sign up SIGN UP

LIFE

Super Recommended! Jenis-jenis Teh Herbal yang Kaya Khasiat untuk Kesehatan

Dian Aprilia | Jumat, 19 Mar 2021 20:00 WIB
Super Recommended! Jenis-jenis Teh Herbal yang Kaya Khasiat untuk Kesehatan
caption

Teh herbal sebenarnya tidak berasal dari daun teh, melainkan dari berbagai tanaman seperti rempah-rempah, bunga, buah, akar, atau daun yang dikeringkan. Alhasil teh ini memiliki rasa dan aroma yang unik dan bikin kita ketagihan. Selain rasanya yang nikmat, teh herbal ini juga memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan.

Bahkan teh herbal populer sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit, seperti insomnia, obesitas, diabetes, flu, demam dan lain sebagainya. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 jenis teh herbal yang kaya khasiat untuk kesehatan:

Teh Jahe

teh jahe
Teh jahe/pixabay.com

Teh herbal yang pertama adalah teh jahe. Teh ini sangat manjur untuk mengatasi mabuk perjalanan, morning sickness dan mual. Dibandingkan dengan obat-obatan penghilang mual, teh jahe lebih efektif dan juga lebih enak.

Selain itu teh jahe juga bermanfaat untuk meredakan nyeri haid, sembelit dan maag. Sebab teh jahe memberikan rasa nyaman pada syaraf di perut dan membuatmu menjadi lebih energi.

Teh Kamomil

Teh kamomil
Teh kamomil/pixabay.com

Teh Kamomil efektif untuk memberikan perasaan tenang, jadi bisa membantu mengatasi stres atau kegelisahan. Sebab teh ini memiliki aroma khas yang menenangkan. Teh herbal ini juga bisa membantu agar tidur lebih nyenyak.

Teh ini juga dikenal mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan di tubuh, seperti autoimun. Selain itu teh ini juga sangat baik dikonsumsi saat sedang flu, karena bisa melegakan saluran pernapasan dan meredakan gejala pilek dan batuk.

Teh Rosela

teh rosella
Teh rosella/pixabay.com

Bunga Rosela ternyata juga bisa diolah menjadi teh. Meski rasanya sedikit asam, teh rosela memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Berdasarkan studi, jika kamu mengonsumsi teh rosela selama 2-6 minggu maka akan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Selain itu teh ini juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, karena rosella diyakini mampu menghamba penyerapan asam lemak jenuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Kamu bisa mengonsumsi teh ini sebanyak 1-2 cangkir per hari.

Teh Rooibos

Teh rooibos
Teh rooibos/pixabay.com

Teh herbal selanjutnya adalah rooibos tea. Teh rooibos adalah teh herbal yang bebas kafein, sehingga baik untuk penderita maag, ibu hamil, anak-anak atau penderita alergi kafein. Selain itu, teh ini juga kaya antioksidan yang mencegah masuknya radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh.

Kandungan antioksidannya juga berperan untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab senyawa di dalamnya membuat kadar kolesterol dalam darah tetap terkendali. Selain bebas kafein, teh ini juga bebas kalori, sehingga sangat cocok bagi yang sedang diet.

Teh Ginseng

Ilustrasi teh
Ilustrasi teh/pixabay.com

Ginseng adalah rempah-rempah yang sangat terkenal di Korea. Teh ginseng memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, mulai dari menurunkan tekanan darah, menjaga kelenturan pembuluh darah dan mencegah gumpalan di pembuluh darah. Sehingga dipercaya baik untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, teh ginseng juga bisa mengatasi gangguan tidur, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan gula darah dan kolesterol, dan juga meningkatkan energi.

Itulah 5 jenis teh herbal yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan, bahkan bisa mengatasi berbagai jenis penyakit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id