sign up SIGN UP

Bukan Cuma Hindari Pakaian yang Ketat, Berikut Trik Jitu Cegah Munculnya Jerawat di Badan

Siti Mukaromah | Jumat, 09 Jul 2021 22:30 WIB
Bukan Cuma Hindari Pakaian yang Ketat, Berikut Trik Jitu Cegah Munculnya Jerawat di Badan
caption

Beauties, pernahkah kamu mengalami jerawat di area badan? Seperti di punggung, bahu, atau dada. Jerawat ini disebut sebagai jerawat badan atau body acne. Sama seperti jerawat pada wajah, penyebab munculnya jerawat di badan juga disebabkan karena penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori.

Ada banyak faktor pemicu munculnya jerawat di badan ini, seperti masalah hormonal, gesekan antara kulit dengan badan, rambut kotor dan lain sebagainya. Dan untuk mencegahnya, coba lakukan kiat-kiat ini:

Hindari Terlalu Sering Pakai Pakaian Ketat

Jerawat, jerawat badan, body acne
Hindari jerawat dengan baju longgar/freepik.com/rowpixel.com

Penggunaan pakaian ketat memang dapat mengundang beberapa masalah. Salah satunya adalah jerawat badan. Karena kulit yang tidak bernapas dan kotoran yang terjebak di dalam baju, ditambah keringat dan minyak alami kulit, dapat dengan mudah menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Untuk itu gunakanlah pakaian longgar dengan bahan yang mampu menyerap keringat.

Tidak Memencet Jerawat

Jerawat, jerawat badan, body acne
Jangan memencet jerawat/freepik.com/wayhomestudio

Kebisaan memencet jerawat mungkin bukan lagi hal yang asing bagi kamu. Sama halnya seperti jerawat di wajah, jerawat di punggung juga dapat semakin meradang jika kamu terus menerus memencetnya.

Jerawat yang awalnya hanya berupa komedo dapat berubah menjadi jerawat nudula atau pustula. Jika sudah seperti ini bekas jerawat di badanmu tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, kurangilah kebiasaan ini, meski lokasi jerawat relatif tak terlihat.

Gunakan Bodycare yang Tepat

Jerawat, jerawat badan, body acne
Gunakan body care yang sesuai/freepik.com/senivpetro

Beauties, dalam pemilihan produk perawatan tubuh atau bodycare, sebisa mungkin hindari sabun mandi yang membuat kulitmu iritasi dan kering. Apalagi sabun yang memiliki kandungan bahan keras dan scrub. Sebab hal itu malah membuat jerawat semakin meradang. Sebaiknya gunakanlah gentle cleanser tanpa kandungan parfum.

Terapkan Diet Acne

Jerawat, jerawat badan, body acne
Diet acne untuk mencegah jerawat/freepik.com/temolina

Diet faktanya juga berguna sebagai metode untuk mengurangi jerawat, Beauties. Perlu dipahami diet memang bukan demi menurunkan berat badan semata. Dengan melakukan diet acne peradangan jerawat yang kamu alami dapat berkurang.

Lantas diet yang seperti apa? Banyak konsumsi serat dan protein, kurangi makanan tinggi gula dan olahan susu. Selain itu juga jangan lupa banyak minum air putih dan rajin berolahraga.

Membersihkan Diri Secara Teratur

Jerawat, jerawat badan, body acne
Membersihkan diri secara teratur/freepik.com/racool_studio

Seperti yang kita tahu, jika kita membersihkan diri dengan teratur apalagi setelah kita melakukan aktivitas yang menguras banyak keringat, kita akan terhindar dari penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih. Lakukan juga eksfoliasi secara teratur, agar kulit senantiasa sehat, bersinar dan tidak kusam.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id