sign up SIGN UP

SKINCARE

Anti Inflamasi hingga Anti Aging, Berikut Khasiat Chamomile untuk Kulit

Meydiana Adinda | Sabtu, 01 May 2021 07:30 WIB
Anti Inflamasi hingga Anti Aging, Berikut Khasiat Chamomile untuk Kulit
caption

Chamomile merupakan tumbuhan semusim dari keluarga bunga Matahari Asteraceae. Bunga ini banyak ditemukan di Eropa, Afrika Utara dan Asia Utara. Chamomile berasal dari kata Yunani yang berarti chamos dan milos, yang berarti apel. Hal ini dikarenakan bunga chamomile ini memiliki aroma yang mirip dengan aroma buah apel.

Chamomile memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kerap dijadikan teh. Namun selain baik untuk kesehatan, chamomile ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kecantikan, lho.

Maka tak heran, produk-produk skincare juga banyak yang diperkaya dengan chamomile di dalamnya. Jika Ladies ingin kenal lebih jauh dengan chamomile dan khasiatnya untuk kecantikan, simak artikel di bawah ini, ya!

1. Meredakan Kemerahan

Manfaat Chamomile bagi Kulit
Kulit Kemerahan/pinterest.com/procollagen

Chamomile memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan. Karena sifatnya ini, chamomile bisa digunakan sebagai penenang pada kulit yang kemerahan atau iritasi.

Kulit kemerahan umumnya disebabkan oleh alergi atau sunburn. Nah, jika mengalami situasi ini, Ladies bisa menenangkan kulit yang kemerahan dengan toner chamomile.

2. Merawat Jerawat

Manfaat Chamomile bagi Kulit
Merawat Jerawat/freepik.com

Chamomile juga dapat membantu merawat kulit yang berjerawat. Kulit yang sedang berjerawat biasanya mengalami kemerahan dan peradangan, untuk itu menggunakan skincare dengan chamomile yang bersifat anti inflamasi cocok digunakan.

Selain itu, chamomile juga mengandung Apigenin yang diklaim memiliki beberapa sifat antioksidan yang juga dapat mencegah jerawat yang diakibatkan oleh stres.

3. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat Chamomile bagi Kulit
Polusi/freepik.com

Kandungan antioksidan pada chamomile dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas dapat mengakibatkan berkurangnya kolagen pada kulit sehingga dapat membuat skin barrier menjadi rapuh. Akibatnya, kulit jadi gampang mengalami penuaan dini seperti muncul garis halus dan kerutan.

[Gambas:Instagram]

4. Anti Aging

Manfaat Chamomile bagi Kulit
Anti Aging/freepik.com

Chamomile mengandung polifenol dan fitokimia yang dapat membantu untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit. Berkat kandungan itu pula, chamomile dapat menyamarkan garis halus, kerutan, dan juga bekas luka yang ada pada wajah. Selain itu, kandungan antioksidan pada chamomile dapat menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan dini pada kulit.

Jadi, itu dia empat manfaat yang bisa diperoleh dari bunga chamomile. Semoga bermanfaat, ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id