sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Kesalahan Pemakaian Eye Cream Menjadi Tidak Optimal

Ratih Dewi | Minggu, 10 Jan 2021 17:00 WIB
6 Kesalahan Pemakaian Eye Cream Menjadi Tidak Optimal
caption

Pemakaian eye cream cukup penting untuk beberapa orang, masalah yang paling sering terjadi di area mata adalah munculnya kerutan halus, kantung mata, area bawah mata yang hitam, area bawah mata yang kering, dan lainnya. Banyak merek lokal ataupun merek luar yang mengeluarkan produk eye cream untuk mengatasi permasalahan di area mata kita. 

Tapi, apakah kalian pernah merasa sudah menggunakan banyak merek produk eye cream dan permasalahan di area bawah mata tidak kunjung membaik atau malah menimbulkan masalah lain seperti munculnya jerawat, area bawah mata semakin kering?

Mungkin ada beberapa kesalahan yang tidak disadari membuat pemakaian eye cream menjadi sia-sia. Seperti apa sih kesalahannya? 

1. Tidak Menggunakan Sesuai Urutan Skincare

Tidak Menggunakan Sesuai Urutan Skincare
Tidak Menggunakan Sesuai Urutan Skincare/Foto : freepik.com

Menggunakan skincare harus sesuai dengan urutan yang benar supaya pemakaian skincare bisa bekerja dengan optimal. Untuk pemakaian eye cream sendiri paling akhir setelah menggunakan pelembap, apabila tekstur eye cream lebih ringan dibandingkan pelembab, pemakaiannya bisa eye cream dulu lalu menggunakan pelembab. 

Dalam penggunaan rangkaian skincare juga sebaiknya menunggu produk sebelumnya meresap sempurna ke kulit wajah baru ditimpa dengan produk lain supaya hasilnya bisa lebih optimal bekerja di kulit wajah kita. 

2. Tidak Mencuci Kedua Tangan sampai Bersih

Tidak Mencuci Kedua Tangan sampai Bersih
Tidak Mencuci Kedua Tangan sampai Bersih/Foto : freepik.com

Kesalahan yang paling sering dilakukan tidak mencuci atau tidak memastikan kedua tangan sampai bersih. Jika produknya tidak menyediakan spatula, biasanya kita menggunakan jari untuk mengambil dan mengaplikasikannya di area mata. Pastikan kondisi tangan dalam keadaan bersih supaya tidak menimbulkan masalah di area mata dan produk bekerja dengan maksimal. 

Pastikan setelah mencuci muka, langsung mengaplikasikan skincare saat itu juga dan tidak lebih dari 15 menit setelah cuci muka. Terkadang kita lupa habis cuci muka lalu memegang benda lain dan langsung mengaplikasikan skincare tanpa mencuci tangan sehingga tidak bekerja dengan optimal.

3. Tidak Memperhatikan Kandungan Produk Eye Cream

Tidak Memperhatikan Kandungan Produk Eye Cream
Tidak Memperhatikan Kandungan Produk Eye Cream/Foto : freepik.com

Banyak merek yang mengeluarkan produk eye cream baik merek lokal maupun merek luar, dan terkadang kita membeli produknya tanpa memperhatikan kandungannya. Pastikan kamu memperhatikan kandungan dari sebuah produk supaya tidak menyebabkan efek samping, ketidakcocokan, atau alergi saat pemakaiannya. 

Gunakan kandungan eye cream yang sesuai dengan kondisi area bawah mata, apakah untuk kantung mata, mengurangi garis harus, mengurangi area hitam bawah mata, melembabkan, atau lainnya. 

4. Tidak Mengaplikasikan Produk Eye Cream dengan Benar

Tidak Mengaplikasikan Produk Eye Cream dengan Benar
Tidak Mengaplikasikan Produk Eye Cream dengan Benar/Foto : freepik.com

Jangan mengambil produk eye cream terlalu banyak saat diaplikasikan ke area mata. Cukup ambil sebesar biji kacang hijau, aplikasikan mengelilingi mata, dan jangan terlalu banyak mengaplikasikan eye cream. Jika mengaplikasikan terlalu banyak akan membuat area mata menjadi kering, kencang, dan bahkan memicu keriput. 

Perhatikan juga dalam mengaplikasikannya jangan digosok atau digeser, namun ditepuk-tepuk halus menggunakan jari sampai meresap. Jangan juga mengaplikasikan sampai masuk tepat di bawah mata karena bisa memicu iritasi atau rasa perih selama penggunaan. 

5. Tidak Memperhatikan Kondisi Kulit Wajah

Tidak Memperhatikan Kondisi Kulit Wajah
Tidak Memperhatikan Kondisi Kulit Wajah/Foto : freepik.com

Selain memastikan kondisi kulit wajah sudah bersih, pastikan juga kondisi kulit wajah tidak kering. Aplikasikan saat kulit wajah kamu sudah lembap karena penggunaan produk skincare sebelumnya. Jika kulit wajah kamu kering dan langsung menggunakan eye cream malah akan membuat eye cream kamu tidak bekerja optimal, hanya memberi kelembapan di area mata saja. 

6. Tidak Menjalankan Pola Tidur Teratur 

Tidak Menjalankan Pola Tidur Teratur
Tidak Menjalankan Pola Tidur Teratur/Foto : freepik.com

Walaupun kamu menggunakan eye cream rutin, sesuai dengan permasalahan area mata kamu, kalau pola tidur tidak teratur dan sering tidur larut malam maka penggunaan eye cream kamu akan sia-sia dan tidak akan memberikan perubahan. Pastikan kamu istirahat yang cukup dan nyenyak supaya eye cream dan produk skincare lainnya bisa bekerja lebih optimal dan memberikan hasil yang baik untuk kulit wajah. 

Diperhatikan kembali untuk penggunaan eye cream supaya tidak sia-sia dan bisa membantu permasalahan area bawah mata kamu. Good Luck!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id