sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Jenis Acids yang Harus Digunakan untuk Merawat Kulit

Intan Dwi | Minggu, 15 Nov 2020 19:15 WIB
5 Jenis Acids yang Harus Digunakan untuk Merawat Kulit
caption
Jakarta -

Acid atau asam merupakan senyawa yang biasanya ada di dalam kandungan skincare dan digunakan untuk merawat dan mengatasi kondisi kulit. Terdapat berbagai jenis acid dengan fungsi yang berbeda-beda untuk masing-masing jenis kulit. Tapi ada lima jenis acid yang harus kamu gunakan untuk merawat kulit kamu. Ada apa aja, ya?

Glycolic Acid

acid ini cocok buat kamu yang ingin menghilangkan garis halus, pigmentasi, kulit kusam dan tekstur tidak rata.
Glycolic Acid/instagram.com/diorskincare

Dalam dunia skincare jenis acid ini menjadi holy grail bagi banyak orang, karena glycolic acid dapat digunakan untuk mengatasi sebagian besar keluhan penuaan kulit. Membuat acid ini cocok buat kamu yang ingin menghilangkan garis halus, pigmentasi, kulit kusam dan tekstur tidak rata.

Jenis acid ini juga termasuk eksfoliator terbaik yang dapat mengelupas sel-sel kulit mati yang kusam dan meningkatkan pembaruan sel yang membuat kulit tampak muda dan bercahaya.

Glycolic acid ini biasa ditemykan dalam segala produk skincare, mulai pelembap hingga serum. Ini merupakan AHA dengan ukuran molekul terkecil yang berarti dapat menembus kulit dengan mudah dan memberikan hasil terbaik.

Ferulic Acid

Ferulic acid atau hydroxycinnamic acid merupakan antioksidan kuat yang menetralkan kerusakan akibat radikal bebas dari polusi, sinar ultraviolet atau radiasi infra merah.
Ferulic Acid/instagram.com/glossier.com

Ferulic acid atau hydroxycinnamic acid merupakan antioksidan kuat yang menetralkan kerusakan akibat radikal bebas dari polusi, sinar ultraviolet atau radiasi infra merah. Jenis acid ini ditemukan di dinding sel tanaman seperti gandum, beras merah, kacang tanah dan jeruk.

Ferulic acid cocok untuk semua jenis kulit, kecuali yang hipersensitif, kamu akan sering menemukan ferulic acid yang dipasangkan dengan retinol.

Jenis acid ini tidak memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi, tetapi bertindak sebagai perisai untuk melindungi dari pembentukan radikal bebas. Kamu juga tidak boleh menggunakan retinol dengan AHA dan BHA. Karena keduanya tidak bercampur dan menyebabkan kemerahan dan iritasi saat digunakan bersama.

Salicylic Acid

Salicylic acid juga memiliki sifat komedolitik yang berarti asam ini masuk ke dalam pori-pori kulit.
Salicylic Acid/instagram.com/diorskincare

Salicylic acid menjadi peran utama dalam kandungan beta hydroxy acids (BHA) yang memberikan tekanan untuk meluruhkan lapisan kulit. Salicylic acid juga memiliki sifat komedolitik yang berarti asam ini masuk ke dalam pori-pori kulit.

Produk ini dapat dihasilkan berkat struktur molekul yang membuatnya larut dalam minyak, itu sebabnya asam ini efektif dalam mengobati jerawat dan komedo.

Bahan utama untuk melawan jerawat orang dewasa, ini menjadi MVP untuk jenis kulit berminyak. Salicylic acid dapat mengurangi sebum, minyak dan tabir surya, memberikan pembersihan pori yang dalam.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid menjadi salah satu kandungan yang berfungsi melembapkan kulit, mengurangi munculnya kerutan, mengisi kembali kelembapan sel sehingga kulit akan lebih halus dan lembap.
Hyaluronic Acid/instagram.com/laneige_kr

Hyaluronic Acid menjadi salah satu kandungan yang secara alami ditemukan di tubuh kalian, senyawa ini akan membantu menarik air ke dalam kulit. Hal ini akan berfungsi melembapkan kulit, mengurangi munculnya kerutan, mengisi kembali kelembapan sel sehingga kulit akan lebih halus dan lembap.

Pengikat kelembapan ini menjadi sangat bermanfaat seiring bertambahnya usia dan kulit kehilangan kemampuannya untuk menahan kelembapan.

Selain dalam skincare, hyaluronic acid juga ditambahkan ke kosmetik untuk meningkatkan hidrasi, plump dan menghaluskan garis-garis halus dan kerutan.

Lactic Acid

Lactic Acid merupakan kandungan dalam AHA yang dibutuhkan dalam perawatan kulit yang berfungsi untuk anti-penuaan.
Lactic Acid/instagram.com/diorskincare

Lactic Acid merupakan kandungan dalam AHA yang dibutuhkan dalam perawatan kulit yang berfungsi untuk anti-penuaan. Karena itu, saat ini lactic acid digilai oleh banyak orang berkat manfaatnya.

Lactic acid merupakan alpha hydroxy acid (AHA), bahan kimia yang befungsi mengelupas kulit dengan lembut. Meskipun sama dengan jenis acid lainnya, tetapi lactic acid lebih ramah digunakan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Karena lactic acid berasal dari berbagai sumber termasuk vegan yang membuat jenis acid ini lebih ringan dibandingkan dengan jenis acid lainnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id