sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Hal Penyebab Kulit Wajah Rusak saat Eksfoliasi

Ratih Dewi | Selasa, 27 Apr 2021 18:15 WIB
6 Hal Penyebab Kulit Wajah Rusak saat Eksfoliasi
caption

Melakukan eksfoliasi setiap minggu perlu dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati di wajah kamu. Jika tidak rutin untuk eksfoliasi kulit wajah, rangkaian produk skincare yang kamu gunakan bekerja kurang optimal karena adanya sel kulit mati di wajah yang tidak terangkat.

Dengan melakukan eksfoliasi seminggu 2-3 kali membantu rangkaian produk skincare yang kamu gunakan menjadi bekerja lebih optimal, selain itu eksfoliasi juga membantu mencerahkan kulit wajah, mengurangi komedo, dan mengatasi jerawat. Tapi, harus hati-hati saat eksfoliasi, jangan sampai malah nantinya merusak kulit wajah.

Pastikan kamu perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum melakukan eksfoliasi ya Ladies.  

1. Eksfoliasi Terlalu Sering

Eksfoliasi yang Terlalu Sering
Eksfoliasi yang Terlalu Sering/Foto : freepik.com

Mungkin beberapa dari kamu merasa eksfoliasi setiap hari kulit wajah menjadi lebih bersih dan halus. Namun, hal tersebut justru malah membuat kulit wajah rusak karena kulit wajah terkena kandungan eksfoliasi terus menerus, sehingga menjadi menipis dan beberapa kasus malah mengalami iritasi. 

Kamu cukup melakukan eksfoliasi seminggu 2 sampai 3 kali saja tergantung kebutuhan kulit wajah dan produk eksfoliasi yang digunakan. Jika kandungan eksfoliasi yang digunakan cukup tinggi presentasenya, seminggu 1 sampai 2 kali sudah cukup. 

2. Tidak Memperhatikan Kandungan Produk Eksfoliasi

Tidak Memperhatikan Kandungan Produk Eksfoliasi
Tidak Memperhatikan Kandungan Produk Eksfoliasi/Foto : freepik.com

Banyak brand baik Korea, Jepang, atau lokal yang mengeluarkan produk eksfoliasi sesuai dengan kebutuhan kulit wajah dan sering kali kita tertarik untuk mencobanya karena kemasan yang unik, tekstur yang baru, harga yang murah, dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut tanpa memperhatikan kandungannya terlebih dahulu. 

Jenis kulit wajah pasti berbeda, begitu juga dengan tingkat sensitif yang bisa diterima dari kandungan tertentu. Kamu harus memperhatikan kandungan dari produk skincare tersebut dan presentase kandungannya, jangan sampai malah membuat kulit kamu menjadi iritasi dan rusak karena tidak memperhatikan kandungannya. 

3. Menggabungkan Physical dengan Chemical Exfoliate

Menggabungkan Physical dengan Chemical Exfoliate
Menggabungkan Physical dengan Chemical Exfoliate/Foto : freepik.com

Mungkin beberapa dari kamu masih bingung membedakan physical exfoliate dengan chemical exfoliate. Untuk physical exfoliate adalah sejenis face scrub, jadi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah adalah scrub dari produk tersebut. Untuk chemical exfoliate seperti peeling serumtoner exfoliate, yang biasanya ada kandungan AHA, BHA, PHA, Retinol. 

Cukup gunakan salah satu saja atau kamu selang-seling ketika pemakaiannya. Jangan sampai kamu menggunakan face scrub lalu kamu menggunakan toner exfoliate untuk membersihkan wajah, justru malah membuat kulit wajah kamu kering dan bisa over exfo nantinya. 

4. Terlalu Kasar saat Aplikasikan ke Kulit Wajah

Terlalu Kasar saat Aplikasikan ke Kulit Wajah
Terlalu Kasar saat Aplikasikan ke Kulit Wajah/Foto : freepik.com

Jangan terlalu kasar saat menggunakan produk eksfoliasi ke kulit wajah kamu, terlebih saat kamu menggunakan face scrub dan mengaplikasikannya kasar atau terlalu kencang di kulit wajah kamu, itu bisa menimbulkan iritasi atau luka dari gesekan scrub ke kulit wajah kamu.

Kalau kamu menggunakan physical exfoliate, pastikan kamu aplikasikan perlahan ke kulit wajah menggunakan kapas. Aplikasikan dengan gentle ke seluruh wajah dan hindari area-area seperti mata atau area wajah yang sedang terluka. 

5. Tidak Menggunakan Produk Hydrating Setelahnya

Tidak Menggunakan Produk Hydrating Setelahnya
Tidak Menggunakan Produk Hydrating Setelahnya/Foto : freepik.com

Setelah melakukan eksfoliasi, kulit wajah menjadi kurang dan kelembapan kulit berkurang. Untuk itu disarankan setelah eksfoliasi kamu menggunakan produk skincare yang menghidrasi kulit wajah kamu, terutama dengan kandungan hyaluronicceramide, glycerine untuk mengembalikan kelembapan wajah kamu. 

Jangan lupa kamu memperhatikan kandungan aktif lainnya seperti niacinamide, retinol, vitamin C, apakah bisa digabungkan dengan produk eksfoliasi kamu, karena ada beberapa kandungan eksfoliasi yang pemakaiannya tidak boleh digabungkan dengan kandungan tertentu.

6. Melewatkan Sunscreen di Pagi Hari

Melewatkan Penggunaan Sunscreen di Pagi Hari
Melewatkan Penggunaan Sunscreen di Pagi Hari/Foto : freepik.com

Hal yang paling sering dilewatkan adalah menggunakan sunscreen di pagi hari. Sehabis melakukan eksfoliasi, kulit wajah menjadi lebih sensitif dengan sinar uv matahari, maka wajib di pagi hari menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit wajah. Walaupun tidak sedang eksfoliasi, penggunaan sunscreen tetap wajib ya Ladies

Rawat kulit wajah kamu dari sinar uv matahari dengan rajin menggunakan sunscreen setiap hari dan jangan lupa untuk selalu re-apply setiap 2 jam sekali, semoga membantu! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id