sign up SIGN UP

Cara Cepat Mengatasi Flek Hitam yang Membandel Agar Warna Kulit Merata

Dian Aprilia | Jumat, 09 Jul 2021 11:30 WIB
Cara Cepat Mengatasi Flek Hitam yang Membandel Agar Warna Kulit Merata
caption

Flek hitam adalah bercak-bercak atau bintk-bintik pada wajah yang menggelap di sebagian area wajah. Flek hitam bisa disebabkan karena area kulit menghasilkan lebih banyak melanin sehingga bagian kulit tersebut telihat lebih gelap. Penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari, faktor genetik, perubahan hormonal dan penyakit tertentu.

Oleh sebab itu cara menghilangkan flek hitam tidak selalu sama setiap orang, karena bergantung pada penyebab masing-masing. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara menghilangkan flek hitam yang membandel agar warna kulit merata:

Jangan Skip Sunscreen

Cara menghilangkan flek hitam dengan pakai sunscreen
Cara menghilangkan flek hitam dengan pakai sunscreen/pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara menghilangkan flek hitam yang tak boleh dilewatkan adalah rutin menggunakan sunscreen. Sebenarnya, cara ini lebih tepatnya disebut pencegahan flek hitam. Namun bagi kamu yang sudah ada flek hitam, penggunaan sunscreen bermanfaat agar flek hitam tidak bertambah.

Sunscreen bermanfaat untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV (ultraviolet) yang memicu munculnya flek hitam. Gunakan sunscreen minimal SPF 30 atau lebih, saat pagi dan siang hari, baik di rumah atau di luar rumah. Terakhir jangan lupa mengaplikasikan sunscreen kembali setelah 3-4 jam.

Produk Eksfoliasi

Cara menghilangkan flek hitam yang selanjutnya adalah menggunakan produk eksfoliasi. Produk ini mampu membersihkan sel kulit yang mengalami kerusakan dan perubahan warna kehitaman atau flek hitam.

Pastikan produk eksfoliasi mengandung AHA, BHA, dan juga retinol. Retinol bermanfaat untuk mempercepat pengelupasan kulit dan mendorong pertumbuhan kulit yang baru.

Produk Mencerahkan Wajah

Cara menghilangkan flek hitam dengan produk pencerah
Cara menghilangkan flek hitam dengan produk pencerah/pexels.com/keli Santos

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah atau flek hitam berikutnya adalah penggunaan produk pencerah wajah. Produk ini sangat ampuh untuk memudarkan flek hitam dan membuat warna kulit menjadi merata.

Kandungan produk pencerah yang ampuh untuk mengatasi flek hitam ialah vitamin C, niacinamide dan Alpha arbutin. Pilih salah satu kandungan dan sesuaikan dengan jenis kulitmu. Kamu bisa menggunakan krim atau serum yang mengandung salah satu bahan tersebut.

Laser

Selain skincare, cara menghilangkan bintik hitam di wajah ialah dengan treatment dokter yakni laser. Terapi ini dilakukan dengan memancarkan sinar dengan gelombang dan intensitas tertentu pada area flek hitam. Terapi ini bermanfaat untuk mengurangi tampilan flek hitam dengan aman dan efektif.  

Chemical Peeling

Cara menghilangkan flek hitam dengan treatment ke dokter
Cara menghilangkan flek hitam dengan treatment ke dokter/pexels.com/Gustavo Fring

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah selanjutnya adalah treatment chemical peeling. Cara ini dilakukan dengan menggunakan cairan kimia berupa Asam alfahidroksi. Cara ini bermanfaat untuk menghilangkan lapisan kulit mati yang menggelap, sehingga flek hitam bisa diganti dengan lapisan kulit yang baru.

Itulah 5 cara menghilangkan flek hitam membandel di wajah. Selamat mencoba beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id