sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kulit Kusam, Yuk Hindari!

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 20 Apr 2021 12:00 WIB
5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kulit Kusam, Yuk Hindari!
caption

Kulit kusam merupakan salah satu masalah yang dialami wanita. Tidak jarang tampilan kulit kusam membuat kepercayaan diri menjadi turun. Hal ini memang lumrah adanya mengingat kekusaman bisa menghilangkan cahaya alami kulit.

Penyebab kulit kusam sendiri sangat beragam. Bisa dikarenakan kesalahan pemakaian produk dan juga kebiasaan sehari-hari. Bahkan, kebiasaan yang dimaksud di sini bisa merujuk pada hal-hal sepele yang sering dilakukan.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa kebiasaan sepele yang harus dihindari karena menyebabkan kulit kusam. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kurang Tidur

Kurang tidur bisa membuat kulit terhambat dalam regenerasi sel/freepik.com
Kurang tidur/freepik.com

Kebiasaan sepele pertama yang bisa membuat kulit kusam adalah kurang tidur. Pada dasarnya manusia membutuhkan tidur dengan durasi waktu tertentu sesuai dengan umurnya masing-masing. Apabila jam tidur yang seharusnya tidak terpenuhi, maka hal ini bisa menyebabkan pergantian sel-sel kulit menjadi terhambat.

Jika hal ini sudah terjadi, maka kulit akan tampak kusam karena sel-sel kulit yang seharusnya berganti tidak tergantikan dengan yang baru. Alhasil, wajah akan kehilangan cahayanya. Untuk itu, usahakan selalu memenuhi durasi waktu tidur dan hindari begadang ya.  

2. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Tidak menggunakan tabir surya membuat kulit rentan mengalami kerusakan akibat sinar UV/freepik.com
Tidak menggunakan tabir surya/freepik.com

Kebiasaan berikutnya ini juga terkadang sering disepelekan dan berakibat pada munculnya kekusaman pada kulit. Sebagaimana yang diketahui, sinar matahari sangat berpotensi untuk merusak kulit sehingga perlu adanya perlindungan yang dipakai setiap harinya saat beraktivitas di luar ruangan.

Apabila pemakaian tabir surya selalu diabaikan, maka kulit rentan terbakar oleh sinar matahari yang menyebabkan sunburn, kulit kering dan juga penuaan dini. Biasanya, kondisi demikian diikuti dengan tampilan kulit yang menjadi kusam dan tak bercahaya. Agar tidak terjadi hal demikian, maka jangan lupa untuk memakai tabir surya setiap kali akan memulai aktivitas.

3. Kurang Asupan Air Putih

Kurang Asupan Air Putih membuat kulit dehidrasi dan terlihat kusam/freepik.com
Kurang Asupan Air Putih/freepik.com

Kulit bisa saja mengalami dehidrasi karena kurangnya asupan air dalam tubuh. Di samping itu, kulit yang dehidrasi akan rentan menjadi kering dan tampak lebih kusam. Oleh sebab itu, memenuhi asupan air putih bagi tubuh adalah hal penting untuk diperhatikan.

Pastikan bahwa asupan air harian bisa terpenuhi dengan mengonsumsinya secara tepat. Perhatikan pula aktivitas harian yang kamu lakukan agar mengetahui seberapa banyak tambahan asupan air putih yang diperlukan dari takaran biasanya.

4. Jarang Mengganti Sprei dan Sarung Bantal

Tips Skincare Malam Anti Menempel di Bantal/sumber: freepik.com/Tips Skincare Malam Anti Menempel di Bantal/sumber: freepik.com

Apakah kamu merasa sudah menghindari banyak hal yang bisa membuat kulit kusam namun tetap saja tampilannya tidak sesuai dengan yang diharapkan? Jika ya, bisa saja kebiasaan sepele jarang mengganti sprei dan sarung bantal ini menjadi penyebabnya.

Sarung bantal dan sprei yang tidak diganti secara berkala akan membuatnya kotor. Meskipun kotoran yang menempel pada sprei ataupun sarung bantal tidak begitu terlihat, permasalahannya akan menjadi lebih besar apabila setiap harinya kontak langsung dengan kulit ketika tidur.

Kotoran pada speri dan sarung bantal berpotensi untuk menyumbat pori sehingga kulit menjadi kusam. Oleh sebab itu, gantilah sarung bantal dan juga sprei secara berkala ya.

@beautynesia.id

Pas banget buat yg lagi punya masalah dgn skin barrier 😍😍 udh coba blm? @thefaceshopid ##drbelmeur ##kulitsensitif ##skinbarrier ##fyp ##racunskincare

♬ Mozart 's a Little Night Music - Classical Music

5. Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah

Membersihkan dengan tisu basah rentan membuat kulit jadi kering dan teriritasi/freepik.com
Membersihkan dengan tisu basah/freepik.com

Tidak bisa dipungkiri, keinginan untuk mendapatkan hal-hal praktis memang selalu ada. Termasuk saat kamu ingin membersihkan wajah dengan cara cepat tanpa perlu ribet pergi ke kamar mandi.

Biasanya, solusi yang paling sering digunakan adalah dengan membawa tisu basah kemana-mana. Saat kulit mulai terasa berkeringat dan kotoran sudah menumpuk di wajah, biasanya tisu basah akan menjadi pembersihnya.

Namun ternyata, kebiasaan ini tidak dianjurkan untuk dilakukan karena bisa membuat kulit menjadi kusam. Kandungan yang pada tisu basah membuat kulit lebih rentan kering dan teriritasi. Apabila sudah demikian, maka potensi kekusaman untuk muncul menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, hindarilah segera kebiasaan ini.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id