sign up SIGN UP

LIFE

Emosi Sering Meledak? Lakukan 4 Hal Ini untuk Melatih Kesabaran

Penny Fatikasari | Sabtu, 29 Feb 2020 13:00 WIB
Emosi Sering Meledak? Lakukan 4 Hal Ini untuk Melatih Kesabaran
caption
Ketika masalah datang menghampiri nggak hanya pusing yang membuat kepala menjadi sakit namun emosi yang meledak-ledak pun akan sangat menyakitkan hati. Pasti kamu ingin mencoba untuk sabar dalam mengatasi masalah namun hal itu merupakan sifat yang mudah untuk diucapkan namun sulit dilakukan. Maka dari itu coba lakukan 4 hal ini untuk melatih kesabaran!

Berpikir Sebelum Bertindak


Foto: Istimewa

Rasa emosi sering kali menghampiri ketika kamu mulai resah dan amarahmu tak terbendung lagi, mendengar pendapat orang yang ditujukan kepadamu pun seakan mengabaikan kesabaranmu, namun sebelum terpancing emosi yang berlebihan cobalah untuk berpikir dahulu sebelum bertindak, agar kamu tidak menyesal di kemudian. Sebaiknya sebelum mengungkapkan pendapatmu pikirkan dahulu apa dampak baik atau buruknya supaya kamu dapat lebih mudah merespon terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan.
 


Tingkatkan Empati


Foto: Istimewa

Ketika masalah yang datang menghampirimu terasa begitu berat, cobalah kurangi emosimu sejenak. Cobalah lihat keadaan disekitarmu yang mungkin memiliki masalah bahkan beban hidup yang mungkin tak seberat apa yang kamu hadapi. Dengan memiliki rasa empati akan membuka pikiranmu menjadi lebih luas dan peka akan keadaan.

Maka dari hal itu lah kamu akan mencoba belajar, melihat, merasakan, memahami, bahkan melatih rasa kesabaran pada dirimu bahwa masih ada orang yang lebih kuat menahan emosi dan sabarnya melebihi apa yang kamu rasakan.
 


Belajar Lebih Bersyukur


Foto: Istimewa

Ketika kamu dirundung pilu dan merasa gagal ketika kinerja mu tak sesuai harapan sedangkan orang lain bisa melebihi dirimu kamu pun akan menjadi iri dan mulai menyalahkan bahakan membanding-bandingkan dirimu dengannya. Hal tersebut sebaiknya perlu kamu ubah, sebaiknya kamu berfokus untuk memperbaiki diri dan bersyukur dengan apa yang telah kamu dapatkan.
 



Meditasi


Foto: Istimewa

Cobalah beristirahat sejenak dari sosial media atau smartphone mu, luangkan waktumu untuk melakukan meditasi agar emosi mu lebih terkontrol. Tahukah kamu jika meditasi juga bisa melatih emosi bahkan kesabaran, lho! Mengatur dan mempraktikan pola nafas akan membuat pikiran dan ragamu jauh lebih tenang, sehat dan menjadikan dirimu pribadi yang lebih sabar. Cobain, yuk!
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id