sign up SIGN UP

SKINCARE

Begini Cara Menghilangkan Bintil-Bintil Putih Menganggu di Wajah

Jovita | Selasa, 21 Jul 2020 13:30 WIB
Begini Cara Menghilangkan Bintil-Bintil Putih Menganggu di Wajah
caption

Bintil-bintil yang terdapat di wajah, sering disebut milia, merupakan benjolan kecil berwarna putih atau kuning yang menyerupai jerawat dan bisa muncul pada kulit bayi hingga orang dewasa. Munculnya milia seringkali mengganggu penampilan dan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Milia dapat muncul saat serpihan kulit mati terjebak di bawah permukaan kulit. Berikut beberapa cara menghilangkan bintil-bintil putih tersebut!

1. Rutin membersihkan wajah

Rutin Cuci Muka/ Foto: pixabay.com
Rutin Cuci Muka/ Foto: wolipop.detik.com

Membersihkan wajah adalah kebiasaan yang harus dilakukan secara rutin. Kebiasaan ini bisa membantu Beautynesian menghindari dan menghilangkan bintil-bintil putih pada kulit wajah. Rutin membersihkan wajah juga dapat mencegah timbulnya jerawat, menjauhkan kulit dari kotoran, hingga menghidrasi wajah.


Pilihlah sabun wajah yang berbahan ringan sehingga dapat melembutkan kulit dan aman untuk kulit sensitif. Untuk hasil yang maksimal, usapkan sabun tersebut di bagian yang terdampak milia setiap hari.

2. Eksfoliasi wajah

Scrub wajah/ Foto: wolipop.detik.com
Eksfoliasi wajah/ Foto: wolipop.detik.com

Cara menghilangkan bintil-bintil putih atau milia juga bisa dilakukan dengan eksfoliasi wajah. Ini merupakan teknik perawatan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Selain dapat menghilangkan debu, kotoran, dan kulit mati, perawatan wajah ini juga bisa membantu kulit bebas dari iritan yang menyebabkan milia. Contohnya, menjaga agar keratin di kulit tidak dihasilkan secara berlebihan.

Cara termudah melakukan eksfoliasi wajah yaitu dengan menggunakan scrub. Buatlah scrub dari bahan-bahan yang ringan, seperti gula atau campuran gula merah dengan minyak zaitun.

Jika scrub sudah jadi, basahi kulit wajah dengan air dan oleskan sedikit scrub di wajah, terutama di bagian milia. Gosok perlahan selama 30 detik, kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi perawatan ini minimal tiga kali dalam seminggu sampai milia hilang.

 3. Mengoleskan madu manuka

Mengoleskan Madu Manuka/ Foto: pixabay.com
Mengoleskan Madu Manuka/ Foto: pixabay.com

Jika sudah bersih, Beautynesian bisa coba mengoleskan Madu Manuka di wajah. Madu jenis ini memiliki komponen yang tidak dimiliki madu biasa dan dapat digunakan untuk mengurangi peradangan akibat bakteri atau iritasi kulit. Karenanya, mengoleskan Madu Manuka pada kulit wajah dipercaya sebagai cara menghilangkan bintil-bintil putih atau milia.

Campurkan 3-4 sendok makan madu tersebut dengan satu sendok makan kayu manis, kemudian hangatkan campurannya dalam microwave selama 30 detik. Oleskan campuran ke bagian wajah yang terdampak milia dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas. wajah dengan air bersih.

4. Menggunakan krim retinoid

Menggunakan Krim Retinoid/ Foto: wolipop.detik.com
Menggunakan Krim Retinoid/ Foto: wolipop.detik.com

Selain menggunakan cara alami, kamu juga bisa menghilangkan milia dengan menggunakan krim retinoid. Beberapa peneliti merekomendasikan krim ini untuk menghilangkan milia di wajah karena mengandung vitamin A, yang baik untuk kesehatan kulit.

Oleskan produk yang mengandung retinol, satu hari sekali pada bagian milia. Perlu diketahui,  penggunaan krim retinoid harus disertai dengan krim tabir surya. Hal ini dikarenakan retinoid dapat membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, sehingga adanya tabir surya akan menghindarkan kulit dari kerusakan akibat paparan tersebut.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id