sign up SIGN UP

SKINCARE

Benarkah Sinar Matahari Mampu Mengatasi Masalah Jerawat?

Lulu Lukyani | Jumat, 09 Apr 2021 07:30 WIB
Benarkah Sinar Matahari Mampu Mengatasi Masalah Jerawat?
Ilustrasi berjemur/Freepik
Jakarta -

Matahari memberikan manfaat, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Kulit membutuhkan vitamin E dan vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari. Namun, apakah paparan sinar matahari bisa mengatasi masalah kulit? Pasalnya, banyak yang percaya bahwa masalah kulit seperti jerawat bisa diatasi dengan paparan sinar matahari.

Dr. Justine Kluk, Juru Bicara British Associaton of Dermatologists, telah menerangkan hal ini. Dilansir dari Women's Health, berikut adalah penjelasannya.

Sinar matahari menghilangkan jerawat?

Ilustrasi berjemur.
Ilustrasi berjemur/Freepik

Dr. Kluk mengatakan, ia sudah sering mendengar pasiennya mengatakan bahwa kondisi kulit mereka membaik selama liburan. Mungkin ini dipengaruhi papan sinar matahari, namun hal tersebut belum bisa dipastikan.

"Kami tahu bahwa gelombang cahaya tertentu dapat membantu membunuh p.acne, strain bakteri yang menyebabkan jerawat," ujar Dr. Kluk. Secara efektif mungkin saja bahwa frekuensi cahaya tertentu dari matahari bermanfaat bagi orang yang memiliki masalah jerawat, tetapi belum ada penjelasan ilmiah yang mendukung hal ini.

Pasalnya, Dr. Kluk juga sering mendengar keluhan dari para pasien di kliniknya yang mengatakan kulit mereka memburuk selama liburan.

Jika ada yang mengklaim bahwa kondisi kulitnya membaik selama liburan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh menurunnya kadar stres. Menghilangkan penat dari rutinitas tentu sangat membantu meredakan stres yang akhirnya berpengaruh pada kondisi kulit. Selain itu, berlibur dan menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari akan membuat kulit lebih gelap sehingga kemerahan dan noda di wajah tampak tersamarkan, meski sebenarnya tidak.

Dr. Kluk tidak menyarankan sinar matahari sebagai cara untuk mengatasi masalah kulit. Sebaliknya, Dr. kluk mengatakan bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan harus dihindari.

"Kulit yang terekspose sinar matahari secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kanker kulit dan memicu penuaan dini," kata dr. Kluk. Namun, berjemur di bawah sinar matahari pagi tentu tidak dilarang karena memiliki manfaat kesehatan. Namun, hindari sinar matahari terik saat siang hari atau gunakan sunscreen dengan SPF 50.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah kulit?

Ilustrasi menggunakan produk skincare.
Ilustrasi menggunakan produk skincare/Freepik

Alih-alih terpapar sinar matahari, dr. Kluk menyarankan beberapa hal untuk mengatasi masalah kulit. Pertama, lakukan perawatan kulit secara rutin. Kedua, pastikan produk perawatan yang digunakan merupakan produk non-comedogenic. Ketiga, gunakan produk perawatan khusus kulit berjerawat. 

Terakhir, jika berbagai produk perawatan kulit telah dicoba dan tidak memberikan hasil yang memuaskan, bisa berkonsultasi dan meminta bantuan dermatologis.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id