sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Cek Produk yang Terdaftar di BPOM, Hati-hati Palsu Ladies!

tjitradewi | Selasa, 01 Dec 2020 17:03 WIB
Cara Cek Produk yang Terdaftar di BPOM, Hati-hati Palsu Ladies!
caption

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap produk perawatan kulit dalam beberapa tahun belakangan, membuat produsen skincare berlomba-lomba mengeluarkan produk yang dapat menggaet hati masyarakat.

Produk dengan 'janji' dapat memutihkan dan menghilangkan jerawat, laris manis di pasaran. Rasa tak percaya diri dimanfaatkan baik oleh produsen.

Tak jarang, banyak produk-produk skincare abal-abal yang beredar di pasaran. Dengan iming-iming selangit dan dijual dengan harga murah, produk tersebut pun laku di pasaran.

Beberapa waktu lalu sempat ramai lotion pemutih yang mengklaim dapat memutihkan kulit dalam waktu sekejap. Bukan cantik yang didapat, justru stretchmarks muncul pada tempat dioleskannya krim yang ternyata mengandung steroid.

Efek penggunaan lotion pemutih bersteroid
Efek penggunaan lotion pemutih bersteroid (instagram.com/drmita.spkk)

Itu hanya satu dari sekian masalah yang ditimbulkan dari pemakaian produk abal-abal hasil racikan yang tidak diawasi langsung oleh ahli. Beberapa kasus pemakaian skincare gadungan menyebabkan kulit iritasi hingga menimbulkan luka bakar. 

Ketelitian pembeli menjadi filter awal untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Hal termudah yang bisa dilakukan adalah memiliki mindset 'tidak ada sesuatu yang bisa terjadi secara instan'.

Merawat kulit butuh waktu. Konsisten dan telaten menjadi kuncinya. Tak hanya mengandalkan skincare, pola hidup pun harus dijaga. Oleh karena itu, kamu patut curiga jika ada produk yang mengklaim dapat memutihkan atau mengubah hal lain secara instan, walaupun diiming-iming dengan hasil berupa foto.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa produk tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan atau biasa disingkat BPOM. Bagaimana caranya?

Kamu dapat mengakses website BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/ lalu akan muncul tampilan seperti ini:

Cara mengecek produk yang terdaftar di BPOM
Cara mengecek produk yang terdaftar di BPOM (screenshot/Citra Dewi)

Kemudian klik bagian 'Cari Berdasarkan' lalu akan muncul beberapa pilihan di bawah ini:

Cara mengecek produk yang terdaftar di BPOM (Screenshot/Citra Dewi)
Cara mengecek produk yang terdaftar di BPOM (Screenshot/Citra Dewi)

Beautynesia akan memberi satu contoh ya. Misal kita mencari apakah Ponds sudah terdaftar di BPOM atau belum. Kamu tinggal klik 'Merk' di kolom 'Cari Berdasarkan', ketik Ponds di kolom pencarian lalu klik cari. Setelah itu kamu akan mendapat tampilan seperti ini:

Cara mengecek produk yang terdaftar di BPOM (Screenshot/Citra Dewi)
Cara mengecek produk yang terdaftar di BPOM (Screenshot/Citra Dewi)

Begitu pula kalau kamu ingin mencari produk lain, tinggal sesuaikan saja kamu ingin mencari berdasarkan kategori apa, tulis di kolom pencarian, lalu klik cari. Gampang kan!

Selain melalui website, kalian juga dapat mengunduh aplikasi bernama 'Cek BPOM' di Play Store. Selamat mencoba ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id