sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Langkah Mudah Kulit Tetap Sehat Selama Puasa dan di Rumah Aja

Budi Panjaita | Kamis, 14 May 2020 00:00 WIB
5 Langkah Mudah Kulit Tetap Sehat Selama Puasa dan di Rumah Aja
caption
Ingin kulit tetap sehat selama puasa dan di rumah aja? Kamu perlu terapkan tips-tips berikut ini.

Asupan yang masuk ke dalam tubuh saat Ramadan memang berkurang. Namun bukan berarti kamu tidak bisa menjaga kulit untuk tetap sehat dengan asupan yang minim tersebut. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya kulit tetap sehat. Apa aja sih tipsnya?


Cuci Muka Secara Teratur




Foto: https://www.freepik.com/
Tips yang penting banget buat dilakukan adalah cuci muka secara teratur. Ini dikarenakan mencucui muka bisa menyingkirkan bakteri serta kotoran yang bisa menyebabkan masalah kesehatan kulit. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan jenis pembersih wajah yang digunakan. Sebaiknya pilihlah yang tidak berbau, tidak berwarna, berbahan ringan dan tidak banyak busa. Hal ini dikarenakan pembersih wajah yang demikian lebih minim menyebabkan iritasi.

Gunakan Tabir Surya dan Pelembap




Foto: https://www.freepik.com/
Ini penting banget mengingat kurangnya asupan konsumsi air pada siang hari. Pelembap akan membantu kamu untuk menghidrasi kulit wajah secara lebih baik. Bagi kamu si pemilik kulit kering, sebaiknya pilih lah pelembap bertekstur krim atau minyak khusus wajah.

Sebaliknya, jika kamu si pemilik kulit wajah berminyak, pilihlah pelembap bertekstur gel. Selain itu, mengingat cuaca yang lagi panas-panas nya, maka tabir surya adalah item yang wajib untuk kamu aplikasikan pada wajah. Apalagi akan berkegiatan di luar ruangan.

Menggunakan Masker Wajah




Foto: https://www.freepik.com/
Masker wajah bisa menjadi pelembab dan pemberi nutri yang efektif pada wajah. Kamu bisa menggunakannya sebelum tidur secara konsisten beberapa hari dalam seminggu. Namun harus diingat, sebelum pakai masker, cucilah wajah hingga bersih. Untuk pilihan masker nya sendiri, kamu bisa pakai yang mengandung aloe vera ataupun hyaluronic acid agar bisa memberikan kelembapan pada wajah secara lebih baik.

Penuhi Asupan Vitamin Saat Berbuka dan Sahur




Foto: https://www.freepik.com/
Tidak bisa dipungkiri jika pola makan dan minum akan berubah selama berpuasa. Untuk itu, cara terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi dan vitamin ialah pada waktu sahur. Kamu bisa memilih untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin atau dengan suplemen viamin khusus. Sedangkan untuk tambahannya, cukup gunakan spray vitamin wajah agar kulit tetap terhidrasi.

Kurangi Konsumsi Gula




Foto: https://www.freepik.com/
Berbuka adalah saat yang tepat untuk menikmati hidangan yang manis-manis. Ups, tunggu dulu, demi kesehatan kulitmu, sebaiknya kurangilah asupan gula tersebut. Ya, terlalu banyak mengkonsumsi gula akan memberikan dampak buruk pada kulit. Meminimalkan konsumsi gula akan mencegah timbulnya jerawat. Agar tetap merasakan rasa manis dan segar, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan yang kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kulit.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id