sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Kandungan Bahan Skincare untuk Menghidrasi Kulit Selama Puasa

Friska NR | Sabtu, 17 Apr 2021 09:00 WIB
5 Kandungan Bahan Skincare untuk Menghidrasi Kulit Selama Puasa
caption

Selama menjalankan ibadah puasa, kulit dapat mengalami dehidrasi karena tubuh kekurangan cairan. Akibatnya, wajah pun menjadi tampak kering, kasar dan tidak bercahaya akibat hilangnya kelembaban.

Nah, untuk membantu menjaga kelembaban kulit selama puasa, kamu bisa menggunakan produk-produk skincare dengan kandungan bahan yang berfungsi untuk menghidrasi. Ini dia 5 bahan yang bisa kamu andalkan!

1. Hyaluronic Acid

skincare menghidrasi
Hyaluronic Acid Serum/Foto: instagram.com/mineralbotanica

Bagi pecinta skincare tentu sudah tidak asing dengan kandungan bahan yang satu ini. Hyaluronic acid merupakan salah satu jenis humectant yang dikenal akan efektivitasnya untuk menghidrasi kulit. 

Populer digunakan dalam skincare untuk kulit kering, hyaluronic acid mampu menarik kandungan air di udara dan mengikatnya di permukaan kulit sehingga kulit senantiasa terhidrasi, lembap dan tampak sehat.

2. Honey

skincare menghidrasi
Honey Skincare/Foto: instagram.com/byecom_cosmetic

Madu sering dimanfaatkan sebagai kandungan skincare alami untuk menjaga kelembaban sekaligus menenangkan kulit. Tidak heran jika kandungan ini sering diandalkan dalam produk-produk skincare untuk merawat kulit kering maupun kulit sensitif dan acne-prone.

3. Aloe Vera

skincare menghidrasi
Skincare Aloe Vera/Foto: instagram.com/naturerepublic.id

Aloe vera juga merupakan bahan alami yang kerap dimanfaatkan dalam skincare untuk melembabkan dan menenangkan kulit. Hal ini karena khasiat aloe vera yang dapat meningkatkan kadar air dalam kulit serta memiliki sifat anti-inflamasi untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit iritasi maupun jerawat.

4. Ceramide

skincare menghidrasi
Skincare Ceramide/Foto: instagram.com/mariobadescu

Secara alami, kulit menghasilkan ceramide atau lipids (lemak) yang berperan untuk melindungi skin barrier dan menahan kelembaban kulit. Namun seiring bertambahnya usia dan beberapa faktor eksternal, produksi ceramide akan berkurang dan menyebabkan kulit menjadi kering, kasar dan mudah dehidrasi.

Karenanya, skincare dengan kandungan ceramide dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, terlebih saat kadar air dalam tubuh berkurang selama puasa.

[Gambas:Instagram]

5. Vitamin E

skincare menghidrasi
Skincare vitamin E/Foto: instagram.com/thebodyshopind

Terakhir, ada vitamin E yang memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan bahan ini sangat sering digunakan dalam produk-produk pelembab maupun body lotion karena perannya yang dapat memberi kelembaban kulit secara maksimal.

Skincare dengan kandungan vitamin E juga berperan dalam peremajaan kulit dan menjadi pelindung alami dari paparan sinar UV matahari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id