sign up SIGN UP

SKINCARE

Pemula dalam Skincare? Yuk Kenalan Dulu dengan Basic Skincare

Meydiana Adinda | Jumat, 02 Apr 2021 16:00 WIB
Pemula dalam Skincare? Yuk Kenalan Dulu dengan Basic Skincare
caption

Merawat kulit wajah harusnya dilakukan sejak dini. Namun sayangnya, tak semua orang sadar terhadap pentingnya skincare. Hal ini dikarenakan masih banyak yang menganggap “skincare itu ribet”.

Padahal seperti kita merawat badan agar sehat, merawat kulit pun dilakukan agar terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat, penuaan dini, kulit kusam, dan lainnya. Untuk merawat kulit wajah sebenarnya tak mesti menggunakan banyak produk, Ladies.

Terdapat tiga tahapan inti yang menjadi dasar merawat kulit wajah, yaitu cleansing, moisturizing, dan protecting. Rangkaian perawatan ini dinamakan “Basic Skincare”.

Rangkaian ini juga dapat dilakukan oleh pemula skincare agar tidak bingung dalam melakukan perawatan wajah. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel berikut!

Apa itu Basic Skincare?

Mengenal Basic Skincare
Kulit Sehat dengan Basic Skincare/freepik.com

Basic skincare merupakan rangkaian perawatan kulit yang paling mendasar. Dalam rangkaian ini, kita cukup melakukan apa yang paling dibutuhkan oleh kulit, yaitu membersihkan, menjaga kelembapan, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Rangkaian ini penting dilakukan oleh semua orang dari semua jenis kelamin, semua usia, dan semua jenis kulit. Perawatan wajah yang paling mendasar ini juga disarankan untuk pemula dalam skincare agar kulit terbiasa dengan produk-produk dasar sebelum mencoba produk skincare yang lebih tinggi konsentrasinya seperti serum, essence, dan lainnya.

Cleansing

Membersihkan wajah
Cleansing/freepik.com

Tahap pertama dalam basic skincare adalah cleansing atau membersihkan kulit wajah. Sehari-hari kulit wajah kita terkena polusi, debu, dan makeup. Maka dari itu, membersihkan wajah secara menyeluruh sangat penting, agar pori-pori tidak tersumbat sehingga tidak muncul jerawat, komedo, dan masalah lainnya.

Ladies bisa mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah maksimal dua kali sehari. Untuk bersih yang lebih maksimal, Ladies bisa melakukan double cleansing di rutinitas skincare malam.

Moisturizing

Menggunakan pelembap
Moisturizing/freepik.com

Tahapan selanjutnya adalah moisturizing dengan menggunakan pelembap. Pelembap memiliki fungsi untuk melembapkan kulit, mengontrol produksi minyak, menguatkan lapisan kulit dan menghaluskan tekstur kulit. Kesalahan umum yang dilakukan banyak orang adalah mengabaikan moisturizing karena merasa kulit wajah sudah berminyak.

Padahal kulit yang berminyak juga bisa dehidrasi, lho. Apabila dehidrasi, kulit akan menghasilkan lebih banyak sebum sehingga dapat menimbulkan masalah-masalah lain pada kulit. Maka dari itu, penting menggunakan moisturizer yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu, Ladies.

Untuk tipsnya, apabila Ladies memiliki kulit cenderung berminyak, pilihlah pelembap yang ringan dan akan menyerap lebih mudah, seperti gel. Sebaliknya, jika tipe kulitmu cenderung kering, maka pilihlah pelembap yang bertekstur creamy untuk membantu melembapkan kulit dengan baik.

Protecting

Lindungi kulit wajah dengan sunscreen
Protecting/pinterest.com/theklogco

Tahapan terakhir adalah protecting atau perlindungan dari sinar UV. Seperti yang kita tahu, sinar UVA dan UVB dapat membawa akibat buruk bagi kulit seperti, iritasi, sunburn, kulit kering, hingga penuaan dini.  

Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan pelindung berupa sunscreen setiap harinya. Ladies wajib menggunakan sunscreen saat rutinitas skincare pagi, dan jangan lupa untuk re-apply secara berkala, ya.

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai basic skincare. Ayo mulai merawat kulit wajah kita. Semoga bermanfaat ya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id