sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Cara Mudah Redakan Iritasi Kulit Wajah

Wandha Kusuma | Selasa, 08 Jun 2021 19:00 WIB
5 Cara Mudah Redakan Iritasi Kulit Wajah
Lakukan ini agar iritasi kulit cepat mereda/ sumber: freepik.com

Punya kulit mulus dan terawat tentu jadi impian semua orang. Namun, ada kalanya kulit yang tadinya baik-baik saja mendadak muncul kemerahan, muka gatal, atau perih. Bisa jadi kulit sedang iritasi dan butuh perhatian ekstra.

Iritasi kulit wajah bisa terjadi kapan saja dengan penyebab yang berbeda-beda oleh setiap orang. Soalnya, pemicu iritasi setiap orang juga beda, misalnya makanan, cuaca, air, skin care, kandungan kosmetik, gaya hidup, dan lainnya.

Kalau kulitmu mendadak rewel, lakukan beberapa hal ini agar iritasi tak semakin parah dan pemulihannya lebih cepat!

1. Jangan terlalu sering mencuci wajah

cuci muka
Mencuci wajah terlalu sering tidak direkomendasikan/sumber: freepik.com

Saat kulit baik-baik saja, membersihkannya terlalu sering atau lebih dari 3 kali sehari bisa membuat wajah iritasi. Apalagi saat iritasi, step membersihkan wajah menggunakan facial wash disarankan untuk dikurangi demi menjaga kelembapan alami kulit.

Beberapa facial wash memilik kandungan surfactant misalnya deterjen, ini bisa memperparah kondisi iritasi pada kulit. Sebaiknya, ganti facial wash yang lebih gentle agar tidak membahayakan skin barrier.

2. Cuci dengan air bersih

air kran
hindari air kran/sumber: freepik.com

Tak jarang penyebab wajah iritasi adalah air yang digunakan saat mencuci wajah. Selama wajah iritasi tak ada salahnya menghindari air kran untuk mencuci wajah. Soalnya, kandungan mineral dan zat yang ada di air kran bisa memperparah iritasi.

3. Perawatan dengan Oat

rendaman oat
gunakan oat untuk treatment/sumber: freepik.com

Salah satu cara menghilangkan kemerahan pada wajah akibat iritasi adalah dengan menggunakan oat! Oat kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi sehingga bagus digunakan sebagai treatment saat iritasi.

Kamu bisa menggunakan air rendaman oat untuk mencuci wajah atau metode CMS. Caranya mudah, rendam beberapa gram oat selama 30 menit atau lebih. Lalu gunakan kapas yang sangat halus untuk menyerap air oat, dan mengaplikasikannya ke wajah.

4. Gunakan moisturizer

moisturizer
jangan skip penggunaan moisturizer/sumber: freepik.com

Saat wajah sedang iritasi, sebaiknya singkirkan semua skin care yang terlalu beragam dan kembali ke basic skin care. Penggunaan moisturizer sangat penting untuk memberi kelembapan pada kulit.

Kondisi kulit yang lembap sangat dibutuhkan karena proses regenerasi, peremajaan, dan penyembuhannya akan menjadi lebih baik.

5. Hindari paparan matahari langsung

paparan matahari
hindari paparan matahari langsung/sumber: freepik.com

Paparan UVA/UVB dari matahari bisa merusak kulit, apalagi kalau kulit sedang iritasi dan sensitif. Hindari di bawah sinar matahari langsung agar tak memperparah kondisi kulit. Kemerahan akibat iritasi kulit bisa semakin parah karena terpapar matahari langsung.

Saat kulit sedang iritasi dan sensitif lakukan beberapa hal di atas ya! Sementara ini skip penggunaan skin care yang terlalu rumit dan gunakan yang memberikan efek calming.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id