sign up SIGN UP

SKINCARE

Bersih Sehat Secara Menyeluruh, Kenali Tren Clean Beauty dan Cara Melakukannya!

Dimitrie Hardjo | Selasa, 16 Feb 2021 20:30 WIB
Bersih Sehat Secara Menyeluruh, Kenali Tren Clean Beauty dan Cara Melakukannya!
caption

Produk skincare dengan klaim cruelty free, no animals, all naturals, organics, dan lain-lain sering kali dijumpai saat ini. Banyaknya produk yang memberikan asumsi demikian biasa menargetkan mereka yang mengadopsi clean beauty dalam rutinitas kecantikan mereka.

Istilah clean beauty memang sudah sering terdengar sejak tahun 2020 lalu. Tapi, apa sebenarnya clean beauty yang saat ini trennya semakin marak? Apakah worth it untuk mengubah kebiasaan kita untuk menerapkan clean beauty? Yuk baca penjelasan yang dilansir dari berbagai sumber di bawah ini, Ladies!

Apa itu clean beauty?

Clean beauty yang menggunakan bahan non-toxic.
Clean beauty yang menggunakan bahan non-toxic. Foto: freepik.com

Tidak ada definisi pasti untuk istilah “clean beauty” ini. Namun, menurut greenhubonline.com, clean beauty dimaksudkan untuk produk yang formulasinya tidak membahayakan manusia dan bumi.

Produk-produk skincare dan makeup yang dimaksud bersifat non-toxic, yaitu tidak mengandung bahan kimia seperti hydroquinone, triclosan, quaternium-15, chloroacetamide, triclocarban, phthalates, parabens, petrolatum, sodium lauryl sulfate (SLS), O-phenylphenol, borates, methylene glycol, dan microplastic beads

Karena itu, produk tersebut harus memiliki transparansi dalam pengambilan bahan baku, yaitu bahan-bahan alami atau sintetis yang aman dan bermanfaat bagi kulit, serta proses manufakturnya. Hal ini juga membedakan clean beauty dengan natural beauty, karena bahan natural tidak selalu aman bagi kulit.

 

Apakah worth untuk dicoba?

Clean beauty baik untuk diri sendiri dan lingkungan.
Clean beauty baik untuk diri sendiri dan lingkungan. Foto: unsplash.com

Yes, absolutely! Produk yang mengadopsi clean beauty ini cenderung lebih baik karena fokus pada kulit yang sehat dan ternutrisi dengan memilih bahan-bahan yang aman untuk menghindari efek samping.

 

Bagaimana kita bisa transisi ke clean beauty?

Beralih ke clean beauty dengan memperhatikan label ingredients.
Beralih ke clean beauty dengan membaca label ingredients sebelum membeli.  Foto: unsplash.com

Kamu bisa mulai menerapkan clean beauty dengan cara lebih memperhatikan ingredients dalam produk sebelum membelinya. Baca label produk secara saksama, cek sertifikasi BPOM, dan hindari pembelian ketika menemukan bahan-bahan yang bersifat racun karena akan membahayakan diri sendiri. Lakukan secara perlahan, mulai dari satu produk terlebih dahulu, sebelum mengganti produk berikutnya. 

Karena saat ini clean beauty semakin ramai dilakukan, banyak brand yang juga mulai menerapkannya sehingga tidak sulit untuk menemukan produk clean beauty. Biasanya, merek-merek yang menerapkan clean beauty menginfokan ingredients yang digunakan serta eco-friendliness dalam pengadaan barang dan proses pembuatannya.

 

Nah, itu dia penjelasan seputar clean beauty, Ladies! Tertarik untuk beralih?

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id