sign up SIGN UP

SKINCARE

Awas! Skincare dan Makeup Ini Bisa Merusak Kulit Jika Digunakan Setiap Hari

Phanie Fauziah | Jumat, 05 Mar 2021 15:15 WIB
Awas! Skincare dan Makeup Ini Bisa Merusak Kulit Jika Digunakan Setiap Hari
caption
Jakarta -

Bagi sebagian banyak wanita skincare dan make up adalah salah satu kunci merawat kesehatan dan menjaga penampilan. Proses untuk mendapatkan hasil yang sempurna memanglah tidak mudah dan membutuhkan waktu. Berbagai cara pasti dilakukan untuk tampil menawan, mulai dari perawatan dengan bahan alami hingga produk yang dilabeli harga mahal. 

Semakin maraknya produk kecantikan di masa kini membuat kita perlu lebih selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit. Alih-alih tampil maksimal, kecerobohan dalam menggunakan produk kecantikan bisa merusak kesehatan kulit. Ketahui skincare dan makeup apa saja yang akan menimbulkan masalah kulit jika diaplikasikan setiap hari, yuk!

Primer

Penggunaan Primer
Penggunaan Primer/Freepik

Saat ini, tidak sedikit wanita yang mengetahui berbagai nama produk kecantikan, termasuk salah satunya primer. Produk ini biasanya diaplikasikan paling awal sebelum produk kosmetik lainnya. Fungsinya yang mampu menutupi pori-pori besar dan membuat riasan semakin halus menggoda banyak pengguna produk kecantikan untuk memakainya.

Namun, Beautinesians perlu mengetahui silikon sebagai bahan utama primer akan menutupi permukaan kulit dan membuat banyak minyak serta keringat terjebak, sehingga sulit untuk keluar dari permukaan kulit. Pori-pori akan tersumbat dan berpotensi menimbulkan jerawat. Sebaiknya hindari pemakaian primer setiap hari ya. 

Lipstick Matte

Lipstick Matte
Lipstick Matte/Freepik

Munculnya jenis lipstik ini memang disambut baik oleh banyak pengguna kosmetik, terlebih karena faktor ketahanan dan pigmentasinya yang membuat penggunanya bisa tampil menarik. Namun, tahukah Beutinesians? Bahwa terlalu sering menggunakan lipstick matte akan membuat bibir menjadi lebih kering. Formula yang terkandung menjadi salah satu faktornya yang juga bisa membuat warna bibir menjadi hitam. Pastikan untuk menggunakan lip balm sebelum menggunakan lipstick matte ya. 

Cleansing Brushes

Cleansing Brushes
Cleansing Brushes/Freepik

Kosmetik dengan teknologi canggih belum tentu membuat kulit selalu tampil sempurna. Terbuat dari kualitas baik pun tidak menjamin selalu mendapatkan efek baik bagi kulit. Cleansing Brush yang sedang tren ini salah satunya. Sekalipun dibuat dengan bulu yang lembut, jika digunakan setiap hari tidak akan memiliki efek yang baik. Terlalu sering menggunakan produk ini juga akan membuat kulit iritasi, bahkan berpotensi menimbulkan jerawat dan infeksi apalagi jika produk ini tidak dipelihara dengan baik.

Skincare yang Mengandung Retinol

Skincare yang Mengandung Retinol
Skincare yang Mengandung Retinol/Freepik

Dipercayai sebagai solusi semua permasalahan kulit, skincare dengan bahan retinol ini banyak memiliki peminat. Retinol merupakan jenis vitamin A1 yang bisanya menjadi bagian kandungan makanan dan kosmetik. Jika saja Beautinesians tidak teliti akan dosis yang aman untuk mengonsumsi retinol akan membahayakan tubuh. Penggunaan skincare dengan bahan retinol setiap hari akan memancing reaksi yang membahayakan bagi kulit. Pastikan untuk mengetahui dosis penggunaan yang aman ya, Beautinesians.

Petroleum Jelly

Petroleum Jelly
Petroleum Jelly/Freepik

Setiap wanita pasti ingin bagian kulit atau bibirnya tetap lembab. Sebagian wanita mengakalinya dengan menggunakan petroleum jelly. Kelirunya, fungsi sebenarnya produk ini hanya sebagai pelapis kulit, bukan benar-benar melembabkan bagian kulit. Zat yang terkandung dalam produk ini tidak meresap kulit. Petroleum jelly malah menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Alih-alih memakai petroleum jelly, bahan alami seperti minyak kelapa malah aman untuk membuat kulit lebih lembab.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id