sign up SIGN UP

SKINCARE

8 Fakta Menarik Plum Oil, Cek Dulu Cocok atau Enggak Buat Kulitmu!

Henny Alifah | Jumat, 19 Feb 2021 15:30 WIB
8 Fakta Menarik Plum Oil, Cek Dulu Cocok atau Enggak Buat Kulitmu!
caption
Jakarta -

Plum atau prem dikenal sebagai buah kaya serat, vitamin B, potasium, dan magnesium yang enak dimakan baik dalam keadaan segar maupun dikeringkan. Minyak buah plum juga digunakan untuk perawatan kulit dan rambut karena konsentrasi antioksidannya yang kuat.

Tapi, kamu masih ragu mau pakai plum oil? Kalau begitu, simak serba-serbinya di sini dulu, yuk!

1. Plum oil untuk perawatan diri merupakan warisan dari budaya Asia 

Buah plum
Buah Plum/ Foto: Pexels.com/Any Lane

Buah plum, yang masih satu keluarga dengan buah persik dan aprikot, sudah lama digunakan oleh para leluhur untuk perawatan. Warisannya berasal dari budaya Asia, terutama dari daratan selatan Cina, tempat asal tanaman plum. Ekstrak tumbuhan plum, atau prunus mume, telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok, Jepang, dan Korea selama lebih dari 2000 tahun.

2. Menghidrasi dan anti-inflamasi

Minyak buah plum itu menghidrasi dan anti-inflamasi
Buah Plum/ Foto: Instagram.com/leprunier

Dilansir dari Byrdie, minyak plum penuh dengan asam lemak omega 6 dan 9 yang dikenal dapat menghidrasi kulit. Itulah mengapa selain dipasarkan sendiri sebagai eliksir, plum oil juga sering ditemukan dalam beberapa produk skincare seperti pelembap.

Minyak plum juga penuh dengan polifenol yang terkenal memiliki sifat anti-inflamasi, melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan sinar UV. 

3. Mencerahkan dan mengencangkan kulit

Plum oil dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit
Plum Oil/ Foto: Instagram.com/leprunier

Plum oil disukai karena banyak manfaatnya buat kulit. Kandungan Vitamin E yang ditemukan dalam minyak plum dapat meningkatkan penyembuhan kulit akibat iritasi ringan. Sementara konsentrasi vitamin A-nya dapat menghaluskan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan meningkatkan pergantian sel, yang selanjutnya dapat membuat kulit lebih halus dan kencang.

Minyak plum juga mengandung vitamin C, salah satu formula yang terbukti ampuh memperbaiki kulit pada tingkat selnya, manfaat ini biasanya terlihat pada penurunan hiperpigmentasi. Dan, sebagai perawatan anti-jerawat, atau pelembap untuk orang dengan kulit berminyak atau berjerawat, plum oil dapat mengontrol produksi sebum.

4. Anti-aging

Plum oil dapat berperan sebagai anti-aging
Plum Oil/ Foto: Instagram.com/leprunier

Tak hanya itu saja, plum oil juga memiliki sifat anti-aging. Itu karena konsentrasi antioksidan dalam minyak plum yang tinggi dapat secara efektif mempercepat produksi kolagen dan elastin.

5. Cocok untuk semua jenis kulit

Plum oil cocok untuk semua jenis kulit
Plum Oil/ Foto: Instagram.com/leprunier

Kecuali kamu alergi buah plum, secara umum minyak plum cocok untuk semua jenis kulit karena merupakan minyak non-comedogenic yang ringan dan aman untuk kulit berjerawat.

Untuk kulit yang reaktif atau sensitif, oleskan dulu sedikit saja plum oil. Jika terjadi kemerahan atau iritasi, ruam, atau rasa terbakar, segera hentikan penggunaan.

Untuk kulit normal, aplikasikan plum oil ketika kulit bersih dan kering, lalu biarkan menyerap sebelum memakai produk lain. Bisa juga menambahkan beberapa tetes ke pelembap favorit dan mengoleskannya pada kulit untuk kelembapan ekstra.

Untuk kulit berjerawat, plum oil bisa membantu mengatur produksi sebum.

Untuk kulit kering dan dewasa, plum oil yang kaya akan vitamin A sangat bagus untuk kulit untuk mendorong pergantian sel, menampakkan sel yang lebih sehat dan lebih muda.

6. Aman digunakan siang maupun malam

Plum oil bisa digunakan sebagai skincare routine pagi dan malam
Plum Oil/ Foto: Instagram.com/leprunier

Minyak plum aman digunakan untuk skincare harian, dua kali sehari. Saat pagi, plum oil bisa dipakai sebelum pelembap dan makeup. Selanjutnya, plum oil juga bisa dipakai sebagai bagian dari skincare routine malam hari.

7. Kombinasi plum oil dengan produk atau minyak lain bisa bekerja efektif

Pemakaian minyak plum bisa dikombinasikan dengan minyak biji delima dan minyak seabuckthorn
Plum Oil Dipadu Essential Oil Lain/ Foto: Pexels.com/Mikhail Nilov

Karena teksturnya yang ringan, minyak plum dapat dipadukan dengan baik pada serum dan pelembap. Minyak plum juga bagus dipasangkan dengan minyak biji delima dan minyak seabuckthorn, yang sama-sama ringan dan kaya antioksidan, tidak menyumbat pori-pori, serta dan mendorong pergantian sel, menghasilkan kulit yang lebih halus.

8. Bisa digunakan untuk perawatan rambut

Plum oil bisa digunakan untuk perawatan rambut
Plum Oil Untuk Rambut/ Foto: Instagram.com/leprunier

Plum oil juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Teksturnya yang ringan membuatnya ideal untuk penggunaan sehari-hari pada batang rambut. Untuk rambut, gunakan setelah keramas atau setelah conditioner, di ujung rambut yang basah. Langkah ini bermanfaat untuk melindungi dari kerusakan panas yang disebabkan oleh alat penata gaya dan pengering rambut.

Itu tadi delapan fakta menarik tentang plum oil. Apakah Beautynesian tertarik pakai plum oil?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id