sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Essential Oil Ini Dapat Melenyapkan Komedo yang Mengganggu

Intan Dwi | Rabu, 31 Mar 2021 13:30 WIB
5 Essential Oil Ini Dapat Melenyapkan Komedo yang Mengganggu
caption

Komedo pada dasarnya merupakan folikel rambut tersumbat yang penuh dengan sebum dan kotoran berlebih. Sebum dan kotoran yang meluap mengoksidasi di lapisan atas pori-pori mengakibatkan titik-titik hitam di kulit.

Biasanya ini muncul di t-zone, seperti hidung, dahi dan dagu, biasanya orang-orang menggunakan pore strips atau pore vacuums untuk menghilangkannya. Padahal keduanya tidak menyelesaikan masalah dalam waktu yang lama, setelah kotoran di pori-pori kamu yang sudah dikeluarkan dengan alat itu pada akhirnya akan menumpuk kembali.

Nah, saat ini kamu bisa mengatasi masalah komedo yang muncul dengan menggunakan minyak esensial tertentu. Ini sangat efektif, terutama untuk kulit sensitif, sebagai cara lembut untuk menghalau komedo. Inilah beberapa essential oil yang bisa digunakan untuk menyingkirkan komedo.

Sweet Orange

Kandungan jeruknya yang tajam, menjadikannya sebagai salah satu minyak terbaik untuk melawan lemak dan minyak.
Sweet Orange/amazon.in

Mungkin beberapa dari kalian sudah memperhatikan jika sweet orange oil ini memiliki banyak khasiat pembersih. Kandungan jeruknya yang tajam, menjadikannya sebagai salah satu minyak terbaik untuk melawan lemak dan minyak.

Menggunakan minyak sweet orange yang diencerkan merupakan cara yang bagus untuk mengurai minyak yang ditemukan di komedo dan akan membuat membuat wajah jadi segar dan bersih. Kamu bisa mencampurkan tiga tetes minyak sweet orange ke dalam wadah yang berisi air panas ditambah dengan tiga tetes minyak esensial lavender.

Kemudian letakkan kepala di atas wadah dan handuk di atas kepala untuk menutup agar uap tidak keluar. Panas dari uap akan membantu membuka pori-pori dan melonggarkan kotoran dan minyak yang terkait dengan komedo. Lakukan ini selama satu hingga empat menit.

Eucalyptus

Eucalyptus menyeimbangkan kelebihan sebum pada kulit dan mencegah komedo, kamu bisa menambahkan minyak esensial ini ke pembersih atau pelembap
Eucalyptus/blibli.com

Eucalyptus menyeimbangkan kelebihan sebum pada kulit dan mencegah komedo, kamu bisa menambahkan minyak esensial ini ke pembersih atau pelembap yang kamu gunakan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat campuran scrub wajah yang mengandung oatmeal, white clay, almond mentah, minyak esensial lavender dan eucalyptus dengan perbandingan yang sama.

Clary Sage

Clary sage merupakan bahan yang dikenal dengan sensasi menenangkan dan menyejukkan pada kulit. Ini juga merupakan ramuan yang juga menyingkap pori-pori yang tersumbat
Clary Sage/doterra.com

Clary sage merupakan bahan yang dikenal dengan sensasi menenangkan dan menyejukkan pada kulit. Ini juga merupakan ramuan yang juga menyingkap pori-pori yang tersumbat dan meradang area kulit yang lebih rentan terhadap komedo. Kamu cukup gabungkan minyak esensial clary sage dengan serum atau pelembap pilihan kamu.

Grapefruit

Minyak esensial grapefruit memiliki sifat yang mirip dengan sweet orange, tetapi juga memiliki kualitas astringen yang membuatnya menjadi toner yang bagus.
Grapefruit/youngliving.com

Minyak esensial grapefruit memiliki sifat yang mirip dengan sweet orange, tetapi juga memiliki kualitas astringen yang membuatnya menjadi toner yang bagus. Cukup encerkan satu tetes minyak esensial grapefruit dan lavender dengan air hangat setelah membersihkan wajah.

Ini akan membantu menghilangkan minyak dan kotoran dari pori-pori yang mengendur selama penguapan dan juga membantu mencegah peradangan dan penumpukan bakteri di kulit. Gunakan satu hingga tiga kapas untuk memastikan wajah tetap bersih dan pastikan untuk menyeka di sekitar hidung, dagu dan dahi.

Jojoba

Minyak jojoba membantu menyeimbangkan semuanya, terlihat, terasa dan bekerja seperti minyak normal di kulit.
Jojoba/essentiallyaustralia.com.au

Minyak jojoba membantu menyeimbangkan semuanya, terlihat, terasa dan bekerja seperti minyak normal di kulit. Ini sangat mirip dengan sebum alami kita, karena itu biasanya minyak ini bersifat non-comedogenic yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori.

Selain itu, minyak jojoba juga mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat karena sifat antibakteri alami yang membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id