, dan minyak zaitun. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin.

Mengeksfoliasi Kulit

Penumpukan sel kulit mati dapat mengakibatkan wajah tampak kusam. Nah, untuk mengangkat sel kulit mati tersebut kamu perlu melakukan eksfoliasi kulit.
Daun Pandan/freepik.com

Penumpukan sel kulit mati dapat mengakibatkan wajah tampak kusam. Nah, untuk mengangkat sel kulit mati tersebut kamu perlu melakukan eksfoliasi kulit. Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengeksfoliasi kulit adalah daun pandan.

Caranya, cuci bersih daun pandan lalu campurkan dengan madu dan minyak zaitun. Setelah itu, gosok pada kulit dengan gerakan melingkar. Kemudian diamkan selama 3 menit lalu bilas hingga bersih.

Mencegah Penuaan Dini

Nah, kandungan inilah yang akan berperan untuk menangkal radikal bebas. Sehingga, proses regenerasi sel-sel kulitmu akan lebih lancar dan menghambat terjadinya penuaan dini.
Kulit Sehat/freepik.com

Terakhir, daun pandan memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Nah, kandungan inilah yang akan berperan untuk menangkal radikal bebas. Sehingga, proses regenerasi sel-sel kulitmu akan lebih lancar dan menghambat terjadinya penuaan dini.

Untuk memanfaatkan daun pandan sebagai pencegah penuaan dini, cukup haluskan daun pandan kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan hingga bersih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id