sign up SIGN UP

SKINCARE

Bahan Aktif Skincare Buat Hempaskan Flek Hitam karena Jerawat

Nisrina Salsabila | Senin, 15 Feb 2021 17:15 WIB
Bahan Aktif Skincare Buat Hempaskan Flek Hitam karena Jerawat
caption
Jakarta -

Memudarkan flek hitam pasti butuh proses yang lebih panjang daripada menyembuhkan jerawat. Semakin sering kamu memencet dan mengganggu jerawat yang sedang meradang, maka akan semakin membandel flek hitam yang tertinggal. Pasalnya, flek hitam terbentuk akibat dari produksi melanin yang berlebihan sebagai respon alami kulit terhadap peradangan jerawat.

Ada banyak zat aktif yang bisa membantumu memudarkan flek hitam. Kamu tak perlu gunakan semuanya, cukup pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu. Yuk, ketahui apa saja bahan aktif tersebut.

1. Niacinamide

bahan aktif penghilang flek hitam
Serum dari Trueve dan Whitelab mengandung 10% Niacinamide/Foto: Instagram.com/trueve.id/whitelab_id

Bahan aktif yang satu ini telah populer dalam produk skincare untuk mencerahkan kulit wajah. Berkat kemampuan mencerahkannya itu, maka Niacinamide juga mampu untuk memudarkan flek hitam karena jerawat, loh. Ia juga dapat mengurangi minyak berlebih, menyamarkan tampilan pori-pori besar melembapkan kulit, serta menghaluskan kulit.

Kamu bisa menggunakan produk dari Trueve Niacinamide 10% & Ceramide Brightening Serum dan Whitelab Niacinamide + Colagen Brightening Day Cream.

2. Vitamin C

bahan aktif penghilang flek hitam
Cobalah toner dan serum vitamin C dari Some By Mi dan Votre Peau/Foto: Instagram.com/votre_peau, Pinterest.com/sokoglam

Vitamin yang identik dengan buah jeruk ini mengandung Ascorbic Acid untuk mencegah hiperpigmentasi pada kulit wajah. Sehingga, penggunaan produk skincare dengan kandungan vitamin C dapat memudarkan flek hitam dan mencerahkan kulit yang kusam. Sementara, kandungan antioksidannya dapat melindungi kulit dari risiko paparan radikal bebas dan menambah produksi kolagen.

Masukanlah Some By Mi Galactomyces Pure Vitamin C Glow Toner dan serum vitamin C dari Votre Peau ke dalam skincare routine-mu.

3. Retinol

bahan aktif penghilang flek hitam
Skincare dengan bahan aktif retinol/Foto: Instagram.com/bhumiofficial/avostore.jakarta

Retinol bekerja pada kulit dengan cara merangsang pergantian sel-sel kulit baru, menghambat peradangan, dan mengurangi luka jerawat yang menggelap.  Bonusnya, Retinol juga bisa sebagai anti-aging, loh. Penggunaan Retinol dapat membuat kulit kita jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi jangan lupa gunakan sunscreen di pagi hari guna mencegah risiko kulit iritasi.

Sebagai pemula, cobalah Avoskin Miraculous Retinol Toner dengan kandungan yang mild, sedangkan Bhumi HPR Retinol Serum bagi yang sudah terbiasa memakai Retinol.

4. AHA (Alpha Hydroxy Acid)

bahan aktif penghilang flek hitam
AHA mampu mengikis lapisan kulit mati pada wajah/Foto: Pinterest.com/yesstyle/kosettebeautymarket

Lactic Acid, Glycolic Acid, dan Mandelic Acid termasuk ke dalam golongan AHA yang berfungsi untuk membantu mempercepat regenerasi sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah. Selain itu, AHA juga berfungsi untuk mencegah pori-pori tersumbat. Untuk opsi alaminya, kamu bisa manfaatkan kandungan Lactic Acid pada cuka apel yang dilarutkan dengan air sebagai face toner.

Sedangkan untuk produk di pasaran pilihannya ada By Wishtrend Mandelic Acid 5% Skin Prep Water dan So Natural Red Peel Tingle Serum.

5. Salicylic Acid

bahan aktif penghilang flek hitam
Rekomendasi produk Salicylic Acid dari AXIS-Y dan Avoskin/Foto: Instagram.com/axisy.indonesia/avoskinbeauty

Salicylic Acid biasanya akrab banget sama produk anti acne karena memiliki sifat anti-inflamasi dan sebagai exfoliating agent. Skincare dengan bahan aktif Salicylic Acid bisa kamu digunakan bila ingin mengurangi kemerahan dan meminimalisir munculnya luka jaringan parut akibat jerawat namun masih ada jerawat aktif. 

Gunakan AXIS-Y Daily Purifying Treatment Toner dengan kandungan Salicylic Acid 0,5% untuk pemula atau Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc Serum.

6. Azelaic Acid

bahan aktif penghilang flek hitam
Azelaic Acid mampu hilangkan flek hitam dan jerawat/Foto: Instagram.com/bentoncosmetic_id, Pinterest.com/forbesmagazine

Azelaic Acid dikenal sebagai bahan aktif asam alami yang mampu mengeksfoliasi kulit, termasuk meredakan beberapa masalah kulit seperti jerawat, hiperpigmentasi, rosacea, dan juga menyamarkan luka jaringan parut atau bopeng ringan. Karena bersifat mild, Azelaic Acid aman digunakan untuk kulit sensitif. Namun, ini menyebabkan cara kerja Azelaic Acid cenderung lebih lama dalam menghilangkan jerawat.

Produk yang mengandung Azelaic Acid adalah The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% dan Benton Snail Bee High Content Essence.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id