sign up SIGN UP

5 Kesalahan Pakai Clay Mask yang Bikin Muka jadi Kering dan Jerawatan

Ratih Dewi | Selasa, 20 Jul 2021 08:30 WIB
5 Kesalahan Pakai Clay Mask yang Bikin Muka jadi Kering dan Jerawatan
caption

Clay Mask merupakan jenis masker yang biasa kita gunakan untuk eksfoliasi. Masker wajah jenis ini terbuat dari tanah liat alami yang bekerja dengan menyerap minyak berlebih, mengangkat kotoran, juga sel kulit mati di kulit wajah, sehingga setelah menggunakan clay mask, kulit wajah akan terasa lebih halus, bersih, dan lembut. 

Tapi, pernah nggak sih kalian merasa setelah menggunakan clay mask kulit wajah menjadi kering, kasar, dan tiba-tiba muncul jerawat? Nah, mungkin ada beberapa hal yang kurang kalian perhatikan ketika menggunakan clay mask, sehingga menimbulkan jerawat dan membuat wajah kering

Apa saja sih hal-hal yang bisa menjadi kesalahan ketika menggunakan clay mask

1. Tidak Perhatikan Kandungan Produk

Tidak Memperhatikan Kandungan dan Klaim Produk
Tidak Memperhatikan Kandungan dan Klaim Produk/Foto : unsplash.com/D.L.Samuels

Pastinya banyak jenis clay mask yang sudah beredar di pasaran baik produk lokal, Korea, Jepang, atau negara lainnya. Selalu baca dan perhatikan main ingredients produk tersebut sebelum kamu gunakan, apakah kandungan tersebut aman untuk kulit wajah kamu dan tidak menimbulkan alergi atau iritasi. 

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, dr. Abraham Arimuko, Sp.KK., menyarankan untuk melakukan tes produk dengan diaplikasikan di belakang telinga terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke wajah, karena area belakang telinga dianggap paling sensitif, seperti dilansir dari Wolipop

2. Tidak Pastikan Wajah Dalam Keadaan Bersih

Tidak Memastikan Wajah dalam Keadaan Bersih
Tidak Memastikan Wajah dalam Keadaan Bersih/Foto : unsplash.com/curology

Walaupun menggunakan clay mask berguna dalam mengangkat kotoran dan minyak di wajah kamu, jangan lupa untuk membersihkan wajah kamu terlebih dahulu dengan sabun wajah supaya permukaan wajah bersih, tidak ada debu atau kotoran menempel. 

Jika wajah tidak dibersihkan sebelum menggunakan clay mask, hasilnya tidak akan optimal dan malah membuat wajah kamu bisa timbul jerawat. Itu karena permukaan wajah yang kotor karena debu atau kotoran terlalu lama menumpuk dan tidak segera dibersihkan. 

3. Tidak Menggunakan Produk Hydrating

Tidak Menggunakan Produk Hydrating
Tidak Menggunakan Produk Hydrating/Foto : unsplash.com/Mathilde Langevin

Setelah menggunakan clay mask, pastikan menggunakan produk yang menghidrasi setelahnya, seperti hydrating toner yang berfungsi mengembalikan pH kulit wajah kita. Dilansir dari Marie Claire, Joanna Vargas sebagai founder dari Joanna Vegas Salon and Skincare Collection, mengungkap bahwa toner memang dirancang khusus untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit kita. 

Umumnya pH kulit wajah yang normal adalah 5,5 dan dapat berkurang jika kita menggunakan produk pembersih, seperti sabun wajah atau clay mask. Oleh karena itu, penggunaan produk yang menghidrasi penting supaya pH kulit wajah normal dan wajah menjadi tidak kering. 

4. Tidak Memperhatikan Jangka Pemakaian Clay Mask

Tidak Memperhatikan Jangka Pemakaian Clay Mask
Tidak Memperhatikan Jangka Pemakaian Clay Mask/Foto : unsplash.com/Chris Knight

Jangka waktu pemakaian clay mask biasanya antara 10 - 15 menit saja dan pastikan kamu tidak melebihi jangka waktu tersebut, apalagi jika kamu memakai clay mask lalu dibuat tidur dan baru membilas di pagi hari, jangan ditiru ya Beauties.

Dilansir dari Vichy Laboratories, clay mask bekerja di kulit wajah dengan menyerap minyak berlebih dan mengangkat kotoran. Jika clay mask didiamkan terlalu lama, maka akan membuat wajah menjadi kering setelah digunakan.  

5. Tidak Menggunakan Clay Mask Sesuai Petunjuk Pemakaian

Tidak Menggunakan Clay Mask Sesuai Petunjuk Pemakaian
Tidak Menggunakan Clay Mask Sesuai Petunjuk Pemakaian/Foto : unsplash.com/Jacinta Christos

Selalu ikuti petunjuk dari pemakaian produk clay mask yang kamu beli, kamu juga perlu tahu: apakah ada ketentuan tidak bisa digabungkan dengan rangkaian skincare tertentu setelahnya, berapa lama waktu pemakaian yang diharuskan, apakah cocok untuk kondisi kulit kamu atau tidak? 

Jika menggunakan clay mask sesuai dengan petunjuk pemakaian dan cara yang benar, hasil di kulit wajah kamu akan maksimal, kulit wajah menjadi halus, lembut, dan lebih cerah juga Beauties, selamat mencoba, ya!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id