sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Cara Mencegah Jerawat di Pipi Biar Gak Datang Lagi!

Friska NR | Selasa, 27 Apr 2021 20:15 WIB
5 Cara Mencegah Jerawat di Pipi Biar Gak Datang Lagi!
caption

Jerawat pipi menjadi masalah kulit yang sering terjadi pada remaja maupun orang dewasa. Mulai dari bruntusan hingga jerawat batu, masalah kulit ini tentu mengganggu penampilan karena seringkali tampak begitu jelas di wajah. 

Penyebab terjadinya jerawat pipi pun bermacam-macam. Selain terkait hormon, faktor-faktor lain seperti kebiasaan buruk menyentuh wajah juga dapat memicu munculnya jerawat di pipi.

Nah, apa saja ya cara untuk mencegah jerawat pipi agar tidak muncul lagi?

1. Rutin Membersihkan Wajah

cegah jerawat
Membersihkan wajah/Foto: freepik.com

Salah satu penyebab jerawat yang sering terjadi adalah kondisi wajah yang kotor. Baik karena seringnya menyentuh wajah maupun malas mencuci wajah, kulit yang tidak rutin dibersihkan dapat dipenuhi oleh kotoran, minyak serta sisa makeup yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

Oleh karena itu, kamu sebaiknya rutin membersihkan wajah dengan cleanser  dua kali sehari agar kulit tetap bersih, sehat dan terhindar dari jerawat.

2. Rajin Mengganti Sarung Bantal

cegah jerawat
Foto: freepik.com

Tidak hanya kebiasaan menyentuh wajah, sarung bantal yang jarang diganti juga bisa menjadi penyebab utama munculnya jerawat di pipi. Pasalnya saat kita tidur, kuman, bakteri dan minyak yang menumpuk di sarung bantal dapat menempel di wajah sehingga menyebabkan jerawat.

Untuk menghindarinya, kamu disarankan untuk mengganti sarung bantal seminggu sekali, atau beberapa hari sekali jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan acne-prone.

3. Mengeksfoliasi Kulit

cegah jerawat
Foto: freepik.com

Kamu juga perlu rutin mengeksfoliasi kulit untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori. Produk dengan kandungan AHA dan BHA dapat kamu andalkan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Bagi pemilik kulit sensitif, kamu bisa memilih jenis exfoliant yang lebih gentle untuk menghindari iritasi, seperti PHA dan enzim buah.

4. Memilih Produk Kecantikan Sesuai Jenis Kulit

cegah jerawat
Foto: freepik.com

Ladies, jerawat pipi yang muncul juga bisa disebabkan oleh pemilihan produk makeup atau skincare yang kurang tepat. Saat menggunakan produk kecantikan, pilih produk dengan formula yang sesuai dengan jenis kulit agar tidak menimbulkan masalah kulit baru.

Perhatikan juga untuk memilih produk yang non-comedogenic serta oil-free untuk mencegah munculnya jerawat.

5. Mengurangi Stress

cegah jerawat
Foto: freepik.com

Secara tidak langsung, stress pun dapat memicu munculnya jerawat pipi. Hal ini karena stress menyebabkan hormon kortisol meningkat sehingga tubuh memproduksi lebih banyak minyak yang dapat memicu jerawat. 

Jika kamu sudah rutin membersihkan wajah dan memilih produk kecantikan kulit yang tepat, namun tetap saja berjerawat, mungkin mengendalikan stress dapat menjadi solusi agar jerawat pipi tidak timbul lagi di kemudian hari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id