sign up SIGN UP

SKINCARE

Apa Jenis Kulit Kamu? Ini Urutan Skincare Pagi Harinya

Siti Mukaromah | Sabtu, 24 Apr 2021 07:30 WIB
Apa Jenis Kulit Kamu? Ini Urutan Skincare Pagi Harinya
caption

Skincare routine dianjurkan untuk digunakan pada pagi dan malam hari. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan waktu-waktu tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kulit. 

Skincare pagi hari memberikan nutrisi serta perlindungan kulit sebelum beraktivitas. Sebab saat beraktivitas kulit secara tidak langsung terpapar sinar matahari, debu, dan polusi. Sedangkan malam hari, kulit dibiarkan 'bernapas' dan bergenerasi serta perbaikan sel kulit yang rusak.

Bicara soal skincare routine, kali ini Beautynesia ingin membagikan urutan penggunaan skincare pagi hari sesuai jenis kulit. Intip di bawah ini ya.

Kulit Normal

Song Hye KyoSong Hye Kyo/ Foto: instagram.com/kyo1122/

Jenis kulit normal memiliki pori-pori halus, tidak terlalu sensitif, dan teksturnya kenyal. Biasanya jenis kulit ini jarang sekali memiliki masalah kulit.

Untuk rangkaian skincarenya sendiri, diawali dengan facial wash. Bisa gunakan facial wash bertekstur foam untuk mengangkat kotoran pada kulit wajah tanpa membuat iritasi.

Setelah itu gunakan hydrating toner untuk menyeimbangkan kadar pH sekaligus menghidrasi kulit. Untuk jenis kulit ini, kamu bisa skip penggunaan serum maupun essence setelah itu lanjut ke moisturizer.

Dalam memilih moisturizer pilihlah yang berbentuk lotion karena memiliki kandungan minyak yang akan lebih melembapkan bagi kulit normal. Tak lupa gunakan juga sunscreen lotion untuk melengkapi rangkaian skincare pagimu.

Kulit Kering

foto: kulit kering/freepik.comfoto: kulit kering/freepik.com/ Foto: Freepik.com

Jenis kulit kering biasanya memiliki tampilan kulit yang kasar, pucat, bersisik, dan kusam. Untuk skincare routinenya, bisa diawali dengan gentle cleanser yang memiliki pH seimbang dengan kulit sehingga mampu menjaga kelembapan kulit dan terhindar dari resiko iritasi.

Hydrating Toner yang akan kamu gunakan setelahnya sebaiknya tidak mengandung alkohol agar tidak membuat kulit kering sehingga kulit tetap lembap. Selanjutnya gunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid, glycerin dan ceramide.

Hal ini bertujuan untuk menghidrasi dan mencerahkan kulit kusam. Kemudian masuk ke tahap moisturizer dengan jenis oil untuk mengatasi masalah kulit kering. Jangan lupa, gunakan sunscreen yang memiliki kandungan melembapkan.

Kulit Berminyak

Rahasia kulit bebes minyak seharianRahasia kulit bebes minyak seharian/ Foto: pinterest.com/sj7078

Jenis kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori yang lebih besar, terlihat berkilau dan rentan berjerawat. Hal ini disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih di wajah yang mampu menyumbat pori-pori jika tidak dibersihkan secara sempurna.

Pertama gunakan facial foam untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih di wajah. Kemudian exfoliating toner untuk mengangkat sel kulit mati dan jangan lupa gunakan hydrating toner setelahnya ya, agar kulit tetap terhidrasi.

Gunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid dan niacinamade untuk menghindari inflamasi serta menjaga kulit tetap terhidrasi. Untuk moisturizer gunakan yang berbahan water-based agar wajah tidak berminyak. Tahap terakhir tutup dengan sunscreen kandungan oil-free dan mudah terserap pada kulit sehingga tidak membuat pori-porimu tersumbat.

Kulit Kombinasi

5 Langkah Perawatan Kulit Kombinasi dengan Rekomendasi Produk Skincare Jepang TerbaikMizuhara Kiko/Instagram.com

Untuk jenis kulit kombinasi direkomendasikan menggunakan facial wash berbahan gel. Selain membersihkan kulit dari sel kulit mati, pembersih wajah ini mampu menyeimbangkan pH kulit pada kulit kombinasi.

Kemudian gunakan toner dengan kandungan bebas alkohol untuk menghindari efek kering pada kulit. Selanjutnya serum yang melembapkan kulit namun tidak membuatnya berminyak. 

Gunakan juga moisturizer dan sunscreen jenis gel agar mudah terserap namun tetap melembapkan.

[Gambas:Instagram]

Kulit Sensitif

Karena bahan ini tidak membuat sensitif berkat vitamin B yang cerdik ini dapat ditoleransi dengan baik oleh semua jenis kulit.Karena bahan ini tidak membuat sensitif berkat vitamin B yang cerdik ini dapat ditoleransi dengan baik oleh semua jenis kulit./ Foto:instagram.com/laneige_kr

Kulit sensitif biasanya lumayan rentan iritasi dan kemerahan jika terkena matahari, penggunaan cleansing yang harsh atau salah menggunakan skincare. Untuk itu kamu perlu perawatan yang tepat.

Skincare routine pagi hari untuk kulit sensitif dimulai dengan facial wash jenis foam yang mampu mengangkat kotoran tanpa membuat iritasi namun tetap melembapkan. Setelahnya gunakanlah toner dengan bahan alami yang mampu memberikan efek calming, melembapkan dan tidak membuat kulit kering, contohnya Centella Asiatiqa. 

Jika kamu ingin menggunakan serum gunakanlah kandungan niacinamide atau ceramide untuk melembapkan dan memperkuat skin barrier agar tidak mudah mengalami inflamasi. Kemudian gunakan moisturizer jenis gel dan sunscreen berbahan dasar air agar mudah menyerap.

Nah, itu dia skincare routine pagi hari untuk semua jenis kulit. Perlu diingat nih, Ladies untuk selalu cek ingredient yang ada di dalam skincare kamu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id