sign up SIGN UP

SKINCARE

Baru Coba Exfoliating Toner? Berikut Tips agar Kulit Wajah Tidak Breakout!

Retno Wulandari | Minggu, 19 Jul 2020 10:30 WIB
Baru Coba Exfoliating Toner? Berikut Tips agar Kulit Wajah Tidak Breakout!
caption

Kepopuleran exfoliating toner menambah deretan skincare yang wajib dicoba oleh para wanita. Menggunakan exfoliating toner bisa membuat wajah menjadi halus dan cerah karena kandungan acid (AHA, BHA, dan PHA) di dalamnya.

Tapi jika kamu menggunakan exfoliating toner dengan cara yang tidak tepat, kandungan acid-nya ini justru akan menimbulkan beberapa reaksi di kulit lho. Agar tidak breakout, berikut tips menggunakan exfoliating toner untuk kamu yang baru ingin mencoba!

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Tips menggunakan exfoliating toner
Pilih Sesuai Kebutuhan/Freepik.com

Exfoliating toner mengandung acid seperti AHA, BHA, dan PHA. Di mana masing-masing acid ini akan bekerja lebih maksimal sesuai dengan kondisi kulit kamu, Ladies. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, maka pilihlah exfoliating toner yang mengandung AHA.


Jika kondisi kulit kamu berminyak dan berjerawat pilihlah exfoliating toner dengan kandungan BHA. Nah, untuk kamu yang memiliki kulit normal cenderung kombinasi, kandungan PHA pada exfoliating toner lebih cocok untuk kamu gunakan lho.

2. Gunakan Kandungan Acid yang Terendah

Tips menggunakan exfoliating toner
Gunakan Kandungan Acid yang Terendah/Freepik.com

Penyebab munculnya breakout setelah menggunakan exfoliating toner adalah kandungan acid yang digunakan terlalu tinggi sehingga menyebabkan kulit wajah kaget dan menjadi lebih sensitif. Seperti yang kita ketahui, produk exfoliating toner memiliki kandungan acid dengan takaran yang berbeda-beda.

Nah, jika kamu baru mencoba menggunakan exfoliating toner sebagai pelengkap rangkaian skincare, pilihlah exfoliating toner dengan takaran acid yang rendah agar kulit kamu tidak menimbulkan masalah seperti breakout.

3. Lakukan Uji Coba

Tips menggunakan exfoliating toner
Lakukan Uji Coba/Freepik.com

Jika kamu sudah menentukan exfoliating toner yang mengandung acid rendah dan sesuai dengan kebutuhan kamu, tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah uji coba produk tersebut untuk melihat reaksi yang akan ditimbulkan.

Area-area yang bisa kamu jadikan sebagai uji coba exfoliating toner adalah rahang atau belakang telinga. Jika kamu tidak merasakan gatal, panas, dan tanda-tanda aneh lainnya, kamu bisa mengaplikasikan exfoliating toner ke wajah.

4. Jangan Gunakan Setiap Hari

Tips menggunakan exfoliating toner
Jangan Gunakan Setiap Hari/Freepik.com

Untuk kamu yang baru mencoba menggunakan exfoliating toner, kamu hanya boleh menggunakan produk ini seminggu sekali, Ladies. Hal ini bertujuan agar kulit wajah terbiasa dengan kandungan acid dalam exfoliating toner. Jika kulit wajah sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitas pemakaiannya ya.

5. Jangan Digunakan Bersamaan Acid Lainnya

Tips menggunakan exfoliating toner
Jangan Digunakan Bersamaan Acid Lainnya/Freepik.com

Ladies, jika menggunakan exfoliating toner pastikan kamu tidak menggunakan skincare yang mengandung acid lainnya, seperti retinol dan vitamin C. Hal ini bertujuan agar kulit wajah tidak breakout karena mengalami over exfoliating.

6. Gunakan Hydrating Toner

Tips menggunakan exfoliating toner
Gunakan Hydrating Toner/Freepik.com

Setelah menggunakan exfoliating toner, kamu perlu mengembalikan kelembapan pada kulit wajah dengan cara menggunakan hydrating toner. Jika kamu tidak menggunakan hydrating toner, maka kulit wajah akan terasa kering dan menimbulkan masalah baru.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id