sign up SIGN UP

SKINCARE

Bukan Cuma Beras, Kamu Bisa Dapatkan Manfaat Perawatan Wajah dari Tepung Beras

Dyah Na | Kamis, 16 Jul 2020 21:30 WIB
Bukan Cuma Beras, Kamu Bisa Dapatkan Manfaat Perawatan Wajah dari Tepung Beras
caption
Jakarta -

Kamu pasti pernah dengar perawatan wajah dengan air beras. Tapi selain berasa asli, kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari tepung beras untuk perawatan wajah, lho! Apa saja tips kecantikan tepung beras untuk wajah? Simak terus ya, Ladies!


Menyerap Minyak

Manfaat Tepung Beras/Freepik.com
Manfaat Tepung Beras/Freepik.com

Kalau kamu punya kulit wajah yang berminyak, kamu juga bisa memanfaatkan tepung beras. Produksi minyak berlebih pada wajah memang seringkali mengganggu. Nah, untuk mengurangi produksi minyak berlebih, kamu bisa menggunakan tepung beras sebagai bedak dingin atau masker sebelum tidur. Tepung beras memang bisa menyerap minyak berlebih di wajah dan tetap membuat wajah lembap tanpa kering. 


Mengencangkan Kulit

Produksi kolagen dalam tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia. Tapi kamu enggak mau kan kulit kehilangan elastisitasnya dan menjadi kendur? Agar kulit lebih kencang, kamu juga bisa menggunakan tepung beras. Buat masker dari tepung beras yang dicampur putih telur dan madu. Dijamin deh, masker ini membantu menyamarkan kerutan dan garis-garis halus di wajahmu. 



Mengatasi Jerawat

Manfaat Tepung Beras/Freepik.com
Manfaat Tepung Beras/Freepik.com

Jerawat juga sering jadi masalah yang dihadapi banyak orang. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuat masker tepung beras yang dicampur dengan lidah buaya dan madu kemudian dioleskan secara merata ke seluruh wajah. Tunggu hingga masker mengering atau selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Tepung beras ternyata punya kandungan antiseptik yang bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi dalam tepung beras juga bisa membantu memperbaiki tekstur kulit.


Mencerahkan dan Membuat Kulit Bercahaya

Siapa yang mau punya kulit cerah? Cara memutihkan kulit paling gampang adalah dengan tepung beras. Tepung beras kaya akan mineral dan menjadi salah satu solusi tradisional untuk mencerahkan kulit. Adapula kandungan asam amino dan vitamin yang bisa mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Tepung beras juga mengandung tirosinase yang dapat mencegah produksi melanin berlebihan di kulit. Kamu hanya perlu rajin memakai masker tepung beras yang bisa dicampur dengan yoghurt, jeruk dan apel yang sudah dihaluskan. 


Melawan Penuaan (Antiaging)

Manfaat Tepung Beras/Freepik.com
Manfaat Tepung Beras/Freepik.com

Tepung beras juga bermanfaat sebagai antiaging alami atau mencegah penuaan dini. Kandungan ferulic acid dalam tepung beras bekerja sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Efeknya bisa mengencangkan kulit, menyamarkan garis-garis halus di wajah serta membuat kulit senantiasa lembap. Kamu bisa membuat masker dari campuran tepung beras, mentimun yang sudah dihaluskan dan perasan lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan kurang lebih 15 menit, baru kemudian dibilas dengan air hingga bersih. 


Mengecilkan Pori-Pori

Tepung beras juga bagus untuk kamu yang punya masalah dengan pori-pori besar. Pemakaian masker tepung beras secara teratur akan membuat kulit wajah lebih mulus dan meminimalkan tampilan pori-pori.


Membantu Meregenerasi Kulit

Tepung beras kaya akan vitamin B yang dapat meregenerasi sel-sel kulit. Ketika pergantian sel kulit mati terjadi, maka akan ada proses peremajaan kulit. Kandungan dalam tepung beras akan membantu kulit teregenerasi dengan baik dan teratur sehingga bebas kusam. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa membuat  campuran tepung beras dan madu atau minyak zaitun untuk membuat scrub wajah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id