sign up SIGN UP

SKINCARE

Berhenti Gunakan Skincare, Jika Kamu Alami Masalah Kulit Ini!

Penny Fatikasari | Sabtu, 18 Jul 2020 11:00 WIB
Berhenti Gunakan Skincare, Jika Kamu Alami Masalah Kulit Ini!
caption

Kebutuhan akan skincare seakan menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap wanita. Harapannya bekas jerawat atau noda hitam di wajah bisa hilang dalam waktu yang singkat. Tanpa disadari skincare juga bisa mengancam kulit cantik mu, lho! Maka dari itu, hentikan penggunaan skincare jika kamu mengalami masalah kulit ini!

Kulit Wajah Semakin Berminyak atau Sangat Kering

Kulit wajah semakin berminyak atau kering
Kulit Wajah Semakin Berminyak atau Kering/Freepik.com

Hal ini dapat terjadi jika kandungan pada produk skincare mu terdapat alkohol atau oil control yang kuat. Jika mengalami hal tersebut kamu dapat mengurangi penggunaannya.

Cukup gunakan pemakaian skincare seminggu dua kali atau gunakan jika kamu sedang benar-benar membutuhkannya. Perlu diketahui bahwa kandungan minyak pada wajah sudah cukup alami untuk menjaga kelembapan untuk wajahmu.


Kulit Menjadi Sensitif Terhadap Paparan Cahaya

Kulit sensitif terhadap cahaya
Kulit Menjadi Sensitif Terhadap Paparan Sinar Cahaya/Freepik.com

Saat ini banyak banget produk skincare dengan inovasi terbaru yang berlomba-lomba untuk memberikan kandungan terbaik pada produk yang dapat memutihkan dan mencerahkan. Sehingga menjadikan dirimu langsung tergoda akan rayuan maut pada iklan dan produk yang sedang hits tersebut dan membuat kamu tergiur untuk mencobanya.

Sebut saja skincare dengan kandungan AHA, BHA, Benzoyl peroxide yang dapat membuat wajah lebih putih mencerahkan dalam beberapa tingkat. Tapi tahukah kamu jika formula yang terkandung di dalamnya bisa menjadikan kulit sensitif terhadap paparan cahaya sinar matahari? Jika kamu mengalami hal tersebut sebaiknya kamu kurangi penggunaannya dan cukup gunakan saat berada di dalam ruang atau saat malam hari.

Muncul Jerawat dan Komedo Membandel

Muncul jerawat dan komedo
Muncul Jerawat dan Komedo Membandel/Freepik.com

Jika kulit mulai beradaptasi dengan penggunaan produk tersebut memang merupakan hal yang wajar. Biasanya kulit akan mengalami breakout diawal penggunaanya. Hal ini dikarenakan kulit mu sedang beradaptasi terhadap penggunaan skincare yang memasuki jaringan pada sel kulit mu.

Namun, jika penyesuaian skincare pada wajahmu justru menimbulkan jerawat dan komedo membandel dalam jumlah yang banyak, sebaiknya hentikan penggunaannya. Kamu pun dapat beralih gunakan produk skincare berbahan dasar air atau non comedogenic yang baik untuk perbaiki sel kulitmu.

Kulit Menjadi Panas dan Muncul Ruam Merah

Kulit panas dan muncul ruam merah
Kulit Menjadi Panas dan Muncul Ruam Merah/Freepik.com

Ladies, jika kamu alami masalah kulit dengan tiba-tiba munculnya rasa panas berlebih di area kulit, ditambah munculnya ruam kemerahan, sebaiknya kamu hentikan penggunaan skincare tersebut.

Bisa jadi kandungan pada produk skincare mu enggak cocok untuk kulitmu, sehingga bisa munculkan alergi bahkan iritasi. Gejala kulit memerah dan panas ini bisa terjadi akibat dengan produk skincare berbahan benzoyl peroxide yang bertujuan untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun kandungan produk skincare tersebut bisa menimbulkan iritasi, gatal, kemerahan bahkan sensasi terbakar ketika pemakaian pertamanya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id