sign up SIGN UP

SKINCARE

8 Produk Terbaik Rekomendasi Dermatologis Untuk Redakan Gatal dan Iritasi Kulit Eksim

Henny Alifah | Senin, 04 Jan 2021 21:00 WIB
8 Produk Terbaik Rekomendasi Dermatologis Untuk Redakan Gatal dan Iritasi Kulit Eksim
caption
Jakarta -

Rasa gatal yang terjadi karena eksim atau eczema tak kenal musim maupun cuaca. Ia bisa datang kapan saja dengan pemicu yang beragam, mulai dari busa sabun mandi, bulu hewan, alergi makanan, stres, hingga faktor keturunan. Bahkan, ada pula laporan tentang pasien COVID-19 yang mengalami ruam kulit menyerupai gejala eksim. Namun satu hal yang pasti, kulit kering, merah, gatal, hingga iritasi dan mengelupas pada kulit eksim jelas bukan kombinasi yang nyaman.

Beruntung kini semakin banyak brand skincare yang memahami kebutuhan jenis kulit yang sangat sensitif, termasuk kelainan kulit seperti atopik atau dermatitis kontak alias eksim atau eczema. Sekarang cukup mudah ditemui sabun untuk eksim yang menenangkan, pelembap untuk eksim yang ringan, hingga body cream khusus untuk mengatasi gejala eksim dan membantu meredakan serangan gatalnya.

Cek delapan produk rekomendasi dermatologis untuk mengatasi eksim berikut ini, yuk!

1. Aveeno Eczema Therapy Itch Relief Balm

Aveeno Eczema Therapy Itch Relief Balm
Aveeno Eczema Therapy Itch Relief Balm/ Foto: aveeno.com

Dengan kandungan glycerin yang menyegel kelembapan dan colloidal oatmeal yang menenangkan kulit iritasi, produk balm dari Aveeno ini akan menghentikan rasa gatal di wajah maupun tubuh. Selain fragrance-free, produk ini juga memiliki Seal of Acceptance dari National Eczema Association.

Kisaran harga: Rp 250.000,-

2. Eau Thermale Avene Cicalfate+ Restorative Protective Cream

Eau Thermale Avene Cicalfate+ Restorative Protective Cream
Eau Thermale Avene Cicalfate+ Restorative Protective Cream/ Foto: Instagram.com/aveneusa

Dilengkapi dengan Avene Thermal Spring Water yang terkenal, krim ini memberikan kenyamanan langsung untuk kulit kering, merah, dan gatal yang terkena eksim. Produk ini juga mengandung campuran tembaga-seng sulfat yang menenangkan dan menyehatkan, serta bahan kaya protein yang disebut C+ Restore yang membantu melindungi dan mempertahankan pelindung kulit. Selain itu, krim ini juga lembut dan aman untuk digunakan siapa saja, bahkan untuk bayi.

Kisaran harga: Rp 400.000,-

3. CeraVe Moisturizing Cream

CeraVe Moisturizing Cream
CeraVe Moisturizing Cream/ Foto: Instagram.com/cerave

Shari Marchbein, dermatologis di New York City, mengatakan kepada Allure bahwa krim dari CeraVe ini dapat membantu memulihkan pelindung dan hidrasi kulit, serta menjaga pelindung itu sendiri tetap utuh dan mempertahankan kelembapan di kulit. Pelembap untuk eksim ini mengandung ceramides, lipid yang secara alami ditemukan di kulit. Pelembap untuk eksim ini juga mengandung glycerin dan hyaluronic acid yang dapat ekstra melembapkan kulit kering dan iritasi.

Kisaran harga: Rp 250.000,-

4. Epionce Medical Barrier Cream

Epionce Medical Barrier Cream
Epionce Medical Barrier Cream/ Foto: Instagram.com/epionce

Dokter kulit Carl Throfeldt mengembangkan Epionce's Medical Barrier Cream untuk membantu memperbaiki pelindung kulit dan mengurangi peradangan kronis. Dengan bahan rosehip, meadowfoam seed, dan avocado oil, krim ini tidak hanya membantu menutrisi kulit secara mendalam tetapi juga mengunci kelembapan. Dengan cara ini kulit dapat mengisi kembali dirinya sendiri dan tetap dalam kondisi yang baik.

Kisaran harga: Rp 700.000,-

5. First Aid Beauty Ultra Repair Cream

First Aid Beauty Ultra Repair Cream
First Aid Beauty Ultra Repair Cream/ Foto: Instagram.com/firstaidbeauty

Terbuat dari bahan-bahan penenang kulit seperti colloidal oatmeal, shea butter, dan eucalyptus oil, krim dari First Aid ini akan menghaluskan segala sesuatu mulai dari ruam hingga gatal.

Kisaran harga: Rp 500.000,-

6. Kate Somerville Dry Skin Saver

Kate Somerville Dry Skin Saver
Kate Somerville Dry Skin Saver/ Foto: katesomerville.com

Secara formal dikenal dengan nama Eczema Therapy Cream, krim keluaran Kate Somerville ini efektif dalam meredakan iritasi berkat kandungan oat kernel flour yang menenangkan.

Kisaran harga: Rp 700.000,-

7. CeraVe Eczema Body Wash

CeraVe Eczema Body Wash
CeraVe Eczema Body Wash/ Foto: Instagram.com/cerave

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab eksim adalah busa sabun. Karena itu, cobalah ganti sabun biasa dengan sabun untuk eksim. CeraVe Eczema Soothing Body Wash adalah sabun untuk eksim yang mengandung bahan ceramide dan omega oil.

Kisaran harga: Rp 250.000,-

8. Eau Thermale Avène XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil

Eau Thermale Avène XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil
Eau Thermale Avène XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil/ Foto: aveneusa.com

Satu lagi rekomendasi produk untuk mengatasi eksim. Cobalah bersihkan makeup, debu, dan kotoran dengan XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil dari Eau Thermale Avène ini, yang akan melapisi kulit untuk membantu mencegah gatal dan iritasi.

Kisaran harga: Rp 450.000,-

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id