sign up SIGN UP

SKINCARE

Agar Tak Merusak Kulit, Ini Cara Tepat Memakai Skincare AHA dan BHA

Putri Arya | Senin, 13 Jul 2020 15:00 WIB
Agar Tak Merusak Kulit, Ini Cara Tepat Memakai Skincare AHA dan BHA
caption

AHA dan BHA merupakan dua bahan skincare dengan manfaat yang sama, yaitu mengeksfoliasi kulit. AHA dan BHA berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat tampilan kulit lebih lembut. AHA singkatan dari Alpha Hydroxy Acid yang larut dalam air dan bekerja pada permukaan kulit.

Sedangkan BHA singkatan dari Beta Hydroxy Acid yang larut dalam minyak. BHA dapat menembus hingga ke dalam pori-pori untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih. Berikut 4 cara memakai skincare AHA dan BHA agar tak merusak kulit.

Wajib Gunakan Tabir Surya

Baik AHA maupun BHA, kamu tetap wajib mengaplikasikan tabir surya setelah memakainya
gunakan tabir surya setelah memakai AHA & BHA/pixabay.com/

Baik AHA maupun BHA, kamu tetap wajib mengaplikasikan tabir surya setelah memakainya. Produk skincare yang mengandung AHA membuat kulit mengalami pengelupasan sehingga menjadikannya sensitif terhadap cahaya matahari.

Oleh sebab itu, jangan lupa gunakan tabir surya setelah memakai AHA untuk mencegah risiko sunburn, noda hitam serta kanker kulit. Begitu pula dengan BHA, walau tak terlalu membuat kulit sensitif, tetap gunakan tabir surya ya, Ladies agar kulit tetap sehat dan terlindung dari efek buruk sinar matahari.

Perhatikan Kadar Kandungannya

perhatikan kadar kandungan AHA dan BHA dalam produk skincare.
cara memakai AHA dan BHA/pinterest.co.uk/

Perhatikan kandungan AHA dalam produk skincare yang akan kamu gunakan. Biasanya kandungan maksimal AHA dalam produk skincare adalah 10-15 persen. Gunakan secara rutin agar kulit menjadi terbiasa dan mengurangi risiko iritasi kulit. Beberapa jenis AHA yang digunakan dalam produk skincare di antaranya Glycolic Acid untuk mencegah jerawat, Lactic Acid untuk melawan penuaan, Tartic untuk mengurangi tanda kerusakan pada kulit akibat sinar matahari, serta Mandelic Acid untuk mengecilkan pori-pori.

Sementara untuk kandungan BHA dalam produk skincare biasanya lebih sedikit yaitu antara 0.5 sampai 5 persen. Jenis BHA yang biasanya ada dalam produk skincare yaitu Salicylic Acid untuk menenangkan kemerahan dan iritasi pada kulit, serta Citric Acid yang dapat menghilangkan minyak berlebih di kulit.

Jangan Ditumpuk

mengkombinasikan produk skincare AHA dan BHA dapat membuat kulit lebih sehat dan hasilnya lebih maksimal. Tapi bukan berarti kamu memakainya dengan cara ditumpuk ya
cara memakai AHA dan BHA/pinterest.co.uk/

Seperti dilansir dari Wolipop Detik, pemakaian skincare yang mengkombinasikan produk skincare AHA dan BHA dapat membuat kulit lebih sehat dan hasilnya lebih maksimal. Tapi bukan berarti kamu memakainya dengan cara ditumpuk ya, Ladies!

Keduanya berfungsi mengelupas sel kulit sehingga jika kamu memakainya dengan cara ditumpuk maka akan membuat kulit menjadi lebih kering bahkan iritasi. Sebaiknya gunakan produk skincare AHA dan BHA pada waktu yang berbeda. Seperti AHA di pagi hari dan BHA pada malam hari, atau bisa juga sebaliknya. Kamu juga bisa menggunakannya di hari yang berbeda, misal hari ini AHA maka hari berikutnya BHA.

Gunakan Pada Kulit yang Bersih

Baik AHA dan BHA, kamu wajib menggunakannya saat kulit dalam keadaan bersih setelah kamu membersihkan wajah
cara memakai AHA dan BHA/freepik.com/

Baik AHA dan BHA, kamu wajib menggunakannya saat kulit dalam keadaan bersih setelah kamu membersihkan wajah. AHA lebih efektif digunakan saat kulit dalam keadaan bersih dan kering untuk proses eksfoliasi yang maksimal.

Sedangkan BHA dapat digunakan dalam keadaan kulit lembap, setelah mencuci muka, karena BHA larut dalam minyak. Aplikasikan dengan cara dituang ke telapak tangan lalu usap atau tepuk-tepuk pada wajah, atau bisa juga dengan menggunakan kapas untuk menyapu sel-sel kulit mati.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id