sign up SIGN UP

SKINCARE

Tidak Perlu Bingung Lagi, Ikuti Langkah Berikut Ketika Terkena Sunburn

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 05 Jun 2021 15:15 WIB
Tidak Perlu Bingung Lagi, Ikuti Langkah Berikut Ketika Terkena Sunburn
Treatment sunburn. Foto: freepik.com
Jakarta -

Main di pantai seharian memang menyenangkan, tapi tanpa disadari, bermain di bawah terik matahari bisa merusak kulitmu. Sunscreen bisa diandalkan untuk melindungi kulit, tapi tidak jarang orang masih mengalami sunburn akibat tidak mengenakan sunscreen dengan broad spectrum atau lupa aplikasi kembali. 

Selain membuat kulit tampak kemerahan dan kering, sunburn juga memiliki efek jangka panjang yang buruk lho, seperti penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker kulit. Karena itu, kamu wajib memakai sunscreen dengan broad spectrum dan reapply ketika beraktivitas di bawah sinar matahari seharian. Tapi, bagaimana kalau sunburn sudah terjadi? Tenang saja,  ikuti beberapa langkah merawat sunburn berikut ini, ya!

1. Aspirin atau ibuprofen untuk mengurangi inflamasi

Konsumsi aspirin atau ibuprofen untuk mengurangi inflamasi.
Konsumsi aspirin atau ibuprofen untuk mengurangi inflamasi. Foto: unsplash.com

Melansir aad.org, konsumsi aspirin atau ibuprofen secepatnya setelah kamu melihat tanda sunburn pada kulit dianjurkan untuk mengurangi inflamasi dan bengkak. Kemerahan pada sunburn butuh waktu sekitar 4-6 jam hingga benar-benar tampak, sehingga mengkonsumsi obat setelah menunggu selama itu kurang efektif.

2. Kompres dengan air dingin

Kompres dengan air dingin.
Kompres dengan air dingin. Foto: unsplash.com

Ketika kamu melihat kulitmu mulai kemerahan, segera berlindung ke tempat yang memiliki penutup dan kompres kulitmu dengan air dingin. Kamu juga bisa membalurkan area sunburn dengan yogurt karena probiotik di dalamnya akan membantu untuk memperbaiki skin barrier dan menenangkan kulit.

3. Hindari penggunaan skincare berbahan aktif dan eksfoliasi

Hindari kandungan aktif dan eksfoliasi.
Hindari kandungan aktif dan eksfoliasi. Foto: freepik.com

Kulit dengan sunburn menjadi lebih sensitif dibanding biasanya. Karena itu, perhatikan skincare yang kamu gunakan pada malam harinya. Hindari penggunaan kandungan berbahan aktif dan eksfoliasi, baik chemical maupun physical exfoliation, untuk sementara waktu.

4. Beralih ke skincare yang menenangkan

Skincare yang menenangkan kulit.
Skincare yang menenangkan kulit. Foto: freepik.com

Skincare dengan target soothing dan bersifat gentle akan menjadi sahabatmu selama merawat sunburn. Carilah skincare dengan kandungan menenangkan, seperti aloe vera, green tea, serta kandungan yang menghidrasi untuk mengembalikan kelembaban kulit.

5. Jangan mengelupas kulit

Jangan menyetuh kulit ketika mengelupas dan muncul benjolan.
Jangan menyetuh kulit ketika mengelupas dan muncul benjolan. Foto: freepik.com

Jika sunburn kamu parah hingga kulit mengelupas atau timbul gelembung, jangan menyentuhnya. Itu menjadi cara kulitmu untuk memperbaiki sel-selnya sendiri. Jadi berikan waktu hingga ia kembali normal dengan sendirinya.

6. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih.
Banyak minum air putih. Foto: unsplash.com

Langkah yang tidak kalah penting untuk dilakukan berikutnya ialah banyak minum air putih. Cairan tubuh lebih banyak dialirkan ke kulit dibandingkan ke bagian lain dalam tubuhmu akibat sunburn sehingga kamu perlu banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id