sign up SIGN UP

Bukan Karena Jatuh Cinta, Ini Penyebab Jerawat Muncul di Dagu!

Dians Marfuah | Rabu, 17 Nov 2021 13:30 WIB
Bukan Karena Jatuh Cinta, Ini Penyebab Jerawat Muncul di Dagu!
caption
Jakarta -

Jerawat kerap dikaitkan dengan jatuh cinta, terlebih bagi para remaja. Di usia memasuki remaja kita memang mulai merasakan rasa jatuh cinta yang tentu saja berkaitan dengan hormon. Salah satu area wajah yang kerap ditumbuhi oleh jerawat adalah daerah dagu.

Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga nggak jarang menimbulkan rasa nyeri yang cukup mengganggu. Namun, apakah jerawat itu selalu pertanda bahwa kita sedang jatuh cinta? Yuk, lihat penyebab jerawat di dagu.

Penyebab Jerawat Muncul

Ilustrasi jerawat/Pexels.com/Anna Nekrashevich
Ilustrasi jerawat/ Foto: Pexels.com/Anna Nekrashevich

Jerawat sendiri dapat hadir karena berbagai faktor. Namun jika dilihat dari faktor utamanya, jerawat sendiri hadir karena pori-pori yang tersumbat oleh sisa minyak (sebum), sel kulit mati, dan kotoran yang bisa memicu kehadiran bakteri. Bakteri tersebut yang menginfeksi kulit wajah sehingga terjadi peradangan dan jerawat.

Jerawat di Dagu

ilustrasi jerawat yang muncul di dagu/pinterest.com/SHEfinds| Weddings
ilustrasi jerawat yang muncul di dagu/ Foto: pinterest.com/SHEfinds| Weddings

Jerawat yang muncul di daerah dagu umumnya berkaitan erat dengan sistem reproduksi dan hormon. Makanya nggak heran jika jerawat di dagu ini sering kali muncul saat kamu tengah menstruasi, Beauties. Perubahan hormon di masa pubertas atau pada saat menstruasi membuat jerawat di daerah dagu sering muncul.

Hal ini terjadi karena kadar hormon androgen yang lebih tinggi, yaitu hormon yang merangsang minyak atau sebum. Alhasil jika kadar androgen tinggi, tentu jerawat di area tersebut akan muncul. Selain itu kebiasaan malas mencuci muka atau tidak membersihkan wajah dengan benar setelah makeup juga menjadi faktor timbulnya jerawat.

Cara Mencegah Jerawat

Ilustrasi double cleansing/Pexels.com/Sora Shimazaki
Ilustrasi double cleansing/ Foto: Pexels.com/Sora Shimazaki

Jerawat yang muncul di wajah, tentu akan mengganggu penampilan. Nah, agar terhindar dari jerawat kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Agar jerawat tidak hadir kamu harus benar-benar menjaga kebersihan wajah kamu, terlebih jika kamu sering menggunakan makeup sehari-hari.

Gunakan teknik double cleansing untuk memastikan wajah benar-benar bersih dari sisa kotoran dan makeup. Pula bagi yang tidak menggunakan makeup juga wajib menjaga kebersihan wajah, karena wajah rentan terkena kotoran dan debu.

Last but not least, usahakan kurangi menyentuh wajah secara langsung dengan tangan. Karena tangan yang kotor juga salah satu faktor yang bisa memicu jerawat di wajah.

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id