sign up SIGN UP

6 Cara Bedakan Skincare Asli dan Palsu Saat Belanja Online, Jangan Gampang Tergiur Harga Murah Ya!

Ratih Dewi | Senin, 09 Aug 2021 07:45 WIB
6 Cara Bedakan Skincare Asli dan Palsu Saat Belanja Online, Jangan Gampang Tergiur Harga Murah Ya!
caption

Belanja onlineapalagi di masa pandemi seperti ini lebih banyak dipilih dan diminati karena lebih mudah, praktis, dan tidak perlu keluar rumah. Selain itu, barang yang kita beli online cenderung lebih murah dan bisa mendapatkan banyak promo harga dibandingkan berbelanja secara di counter

Tapi Beauties, ada hal-hal yang perlu diperhatikan juga lho ketika berbelanja online terutama untuk produk skincare yang sehari-hari kita gunakan. Pasti kalian sudah tidak asing ya dengan beredarnya beberapa brand yang produknya ternyata palsu dan dijual dengan bebas secara online

Peneliti kosmetik Young Lin menjelaskan, "produk skincare selalu memiliki aturan yang tepat terhadap bahan-bahan mereka yang digunakan, tetapi jika produk palsu, mereka tidak memiliki aturan tersebut. Bahan-bahan yang digunakan belum lulus uji kontrol kualitas, tidak ada standar kontrol bakteri, dan mungkin ada bahan beracun yang bisa berbahaya untuk kulit."

Untuk menghindari membeli produk skincare yang ternyata palsu, bisa ikuti tips belanja online yang sudah Beautynesia rangkum, semoga membantu! 

1. Cek Barcode atau Kode Izin Edar

Cek Barcode atau Kode Izin Edar
Cara bedakan skincare palsu dan asli: Cek Barcode atau Kode Izin Edar/Foto : pexels.com/Pixabay

Beberapa brand baik lokal, Korea, atau lainnya sudah memiliki barcode atau kode di kemasan produknya dan bisa kamu cek keasliannya dengan aplikasi yang sesuai dengan barcode-nya. Kalau ketika kamu cek barcode dengan aplikasi muncul keterangan hasil produk tidak asli, sulit terdeteksi, dimungkinkan produk tersebut palsu. 

Untuk brand lokal, pastikan kamu cek kode izin edar atau BPOM pada produknya. Jika nomor BPOM yang kamu sudah input dan hasil dari pencariannya sesuai dengan produk yang kamu beli, berarti produk kamu asli. Kalau hasil pencarian nomor BPOM dengan produk yang kamu beli berbeda, sebaiknya kamu tanyakan langsung ke seller.

2. Jangan Percaya dengan Kemasan

Jangan Percaya dengan Kemasan
Cara bedakan skincare palsu dan asli: Jangan Percaya dengan Kemasan/Foto : pexels.com/Anna Nekrashevich

Dilansir dari laman Well and Good, kalau dulu melihat produk palsu dari kemasan yang berbeda tidak terlalu sulit, tapi sekarang ini banyak oknum yang menyamakan kemasan produk untuk mengelabui pembeli. 

Walaupun kemasan produk dari luarnya sama mulai dari warna, tulisan, atau lainnya di kemasan, tapi kalau setelah dibeli kamu merasa tekstur atau aroma produknya berbeda dengan yang kamu punya sebelumnya, lebih baik kamu make sure kembali atau langsung konfirmasi ke official brand dari produknya. 

3. Lakukan Tes Jika Ada Perbedaan Produk 

Lakukan Tes jika ada Perbedaan Produk
Cara bedakan skincare palsu dan asli: Lakukan Tes jika ada Perbedaan Produk/Foto : pexels.com/Ron Lach

Kalau memang tekstur dan aroma produknya benar-benar berbeda dengan yang kamu punya sebelumnya, misalkan tekstur terlalu cair atau aroma menyengat seperti lem, kamu bisa patch test terlebih dahulu di lengan bagian dalam atau belakang telinga, karena bagian itu sama sensitifnya dengan kulit wajah. 

"Produk skincare yang palsu memiliki bahan yang bisa merusak kulit wajah, seperti lem dan bahkan mereka membuatnya di laboratorium darurat yang tidak bersih. Mereka juga bisa memasukkan bahan berbahaya lainnya seperti logam atau merkuri, " ujar Whitey Bowe, M.D, ahli dermatologis.

4. Selalu Cek Penilaian dari Pembeli

Selalu Cek Penilaian dari Pembeli
Selalu Cek Penilaian dari Pembeli/Foto : pexels.com/Shotkit

Jangan sampai terlewat ya Beauties, selalu cek penilaian dari pembeli dengan teliti. Perhatikan juga penilaian pembeli dari semua rating dan keseluruhan review dari pembeli lainnya. Apakah ada pembeli yang pernah memberikan review kalau produk tidak asli atau lainnya. 

Kamu juga bisa membandingkan penilaian pembeli dari beberapa toko untuk memastikan produk skincare yang kamu beli adalah asli dan tidak ada indikasi produk palsu. 

5. Jangan Tergiur Harga Murah

Jangan Tergiur Harga Murah
Jangan Tergiur Harga Murah/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Kalau kamu menemukan sebuah produk yang harganya cukup jauh dengan harga asli produk tersebut atau yang sebelumnya pernah kamu beli, sebaiknya kamu perhatikan lagi penilaian dan bentuk asli dari barang tersebut.

Kamu juga bisa meminta real pict atau foto asli produknya seperti apa. Jika kemasan produk berbeda dan harganya dijual dengan sangat murah, bisa dimungkinkan produk tersebut adalah produk tiruan, demikian seperti yang dilansir dari laman Eminence. 

6. Beli di Toko Terpercaya atau Distributor Resmi

Beli di Toko Terpercaya atau Distributor Resmi
Beli di Toko Terpercaya atau Distributor Resmi/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Sudah paling aman kalau kamu membeli toko yang sudah official, reseller, atau distributor resmi produknya untuk mendapatkan produk skincare yang asli. Harga yang dijual oleh reseller dari suatu brand memang bisa jauh lebih murah, tapi pastikan mereka merupakan reseller yang resmi. 

Dilansir dari laman Wolipop, membeli produk skincare yang di tempat yang tidak resmi, maka kamu berpotensi mendapatkan produk yang tidak asli. Selalu berhati-hati dan menjadi pembeli yang cerdas ya, Beauties! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id