sign up SIGN UP

Cara Sederhana Mencegah Munculnya Flek Hitam di Wajah

Ayuliy Lestari | Kamis, 22 Apr 2021 20:15 WIB
Cara Sederhana Mencegah Munculnya Flek Hitam di Wajah
caption

Hampir semua perempuan menginginkan kulit yang sehat, bersih dan bebas dari flek. Bertambahnya usia terkadang menjadi momok tersendiri, karena perubahan kulit sering terjadi, mulai dari garis-garis halus hingga flek hitam.

Flek hitam atau ephelis sendiri adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Flek hitam sering muncul di wajah, bahkan di kulit lengan, dada atau leher, Ladies. Tapi tenang, flek hitam juga bisa diminimalisir atau dicegah dengan beberapa tips berikut.

1. Pahami Dulu Penyebab Flek Hitam

cara cegah flek hitam
cara cegah flek hitam/freepik.com

Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit, kulit akan semakin gelap.

Flek hitam muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet, sehingga menyebabkan peningkatan produksi melanin. Selanjutnya, bagian kulit yang memiliki banyak melanin atau mengalami penumpukan melanin, akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik, Ladies. Dengan mengetahui penyebab flek hitam di wajah maka kamu bisa lebih berhati-hati dan menjaga kulit dengan baik.

Sebenarnya flek hitam bisa terjadi ke semua orang bahkan ke segala usia. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya flek hitam, seperti sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, faktor genetik atau seseorang dengan tone kulit cerah atau putih.

2. Hindari Beraktivitas di Luar Ruangan

cara cegah flek hitam
cara cegah flek hitam/freepik.com

Flek hitam di wajah akan mudah timbul karena kombinasi faktor genetik dan paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Faktor genetik memang tidak dapat diubah, Ladies. Tapi paparan sinar UV pada kulit dapat dicegah.

Jadi, agar tidak mudah muncul flek hitam pada wajah maka sebaiknya kamu menghindari beraktivitas di luar ruangan saat terik sedang menyengat. Sinar UV akan sangat berbahaya di atas jam 10:00 pagi hingga 16:00. Upayakan kamu tidak keluar dan terpapar sinar matahari terlalu lama di jam tersebut.

3. Gunakan Tabir Surya atau Sunblock

cara cegah flek hitam
cara cegah flek hitam/freepik.com

Ketika kamu terpaksa harus keluar rumah atau memiliki aktivitas outdoor, sebaiknya selalu gunakan tabir surya atau sunblock. Minimal gunakan krim yang mengandung SPF 30 atau lebih saat keluar rumah.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor yang merupakan produk perawatan kulit untuk mencegah cahaya matahari menyerang permukaan kulit dan menyebabkan kerusakan kulit seperti flek hitam hingga kulit terbakar.

Bahkan ketika di dalam ruangan, kamu tetap wajib menggunakan krim yang mengandung SPF 30 atau lebih karena sinar matahari bisa menembus kaca.

4. Gunakan Pelindung dan Pakaian Tertutup

cara cegah flek hitam
cara cegah flek hitam/freepik.com

Seperti yang sudah dibahas di atas, flek hitam tidak hanya muncul di wajah, bagian tubuh lainnya seperti lengan dan dada juga sering timbul flek hitam. Selain memakai tabir surya, sebaiknya kamu juga perlu menggunakan pelindung seperti topi, payung dan pakaian tertutup seperti baju panjang, jaket dan celana panjang.

[Gambas:Instagram]

5. Banyak Minum Air

cara cegah flek hitam
cara cegah flek hitam/freepik.com

Hampir 90% dari komposisi tubuh kita terdiri dari air. Kulit merupakan bagian tubuh yang memerlukan kadar air untuk mencegah kekeringan, Ladies. Tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, air putih juga baik untuk elastisitas kulit.

Pastikan kamu minum dua liter air setiap hari untuk mencegah kulit dehidrasi. Karena saat kekurangan air, kulit tidak bisa menahan paparan sinar UV yang bisa menimbulkan flek hitam di wajah.

6. Hindari Memencet Jerawat

cara cegah flek hitam
cara cegah flek hitam/freepik.com

Selain faktor genetik dan bahaya sinar UV, flek hitam terkadang juga diakibatkan karena bekas jerawat. Jerawat tentu sangat mengganggu penampilan, Ladies. Namun kamu tidak boleh sembarangan memencet jerawat, apalagi lagi tangan atau bahan yang kamu gunakan belum steril. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dan mengakibatkan flek hitam yang sulit hilang.

7. Konsumsi Vitamin dan Antioksidan

cara cegah flek hitam
cara cegah flek hitam/freepik.com

Vitamin menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Jika seseorang kurang asupan vitamin, pigmentasi wajah akan terlihat jelas. Jadi, pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K dan vitamin E untuk mencegah noda hitam pada kulit.

Penuhi juga asupan antioksidan untuk melawan efek negatif dari radikal bebas yang bisa memicu hiperpigmentasi. Antioksidan juga bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus atau kerutan sehingga sangat penting untuk kesehatan kulit.

Itulah beberapa hal yang bisakah upayakan untuk mencegah timbulnya flek hitam pada kulit wajah atau kulit bagian tubuh. Semoga bermanfaat, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id