sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Awet Muda

ira syafira | Kamis, 03 Jun 2021 07:30 WIB
5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Awet Muda
caption
Jakarta -

Penuaan ternyata bukan hanya disebabkan karena unsur genetik, melainkan bisa juga karena kebiasaan yang kamu lakukan. Kebiasaan merokok, diet, paparan sinar matahari, dan olahraga, semua itu berperan dalam kehidupan serta kesehatan kamu.

Walaupun penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada setiap manusia, namun ada beberapa kebiasaan yang kamu lakukan dimana itu dapat mempercepat penuaan. Dalam hal ini, dampak yang diberikan biasanya akan cukup signifikan. Penuaan yang seharusnya belum terjadi malah datang lebih cepat dari yang usia yang kita perkirakan. Oleh sebab itu, banyak orang yang mulai mencari cara untuk dapat memperlambat penuaan dan membuat dirinya tampak lebih muda.

Nah, untuk perawatan agar kamu tetap awet muda, sebetulnya ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan. Apa sajakah kebiasaan itu? Yuk, ikuti terus yang telah dirangkum Beautynesia untuk kamu.

1. Usahakan untuk aktif bergerak

foto: Aktif bergerak/pexels.com
foto: Aktif bergerak/pexels.com

Menurut pakar kesehatan. olahraga dapat membantumu untuk mencegah penuaan. Untuk penjelasan lebih lanjut, olahraga sedang dalam jumlah yang tinggi bisa menjadi yang terbaik, dibandingkan olahraga intensitas tinggi namun jarang dilakukan. 

Latihan atau berolahraga dengan intensitas ringan tapi sering kamu lakukan akan memberikan hasil yang lebih baik untuk jangka panjang. Namun, jika kamu lebih suka olahraga dengan intensitas tinggi, maka kamu harus coba seimbangkan dengan makan teratur sebelum dan sesudah olahraga, serta pastikan tubuh tetap terhidrasi.

2. Mencoba lebih dekat dengan alam

foto: Dekat dengan alam/pexels.com
foto: Dekat dengan alam/pexels.com

Jika kamu ingin awet muda sekaligus melepas penat, maka kamu pasti akan menyukai hal yang satu ini, yakni lebih dekat dengan alam. 

Menurut para ahli dalam jurnal Health & Place, melakukan banyak aktivitas yang melibatkan alam, seperti berjalan di taman atau membaca buku di tepi kolam, akan mendorong seseorang yang lebih tua untuk menjadi lebih aktif secara fisik, spiritual, dan sosial. Memasukkan elemen alam ke dalam kehidupan sehari-hari memang mampu memberikan dampak yang luar biasa. Semua ini akan menjadi kontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan mencegah cepatnya proses penuaan. 

3. Murah senyum

foto: Murah senyum/pexels.com
foto: Murah senyum/pexels.com

Cara paling mudah yang dapat kamu lakukan jika ingin tampak muda ialah murah senyum. Jangan sering-sering kamu pasang muka cemberut, karena hal itu dapat memberikan efek negatif pada diri kamu.

Dalam sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa wajah seseorang yang tersenyum dianggap lebih muda dibandingkan dengan wajah yang cemberut dan sedih. Bahkan yang lebih menarik, tersenyum tidak hanya membuat kamu tampak lebih muda. Ekspresi wajah ternyata dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tingkat stress.

4. Konsumsi vitamin C

foto: Vitamin C/pexels.com
foto: Vitamin C/pexels.com

Vitamin C akan menjadi sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas sekaligus mencegah terjadinya penuaan dini. Kamu dapat mengonsumsi vitamin C dalam bentuk buah-buahan seperti jeruk, lemon, atau apel, atau bisa juga sayuran seperti kangkung dan paprika.

Makanan yang kaya antioksidan akan membantu melawan kerusakan akibat matahari dan lingkungan, sehingga hal itu akan membantu melindungi kamu dari peradangan yang dapat mempercepat penuaan.

5. Konsumsi menu makan yang sehat

foto: Konsumsi makanan sehat/pexels.com
foto: Konsumsi makanan sehat/pexels.com

Selain berolahraga, kamu perlu memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, jangan lupa di imbangi dengan konsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap harinya. Hindari pula untuk mengonsumsi makanan berminyak ataupun berlemak, karena itu bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Nah, jika kamu ingin menjalani diet, sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi. Agar makanan yang kamu konsumsi dapat melindungi kamu dari penuaan dini.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id