sign up SIGN UP

SKINCARE

Biar Selalu Percaya Diri, Ini 5 Tips Hilangkan Bau Kaki

Fauziana Hilda | Rabu, 26 Feb 2020 13:00 WIB
Biar Selalu Percaya Diri, Ini 5 Tips Hilangkan Bau Kaki
caption
Bau kaki atau bromodosis bisa terjadi pada siapa saja, terutama bagi kamu yang sering menggunakan sepatu. Sering menggunakan sepatu bisa membuat kondisi kaki menjadi lembap dan berkeringat. Inilah yang dapat membuat kaki bau menjadi tidak sedap. Namun jangan khawatir, kamu bisa ikuti tips ini untuk menghilangkannya kok, Ladies. Simak, yuk!

Munculnya bau kaki bisa disebabkan karena kondisi kaki yang lembap dan berkeringat. Secara medis, bau kaki disebut dengan bromodosis. Bromodosis merupakan kondisi kaki yang akan memproduksi keringan lebih banyak dan menjadi lembap. Inilah yang memicu kaki memunculkan aroma tidak sedap. 

Di cuaca panas, kelenjar keringat pada telapak kaki akan bereaksi mengeluarkan banyak keringat. Hal ini bertujuan untuk melembapkan kulit dan mengatur suhu tubuh. Saat keringat terus diproduksi oleh kelenjar keringan pada kaki, ini dapat menyebabkan bakteri menjadi berkembang untuk memecah senyawa organik pada keringat dan menyebabkan bau kaki.

Bau kaki juga bisa disebabkan karena keringat yang menempel pada kaus kaki. Terutama bagi kamu yang jarang menganti kaus kaki. Ingin tahu cara menghilangkan bau kaki? Simak beberapa tipsnya di bawah ini, yuk!


Rendam Kaki dengan Air Hangat


Image Source: https://www.freepik.com/

Untuk menghilangkan bau kaki, disarankan untuk merendam kaki ke dalam air hangat. Kamu bisa campurkan air hangat dengat larutan garam atau cuka selama 10 sampai 20 menit.

Air garam dan cuka dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau kaki. Kamu bisa lakukan cara ini setiap hari untuk mengurangi produksi keringat pada kaki. Namun pastikan sebelum melakukan cara ini kaki harus dalam kondisi bersih terlebih dahulu, ya.


Rajin Mencuci Sepatu dan Mengganti Kaus Kaki


Image Source: https://www.freepik.com/

Tak hanya membersihkan kaki, menjaga kebersihan sepatu juga sangat penting. Munculnya bau pada kaki bisa disebabkan karena jarang mencuci sepatu. Biasakan untuk rajin mencuci sepatu jika terasa sudah kotor dan bau. Jangan gunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut. Simpan kembali sepatu di tempat yang kering dan terang supaya bakteri tidak berkembang. 

Selain itu, rajinlah mencuci dan mengganti kaus kaki supaya menghilangkan keringat yang menempel pada kaus kaki. Pilih kaus kaki yang berbahan katun untuk membuat kaki tidak cepat lembap dan menjaga kaki agar tetap kering.


Gunakan Deodoran atau Antiperspirant Pada Kaki


Image Source: https://www.freepik.com/

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan deodoran khusus kaki. Biasanya deodoran khusus kaki ini tersedia dalam bentuk spray. Kamu bisa semprotkan deodoran sebelum menggunakan sepatu atau kaus kaki. Ini akan mencegah munculnya bau yang tidak sedap pada kaki.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id