sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Tips Hilangkan Bau Badan Secara Mudah dan Alami

Novia Rezki | Kamis, 18 Feb 2021 07:30 WIB
5 Tips Hilangkan Bau Badan Secara Mudah dan Alami
caption

Bau badan yang tidak sedap tentu sangat mengganggu penampilan. Selain mengurangi rasa percaya diri, bau badan juga membuat rasa tak nyaman untuk orang-orang sekitar. Dalam bebrapa kasus, bau badan ini bisa saja menyengat terutama jika kondisi cuaca sedang panas.

Bau badan berasal dari bakteri yang terdapat pada keringat. Keringat  sendiri sebenarnya tak berbau. Namun jika menghasilkan keringat berlebih, maka bakteri yang ada pada tubuh ikut berkembang biak sehingga menyebabkan bau tidak sedap.

Tak ingin penampilan menjadi terganggu hanya karena bau badan. Berikut cara mudah dan alami menghilangkan bau tidak sedap dari tubuh Anda.

Daun Sirih

Daun sirih dipercaya dapat menghilangkan bau badan (source: freepik)
Daun sirih dipercaya dapat menghilangkan bau badan

Daun sirih memiliki antioksidan yang tinggi. Daun sirih dipercaya mampu mengatasi masalah kesehatan serta merupakan antiseptik untuk mengatasi berbagai kuman. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Ambil beberapa lembar daun sirih. Rebus air dengan beberapa lembar daun sirih tersebut hingga mendidih. Ambil air rebusan daun sirih dan campurkan dengan air bersih untuk mandi.

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakannya 3 kali dalam seminggu.

Daun Kemangi

Daun kemangi dapat mengatasi bau badan (source: freepik)
Daun kemangi dapat mengatasi bau badan

Daun kemangi dipercaya dapat menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki minyak atsiri di dalamnya.

Caranya penggunaannya cukup mudah. Anda dapat mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan. Namun jika Anda tidak menyukai lalapan, Anda dapat konsumsi daun kemangi sebagai teh.

Jemur daun kemangi hingga kering. Kemudian tumbuk daun kemangi hingga halus. Seduh dengan air panas kemudian saring. Konsumsi dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat mengatasi bau badan (source: freepik)
Jeruk nipis dapat mengatasi bau badan

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya yang terdapat pada jeruk nipis yaitu, asam sitrat, kalium, serat, kalsium, serta macronutrients. Oleh sebab itu, jeruk nipis dipercaya mampu mengatasi bau tidak sedap pada tubuh Anda.

Caranya cukup mudah. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu oleskan jeruk nipis pada ketiak Anda layaknya menggunakan deodoran.

Jahe

Jahe dipercaya mampu mengatasi bau badan (source: freepik)
Jahe dipercaya mampu mengatasi bau badan

Jahe ternyata juga memiliki kandungan minyak atsiri, kurkumen, zingiberol, resin pahit dan lainnya yang dapat mengatasi bau badan secara alami. Jahe dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan dengan cara dikonsumsi.

Anda dapat mengonsumsi jahe yang dijadikan bahan makanan maupun minuman seperti wedang jahe. Konsumsi wedang jahe sekali dalam sehari dapat mengatasi bau badan pada tubuh Anda.

Temulawak

Temulawak dapat mengatasi bau badan (source: freepik)
Temulawak dapat mengatasi bau badan

Temulawak juga memiliki kandung minyak atsiri dan zat zat lain, seperti sapomin dan flavoinida yang dipercaya mampu menghilangkan bau badan.

Caranya cukup mudah. Parut temulawak hingga halus. Kemudian campurkan air pada parutan temulawak. Peras dan saring air temulawak tersebut. Untuk menghilangkan bau pada temulawak, tambahkan 1 sdt madu. Kemudian, minum air perasan temulawak tersebut.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id