sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Cara Mengatasi Muka Berminyak dan Kusam dengan Mudah, Sudah Coba?

Nurul Khasanah | Selasa, 26 Mar 2019 05:00 WIB
7 Cara Mengatasi Muka Berminyak dan Kusam dengan Mudah, Sudah Coba?
caption
Bagi pemilik kulit berminyak, membersihkan wajah adalah salah satu ritual yang tidak bisa ditinggalkan. Namun, jika cara mengatasi wajah berminyak tidak dilakukan dengan tepat, bisa merangsang munculnya jerawat. Untuk mencegah ini terjadi sekaligus membuat kulit berminyak tetap sehat dan tidak kusam, intip yuk cara merawat dan mengatasi kulit wajah berminyak di bawah ini!

Wajah Berminyak dan Berjerawat


Foto: https://www.pexels.com/

Produksi minyak berlebih bisa menjadi sumber jerawat yang muncul di wajah. Hal ini bisa mengganggu untuk kaum wanita yang benci dengan muka berjerawat, sehingga menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat pertama dengan menggunakan mentimun. Mentimun biasanya digunakan untuk menyegarkan wajah. Tapi juga berfungsi untuk mengatasi wajah berminyak dan berjerawat. Mudah sekali, kamu hanya perlu menggosokkan irisan mentimun dingin ke seluruh permukaan wajah, terutama pada zona T. Lakukan setiap malam dan kamu akan merasakan perubahannya.


Wajah Berminyak dan Kusam


Foto: https://www.pexels.com/

Wajah berminyak kerap membuat wanita tak nyaman dikarenakan debu dan bakteri mudah menempel. Keadaan ini juga menyebabkan wajah mudah berjerawat. Selain itu, wajah yang terlalu berminyak akan terlihat lebih kusam. Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan masker tomat.

Perawatan rutin dengan menggunakan buah tomat dapat mengatasi wajah berminyak secara alami. Haluskan buat tomat segar lalu campur dengan madu. Setelah itu oleskan ke permukaan wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih lalu keringkan. Lakukan kebiasaan ini secara rutin agar terhindar dari wajah berminyak dan kusam.


Pentingnya Menggunakan Toner


Foto: https://www.freepik.com

Gunakan face toner sebelum memakai krim wajah atau makeup. Face toner bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih atau sebum di wajah. Fungsi toner adalah untuk menurunkan kadar pH kulit dan membersihkan debu atau minyak yang tidak dapat dibersihkan oleh sabun muka biasa.

Pada jenis kulit tertentu, membersihkan wajah dengan alkohol dapat menyebabkan kulit sangat kering. Namun, tidak untuk pemilik kulit berminyak.
Astringent dengan bahan dasar alkohol dan salicylic acid baik digunakan untuk kulit berminyak.


Rutin Melakukan Eksfoliasi


Foto: https://www.freepik.com

Salah satu cara mengatasi wajah berminyak yaitu dengan rutin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi sendiri maksudnya adalah mengangkat sel-sel kulit mati yang terjebak dan menyumbat pori-pori. Mencuci muka menggunakan bahan yang mengandung oatmeal dapat memberikan sensasi menenangkan walaupun scrub dan microbead yang terkandung di dalamnya hanya boleh digunakan sekali dalam seminggu.

Scrub wajah sejatinya memang tidak boleh digunakan setiap hari, cukup 2–3 kali seminggu, dan niscaya wajah akan jadi lebih cerah, dan minyak pada wajah pun akan berkurang. Orang yang berjerawat tidak disarankan untuk melakukan cara ini karena scrub bisa memperparah kondisi iritasi dan peradangan.


Jangan Lewatkan Pelembab


Foto: https://www.freepik.com

Banyak yang mengira karena wajah berminyak, pelembab tidak lagi dibutuhkan. This is not true! Apapun jenis kulitmu, pelembab tidak boleh dilewatkan.

Pelembab dapat mempermudah perawatan kulit pada cuaca hangat di mana kelembaban dan panas menyebabkan produksi minyak meningkat. Pilih pelembab berbahan dasar air dan memiliki label
oil-free yang akan menghidrasi wajah tanpa membuatnya tambah berminyak.


Selalu Siap Sedia Face Paper


Foto: https://www.freepik.com

Jangan biarkan minyak berlebih pada wajah menghambat aktivitas dan mempengaruhi kepercayaan dirimu. Kamu bisa mengatasi ini secara instan dengan menggunakan face paper.

Face paper tentu sudah menjadi benda yang wajib kamu bawa ke mana-mana. Kertas yang dirancang khusus untuk menyerap minyak ini bisa menghilangkan minyak seketika tanpa membuat kulit wajah jadi kering. Oh ya, cara yang benar adalah cukup tekan-tekan face paper pada area yang berminyak. Jangan digosok ya!


Hindari makanan berminyak


Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/70497/

Salah satu penyebab wajah berminyak adalah makanan yang biasa dikonsumsi. Jika kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, sebaiknya kurangi makanan berminyak dan berlemak tinggi seperti gorengan dan junk food. Kamu bisa menggantinya dengan buah dan sayur.

Rajin mengkonsumsi buah dan sayur tidak hanya akan membantu mengontrol kadar minyak, tapi juga bisa membuat wajah jadi lebih sehat dan bercahaya. Jangan lupa juga seimbangkan dengan konsumsi air putih. Hal ini dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mengontrol kadar minyak. Oleh karena itu, pastikan kamu minum minimal 8 gelas air putih per hari agar produksi minyak lebih terkendali.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id