sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Strechmark di Kulit

tyana | Senin, 27 Jul 2020 19:30 WIB
5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Strechmark di Kulit
caption

Stretch mark merupakan kondisi dimana kulit bergaris yang disebabkan oleh peregangan kulit secara berlebihan. Kondisi ini seringkali terjadi pada ibu hamil, perubahan berat badan secara ekstrem (naik ataupun turun),dan juga kurangnya nutrisi tubuh.

Stretch mark memang tak berbahaya untuk tubuh, tapi dapat mengganggu rasa percaya diri. Untuk itu, 5 bahan alami ini dipercaya dapat membantu memudarkan stretch mark.

1. Kentang

kentang rebus dan kentang untuk makankentang rebus dan kentang untuk makan/ Foto: Freepik.com

Sayuran satu ini tak hanya mengandung karbohidrat untuk menambah energi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral. Kentang mengandung mineral yang dapat membantu tubuh mempercepat regenerasi kulit. Tak hanya itu kentang juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.


Untuk menghilangkan stretch mark menggunakan kentang kita dapat membuat pasta kentang dengan kupas kental dan haluskan dengan menggunakan parutan. Kemudian campurkan dengan dua sendok yogurt.

Usapkan pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu basuh dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal gunakan secara rutin.

2. Putih Telur

Telur dapat memudarkan strechmark
Telur/pinterest.com/1cheng_

Putih telur ternyata tak hanya kaya dengan protein tetapi juga dengan vitamin A. Kandungan vitamin A dalam putih telur dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan membuat kulit lebih kenyal. Micronutrien dalam putih telur juga dapat meningkatkan regenerasi kulit. Oleh karena itu putih telur dipercaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan stretch mark.

Untuk menggunakan putih telur sebagai bahan alami memudahkan stretch mark kamu dapat mencampurnya dengan susu. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark. Tunggu sekitar 20 menit, lalu basuh dengan air hangat. Gunakan sebelum mandi untuk hasil maksimal.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami untuk memudarkan strechmark
Lidah Buaya/pinterest.com/cristianapapuc2003

Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tumbuhan berlendir ini juga ternyata bermanfaat untuk memudarkan stretch mark, Ladies. Lidah buaya mengandung vitamin C dan E yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Tak hanya itu asam folat dan kolin dalam lidah buaya juga membuat kuit lebih lembab dan elastis.

Untuk memudarkan stretch mark gunakan lendir lidah buaya yang telah dibersihkan. Kemudian aplikasikan pada bagian tubuh yang memiliki permasalahan kulit ini. Tunggu sampai kering dan basuh dengan air hangat. Lakukan dua sampai tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat memudarkan strechmark
Lemon/pinterest.com/helenamer52

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan regenarasi kulit, melembabkan dan membuat kulit lebih cerah. Tak hanya itu kandungan asam alpha hidroksi dalam lemon juga merupakan bahan alami untuk menangkal radikal bebas dan meratakan warna kulit.

Campuran air perasan lemon dan madu dipercaya dapat membantu kulit memudarkan stretch mark. Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan ini menjadi pasta. Kemudian aplikasikan pada bagian kulit yang memiliki stretch mark. Diamkan selama 10 menit kemudian basuh dengan air hangat.

5. Mengkonsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih dapat memudarkan strechmark
Air Putih/pinterest.com/karenmariepape

stretch mark terjadi karena kurangnya elastisitas kulit. Memenuhi asupan air putih harian dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik. Kulit akan menjadi lebih kenyal, lembut dan juga proses regenarisi kuit akan lebih cepat.

Jadi jangan males lagi iya mengkonsumsi air putih. Coba ganti minuman berasa dengan air mineral karena memiliki lebih banyak manfaat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id