sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Eksfoliasi Sesuai dengan Jenis Kulit Kamu!

Cindy Krisania | Rabu, 18 Nov 2020 13:00 WIB
Cara Eksfoliasi Sesuai dengan Jenis Kulit Kamu!
Foto: Eksfoliasi/Freepik.com

Pernah enggak sih ngerasa udah pakai serangkaian skincare secara rutin tapi wajah tetap terlihat kusam dan bertekstur? Nah, bisa jadi kamu melewatkan satu step penting nih, Ladies. Kamu tidak melakukan eksfoliasi. 

Eksfoliasi merupakan salah satu tahapan dalam skincare untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu untuk proses regenerasi kulit. Eksfoliasi digunakan juga untuk memastikan kotoran dan minyak pada wajah dapat terangkat hingga ke dalam pori-pori sehingga tidak menimbulkan masalah kulit seperti jerawat. 

Proses eksfoliasi dapat menimbulkan reaksi negatif pada kulit jika kamu tidak melakukannya dengan benar. Selain itu, kamu tidak memperhatikan secara tepat jenis produk yang sesuai dengan tipe kulit wajah kamu. 

Nah berikut penjelasannya mengenai tipe eksfoliator yang cocok sesuai dengan jenis kulit kamu. 

Kulit Berminyak & Berjerawat

kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab, karena tujuannya untuk menghidrasi serta melembapkan wajah dan juga menyeimbangkan kadar minyak.kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab, karena tujuannya untuk menghidrasi serta melembapkan wajah dan juga menyeimbangkan kadar minyak./ Foto: Pinterest

Tipe kulit satu ini biasanya ditandai dengan pori-pori besar, produksi sebum berlebih, dan berpotensi berjerawat yang cukup tinggi. Produksi minyak berlebih pada wajah jika tidak dibersihkan secara maksimal bisa dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu timbulnya komedo maupun jerawat. 

Jika kamu memiliki kulit wajah berminyak dan berjerawat, kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi yang memiliki kandung salicylic acid. Kandungan ini akan membantu mengeksfoliasi kulit kamu yang berminyak secara maksimal.

Dan, jika kamu berjerawat sebaiknya hindari penggunaan physical exfoliator dengan scrub yang akan membuat jerawat kamu semakin parah. Lakukan eksfoliasi dengan hati-hati untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit wajah.

Kulit Kombinasi

4 Langkah Merawat Kulit Kombinasi agar Tetap Sehat dan Seimbang4 Langkah Merawat Kulit Kombinasi agar Tetap Sehat dan Seimbang/ Foto: Freepik

Kulit kombinasi biasanya ditandai dengan area T-zone yang cenderung berminyak dan area pipi serta dahi cenderung kering. Kulit kombinasi cenderung dapat berubah-ubah, bisa sangat kering atau berminyak di area tertentu. 

Gunakan produk yang lembut untuk mengeksfoliasi kulit wajah kamu, terutama pada area kulit yang kering. Pilihlah produk eksfoliasi yang mengandung glycolic acid, khususnya untuk mengeksfoliasi di area yang berminyak.  Selain itu juga, untuk memaksimalkan dalam proses mengangkat sel kulit mati dan mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah,

Kulit Sensitive

Orang yang memiliki tipe kulit sensitive cenderung lebih rentan mengalami iritasi pada wajah jika menggunakan produk yang kurang tepat. Maka, kamu harus memperhatikan kandungan yang tepat apakah baik digunakan untuk kulit sensitive atau tidak. 

Kandungan eksfoliator yang bisa kamu gunakan yaitu mandelic acid. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk yang memiliki kandungan enzim buah-buahan, beras, shea butter dan oatmeal yang dapat membantu regenerasi kulit tanpa menimbulkan iritasi pada kulit kamu.

Hindari melakukan eksfoliasi dengan menggunakan produk seperti scrub yang bisa merusak kulit serta menyebab iritasi. Lakukan eksfoliasi satu minggu sekali dan pastikan anda mengaplikasikan hydrating toner dan pelembab setelah eksfoliasi. 

Kulit Kering

Sumber: Kulit dehidrasi/Beda Sama Kering, Ini Penyebab Kulit Wajah Dehidrasi dan Ciri-Cirinya!/freepik.comSumber: Kulit dehidrasi/Beda Sama Kering, Ini Penyebab Kulit Wajah Dehidrasi dan Ciri-Cirinya!/freepik.com

Jika kamu memiliki kulit kering juga harus secara rutin melakukan eksfoliasi agar tidak ada penumpukan kotoran dan sel kulit mati pada kulit yang dapat menghambat proses penyerapan produk skincare. 

Kulit kering yang jarang dieksfoliasi akan menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan semakin kering. Sama seperti kulit sensitif, pemilik kulit kering juga harus memilih produk eksfoliasi yang lembut seperti kandung lactic acid. 

Selain itu, hindari produk yang mengandung alkohol yang akan membuat kulit kamu semakin kering. Jangan lupa untuk memakai hydrating toner dan pelembab yang cukup agar kulit tetap terhidrasi dan lembap.

Nah, setelah tau tipe eksfoliator yang cocok dengan jenis kulit kamu jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi secara rutin yaitu 2-3 kali seminggu atau bisa disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kamu ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id