sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Memilih Tekstur Pelembap yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit

Rumaysha Milhania | Sabtu, 04 Jul 2020 22:00 WIB
Cara Memilih Tekstur Pelembap yang Tepat Sesuai dengan Jenis Kulit
caption
Jakarta -

Pelembab merupakan bagian penting dari perawatan kulit yang tidak boleh disepelekan. Bahkan, bagi kulit berminyak sekalipun, pelembap kulit merupakan bagian yang tidak boleh untuk dilewatkan. Namun, kita tahu bahwa ada banyak sekali ragam pelembap dengan jenis tekstur yang berbeda. Terkadang kita bingung memilih, mana tekstur yang paling tepat untuk digunakan sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki. Tapi jangan khawatir, berikut ini adalah ulasan tentang panduan untuk menentukan tekstur pelembap apa yang cocok untuk kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit.

Pelembap dengan tekstur oil bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang punya kulit super kering.
Pelembap Oil/ Sumber: Pexels.com

Oil

Pelembab berbahan minyak alami memang sangat bekerja dengan baik untuk tubuh, wajah, dan rambut. Penggunaan skincare dengan tekstur minyak memang nampak seperti tidak cocok jika digunakan untuk kulit berminyak, akan tetapi ini sebenarnya tergantung pada minyak alami yang kamu pilih. Beberapa oil moisturizer yang ringan seperti, Minyak Biji Rosehip dan Minyak Jojoba bisa dicoba untuk kulit berminyak. Namun, jika kulitmu sangatlah kering, beberapa minyak dengan tekstur yang lebih berat seperti minyak Zaitun bisa jadi pilihan.

Pelembap dengan tekstur cream membutuhkan tambahan pijatan lembut untuk mempercepat penyerapan.
Pelembap Cream/ Sumber: Pexels.com

Cream

Pelembap dengan tekstur cream yang padat sangatlah ideal untuk perawatan kulit di malam hari, kulit kering, dan kulit yang terkelupas. Pelembap dengan tekstur ini memang cenderung kaku atau keras. Itulah sebabnya saat diaplikasikan membutuhkan pijatan lembut agar benar-benar membuat kulit dapat menyerap dengan sempurna. Jenis tekstur ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering.

Lotion

Lotion cenderung memiliki tekstur yang lebih ringan daripada krim. Teksturnya yang ringan membuat produk pelembap lotion sangat pas untuk digunakan pada siang hari. Namun, ingat bahwa menggunaan pelembap lotion harus dikocok terlebih dahulu karena bentuknya kerap membuat kandungannya terpisah. Biasanya tekstur pelembap lotion disukai oleh mereka memiliki kulit normal dan kombinasi karena tidak terlalu berat dan mudah untuk diserap dengan baik.

Gel

Gel merupakan tekstur pelembap yang sangat ringan, bebas minyak, dan seringkali menggunakan air sebagai bahan dasarnya. Dengan kata lain, tekstur gel cenderung lebih mudah diserap oleh kulit dan sering direkomendasikan untuk kulit berminyak atau rawan jerawat. Selain itu, pelembap dengan tekstur gel juga bagus diaplikasikan sebagai dasar makeup.

Pelembap merupakan salah satu produk skincare yang penting dan tidak boleh dilewatkan untuk semua jenis kulit.
Skincare/ Sumber: Pexels.com

Nah, itulah beberapa jenis-jenis pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id