sign up SIGN UP

SKINCARE

Alergi dengan Niacinamide? Ini Kandungan Alternatif Skincare untuk Mencerahkan Wajah

Ratih Dewi | Jumat, 16 Oct 2020 20:30 WIB
Alergi dengan Niacinamide? Ini Kandungan Alternatif Skincare untuk Mencerahkan Wajah
Foto: Mencerahkan Wajah/Freepik.com

Untuk memenuhi keinginan wanita Indonesia yang menginginkan kulit cerah dang glowing banyak produk lokal menghadirkan skincare dengan kandungan tertentu. Salah satu ingredients atau kandungan yang paling terkenal untuk mencerahkan wajah dan membuat kulit wajah jadi glowing adalah Niacinamide. 

Niacinamide atau Nicotinic Acid merupakan salah satu bentuk dari Vitamin B yang berfungsi mencerahkan wajah dan menutrisi kulit wajah. Kandungan ini sudah banyak ditemui di banyak produk skincare. Sayangnya, tidak semua cocok dengan kandungan ini.

Ada juga yang alergi Niacinamide sehingga ketika bereaksi di kulit wajah mereka mengalami gatal-gatal, kemerahan, bahkan ada yang menimbulkan jerawat. Untuk kalian dengan masalah kulit wajah kusam, banyak bekas jerawat dan flek hitam namun alergi dengan kandungan Niacinamide, kandugan berikut ini bisa menjadi alternatif untuk kamu!


1. Galactomyces

Galactomyces Some By Mi
Galactomyces Some By Mi/Foto : bb-mania.kz

Galactomyces merupakan kandungan yang sudah difermentasikan dan infiltrasi dari sejenis jamur. Dari hasil itu menghasilkan sebuah enzim yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah, salah satunya mencerahkan wajah.

Kandungan Galactomyces ini banyak kita temui di essence/serum, tapi ada juga beberapa produk seperti toner atau sheet mask. Galactomyces memang dipercaya khasiatnya untuk mencerahkan wajah, mengontrol minyak di kulit wajah, melembapkan, dan juga membantu menghaluskan tekstur kulit wajah. 

2. Vitamin C

Wardah Vitamin C
Wardah Vitamin C/Foto : wardahbeauty.com

Vitamin C ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan juga untuk kulit wajah. Vitamin C selalu dipercaya bagus untuk mencerahkan dan menutrisi kulit wajah. Selain itu kandungan antioksidan di dalamnya membantu menangkal radikal bebas di kulit wajah, sehingga membantu kulit wajah tampak lebih sehat. 

Terrnyata, Vitamin C yang terkandung dalam produk skincare itu bermacam-macam jenisnya, seperti Sodium Ascorbyl Phosphate, L-Ascorbic Acid (LAA), Ascorbyl Palmitate, Ascorbyl Glucosamine, dan Magnesium Ascorbyl Phosphate.

Jika produk kalian mengandung kandungan tersebut, berarti produk skincare tersebut mengandung jenis Vitamin C. Namun, Vitamin C ini merupakan kandungan aktif yang tidak disarankan untuk digabungkan dengan beberapa kandungan skincare, seperti AHA-BHA-PHA, Retinol, dan Niacinamide. 

3. Alpha Arbutin

The Ordinary Alpha Arbutin
The Ordinary Alpha Arbutin/Foto : enviebd.com

Alpha Arbutin merupakan kandungan alami dari hasil ekstrasi daun buah bearberry yang banyak tumbuh di Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Alpha Arbutin ini sudah lama dikenal dengan kandungan yang baik untuk mencerahkan kulit wajah dan membantu meratakan kulit wajah yang belang. Selain itu, kandungan ini juga aman karena tidak menimbulkan efek samping penggunaannya pada kulit wajah.

Jika kamu memiliki produk skincare yang kandungan utamanya adalah Alpha Arbutin pastikan menyimpan ditempat yang aman dan tidak terkena sinar matahari. Jika tidak Alpha Arbutin akan oksidasi dan warnanya menjadi berubah gelap, perubahan warna ini juga bisa mengubah kandungan di dalamnya. Jadi, hati-hati ya!

4. Glycolic Acid

Product Glycolic Acid
Product Glycolic Acid/Foto : sephora.com

Glycolic Acid ini merupakan bagian dari AHA atau Alpha Hydroxy Acids yang berasal dari tebu dan salah satu fungsinya dalam produk skincare adalah untuk exfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Kebanyakan, kandungan ini ditemukan pada produk exfoliasi seperti Toner Exfoliasi atau Peeling Serum

Karena fungsinya untuk mengeksfoliasi wajah, kandungan ini bekerja dengan cara mengangkat dan merontokkan sel kulit mati di wajah sehingga membantu untuk mencerahkan wajah kamu, selain itu kandungan Glycolic Acid ini bsia untuk melembutkan kulit wajah dan mengatasi jerawat yang sedang meradang.

5. Kojic Acid 

Kojic Acid Product
Product Kojic Acid/Foto : .mydomaine.com/kojic-acid

Kandungan Kojic Acid ini merupakan zat kimia hasil fermentasi dari beberapa jenis jamur tertentu. Karena ini merupakan zat kimia, kamu harus memperhatikan pemakaian Kojic Acid ini di kulit wajah kamu, pastikan produk skincare yang kamu gunakan sudah BPOM.

Jika pemakaiannya benar, Kojic Acid ini memang salah satu produk yang baik untuk mencerahkan wajah, memudarkan flek hitam bekas jerawat atau sunburn, membantu mengurangi bekas luka dan bisa mencegah penuaan. 

6. Mulberry

Product Mulberry
Product Mulberry/Foto : misshaus.com

Kandungan Mulberry ini adalah hasil ekstraksi dari buah mulberry yang biasa tumbuh di Indonesia dengan nama murbei. Kandungan dalam Mulberry seperti Vitamin A, Vitamin E bisa membantu untuk mencerahkan kulit wajah, mencegah tanda-tanda penuaan, menutrisi kulit wajah agar tampak cerah dan sehat. 

Kamu bisa menemukan kandungan Mulberry ini di toner atau serum yang manfaatnya memang untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan ini juga ternyata memiliki antioksidan dan aman digunakan untuk kulit kamu yang sensitif.

Jadi, untuk kamu yang alergi dengan Niacinamide, kamu bisa pertimbangkan kandungan-kandungan alternatif di atas untuk mencerahkan kulit wajah kamu Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id