sign up SIGN UP

8 Tips Jaga Kelembapan Wajah Seharian

Henny Alifah | Rabu, 21 Oct 2020 09:00 WIB
8 Tips Jaga Kelembapan Wajah Seharian
caption

Wajah yang lembap adalah kunci untuk mendapatkan kulit sehat bercahaya, jauh dari permasalahan seperti kusam, kering, hingga jerawat. Dan, untuk mendapat kelembapan wajah tak cukup hanya dengan memakai krim pelembap sekali sehari saja.

Jadi, bagaimana cara menjaga kelembapan wajah yang benar? Dalam menjaga kelembapan wajah, pertama-tama pastikan kamu memberi nutrisi yang cukup sehingga kulit terhidrasi sepanjang hari.

Dengan menerapkan delapan tips wajah lembap berikut ini di dalam rutinitas perawatan kulitmu sehari-hari, kulit akan senantiasa terhidrasi.

1. Gunakan hydrating moisturizer

untuk menjaga kelembapan wajah, gunakan hydrating moisturizer
Tips Wajah Lembap/ Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Baik itu kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif, kulit kombinasi, atau kulit normal, penting untuk memilih pelembap dengan bahan-bahan yang menghidrasi. Carilah yang diformulasikan dengan hyaluronic acid, yang dikenal paling ampuh dalam melembapkan kulit.

2. Coba produk skincare berbasis air

untuk menjaga kelembapan wajah, coba produk skincare berbasis air
Tips Wajah Lembap/ Foto: Freepik.com

Bicara tentang pelembap, pilihan lainnya adalah menggunakan formula berbahan dasar air. Sebagai rekomendasi, coba L’Oréal Paris Hydra Genius Daily Liquid Care untuk kulit berminyak. Jika kulit kering, coba L'Oréal Paris Hydra Genius Daily Liquid Care. Jika kulit ekstra kering, coba L’Oréal Paris Hydra Genius Daily Liquid Care.

3. Aplikasikan pelembap saat kulit masih basah

untuk menjaga kelembapan wajah, aplikasikan pelembap saat kulit masih basah
Tips Wajah Lembap/ Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Pelembap sudah di tangan, lalu bagaimana cara mengaplikasikannya yang benar? Cara terbaik untuk mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan pelembap saat kulit masih basah, ini akan membantu mengunci kadar air dalam kulit. Jadi, usai mencuci muka dan mengeringkan airnya dengan handuk, lebih baik segera aplikasikan pelembap. Aturan yang sama berlaku untuk tangan dan kaki ketika kamu mengoleskan lotion.

4. Tak hanya moisturizer, beri ekstra kelembapan lain

moisturizer saja mungkin tak cukup, tambahan serum akan membantu menjaga kelembapan kulit
Tips Wajah Lembap/ Foto: Freepik.com

Moisturizer saja mungkin tak cukup, jadi kamu perlu sedikit tambahan sesuatu yang menghidrasi. Misalnya, serum. Umumnya serum dioleskan setelah cleansing, namun produk ini bisa juga digunakan siang dan malam untuk melembapkan wajah. 

5. Manjakan kulit dengan masker wajah

untuk menjaga kelembapan wajah, manjakan kulit dengan memakai masker wajah
Tips Wajah Lembap/ Foto: Freepik.com

Untuk mendapatkan lebih banyak hidrasi, gunakan masker wajah. Masker yang tepat dapat membantu memberikan hidrasi yang tahan lama pada kulit dan segudang manfaat lainnya.

6. Menyemprotkan face mist

untuk menjaga kelembapan wajah tanpa merusak riasan, semprotkan face mist
Tips Wajah Lembap/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Jika kamu ingin mendapatkan kembali kelembapan kulit tanpa harus mengganggu riasan, gunakanlah face mist. Pada tengah hari, kulit wajah biasanya mulai tidak nyaman akibat sinar matahari atau paparan AC yang terlalu dingin, saat itulah kamu bisa menyemprotkan face mist untuk menenangkan dan menambahkan ekstra hidrasi.

7. Memasang humidifier

untuk menjaga kelembapan kulit, pasang humidifier di ruangan
Tips Wajah Lembap/ Foto: Freepik.com

Mengapa salah satu tips wajah lembap adalah memasang humidifier? Itu karena udara dengan kelembapan yang rendah dapat menyebabkan kulit terasa kering. Di sinilah pelembap udara atau humidifier dapat mengambil peran. Ini dapat membantu menambah kelembapan kembali ke udara dan membantu kulit mempertahankan hidrasi.

8. Penuhi asupan air

untuk menjaga kelembapan wajah, penting untuk minum 2 liter atau 8 gelas air per hari
Tips Wajah Lembap/ Foto: Freepik.com

Kamu mungkin sudah bosan, tetapi tips wajah lembap yang satu ini memang dapat berpengaruh banyak pada kondisi kulit. Minumlah setidaknya 2 liter atau 8 gelas air mineral per hari.

90 persen dari darah yang mengalir di dalam tubuh adalah air. Apabila tubuh dehidrasi, tubuh akan mengambil cairan dari darah, sehingga mengakibatkan darah menjadi lebih pekat dan alirannya kurang lancar. Saat aliran darah kurang lancar, otomatis distribusi oksigen dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh, termasuk kulit, akan terhambat.

Jadi, ada baiknya kamu selalu sedia air di dekat meja kerja dan juga di dalam tas ketika bepergian.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id