sign up SIGN UP

Rekomendasi Masker Kecantikan Berdasarkan Tipe Kulit

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 03 Jul 2021 12:15 WIB
Rekomendasi Masker Kecantikan Berdasarkan Tipe Kulit
caption
Jakarta -

Inovasi jenis masker wajah sangat bervariasi dan menggoda para beauty enthusiast untuk mencobanya. Mulai dari sheet mask dengan aneka manfaat, gel mask, clay mask, cream mask, sleeping mask, peel-off, dan exfoliating mask. Ketujuh masker wajah ini tentu mempunyai manfaat dan fungsinya masing - masing.

Tentu saja untuk menghindari efek negatif pada kulit yang bisa saja terjadi, kamu harus menyesuaikan penggunaannya dengan jenis kulitmu, Beauties. Nah, apakah kamu masih bingung mesti menggunakan masker wajah yang mana dari sekian banyak masker yang ada? Jangan khawatir, baca panduan ini untuk mengetahui masker mana yang sesuai dengan jenis kulitmu ya!

1. Cream Mask: Kulit Normal dan Kulit Kering

Cream mask.
Cream mask. Foto: pexels.com

Masker wajah bertekstur cream akan sangat menguntungkan kalian yang memiliki kulit normal hingga kering. Cream mask dapat memberikan kelembaban pada kulit serta mengunci hidrasi. Biasanya masker cream ini mengandung oil yang baik untuk digunakan kulit kering. 

2. Gel Mask: Kulit Kering dan Kulit Sensitif 

Gel mask.
Gel mask. Foto: axis-y.com

Opsi lain untuk kulit kering, gel mask juga bisa digunakan untuk tipe kulit kamu karena sama - sama membantu menghidrasi. Selain itu, jika kulitmu sensitif, gel mask ini juga cocok untukmu. Gel mask bersifat menenangkan dan memberikan cooling effect yang tidak cuma melembabkan kulit, tapi juga memperbaikinya.

3. Clay Mask: Kulit Normal, Kulit Berminyak, dan Kulit Acne-Prone

Clay mask.
Clay mask. Foto: pexels.com

Berbeda dengan cream mask dan gel mask, clay mask diciptakan untuk menyerap dan mengontrol produksi sebum yang berlebih. Karena itu, clay mask cocok digunakan untuk kulit yang berminyak. Selain mengurangi sebum, clay mask biasa digunakan untuk detoks kulit karena bisa menyerap kotoran - kotoran juga. Jadi, mereka yang dengan kulit rentan akan jerawat bisa menggunakan clay mask untuk mencegahnya.

4. Exfoliating Mask: Semua Jenis Kulit, Kecuali Sensitif

Exfoliating mask.
Exfoliating mask. Foto: pexels.com

Exfoliating mask merupakan masker wajah yang biasanya dilengkapi dengan butiran scrub halus. Fungsinya tidak hanya untuk menarik kotoran dari wajah, tetapi juga untuk mengangkat sel kulit mati dengan cara digosok perlahan ketika bilas. Hampir semua jenis kulit bisa menggunakan exfoliating mask sebagai cara eksfoliasi. Namun, jika kamu memiliki kulit sensitif, akan lebih baik jika menggunakan chemical exfoliation untuk menghindari iritasi akibat scrub.

5. Peel Off Mask: Kulit Blackhead-Prone

Peel off mask.
Peel off mask. Foto: pexels.com

Penggunaan peel off mask pada dasarnya menempel di kulit setelah ditunggu beberapa menit untuk mengering. Setelah itu, ditarik secara perlahan sebelum dibilas. Karena terdapat proses penarikan tersebut, maka blackhead dan whitehead bisa ikut terekstraksi. 

6. Sleeping Mask: Semua Jenis Kulit

Sleeping mask.
Sleeping mask. Foto: laneige.com

Kulit kering memang mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan sleeping mask yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit pada malam hari. Namun begitu, mulai banyak sleeping mask yang disesuaikan dengan jenis - jenis kulit lainnya, seperti sensitif dan berminyak, karena apapun jenis kulitnya, pasti membutuhkan hidrasi.

7. Sheet Mask: Semua Jenis Kulit

Sheet mask.
Sheet mask. Foto: pexels.com

Sheet mask tersedia dalam berbagai macam varian yang dapat disesuaikan dengan kondisi kulit. Jadi, semua jenis kulit bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan sheet mask ini.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id