sign up SIGN UP

Cara Tepat Eksfoliasi Wajah Agar Bersih Tanpa Iritasi

Diyah Wulandini | Jumat, 21 May 2021 19:15 WIB
Cara Tepat Eksfoliasi Wajah Agar Bersih Tanpa Iritasi
caption

Wajah yang bebas dari sel kulit mati membantu penyerapan skincare lebih optimal. Tidak jarang kalau kulitmu makin berseri dan nyaman dipandang setelah rutin melakukan eksfoliasi.  

Yang perlu diingat, kamu tidak sembarangan mengeksfoliasi wajah kapanpun kamu mau. Kekeliruan merawat wajah justru mampu membuat kulitmu iritasi dan menyebabkan masalah merugikan, lho.

Agar wajahmu bersih berseri dengan tekstur halus merata, perhatikan cara tepat melakukan eksfoliasi berikut. Hindarkan kulit dari risiko iritasi yang bisa membawa masalah baru untuk kamu.

1. Memastikan Kebersihan

Agar sel kulit mati mampu terangkat dengan baik, wajah perlu dibersihkan lebih dulu dari sisa make up dan polusi.
Membersihkan Wajah/foto: freepik.com

Pastikan sudah membersihkan make up, debu, dan polusi yang menempel pada kulit. Kalau kamu masih ngeyel membiarkannya begitu saja yang ada perawatan bisa sia-sia, Ladies. Singkirkan lebih dulu sisa make up, debu, dan polusi dengan pembersih.

Kulit yang dieskfoliasi dalam keadaan kurang bersih tidak membuat scrub bekerja dengan maksimal. Sel kulit mati yang tertutup kotoran menjadi susah diangkat dan tetap bersarang pada kulit.

2. Tidak Digunakan Setiap Hari

Eksfoliasi wajah dapat membersihkan sel kulit mati secara optimal tanpa perlu dilakukan setiap hari.
Mengeksfoliasi Wajah/foto: freepik.com

Mengandalkan scrub sebagai pembasmi sel kulit mati yang bersarang memang tidak pernah salah. Tapi, bukan berarti kamu bisa menggunakan setiap hari. Bukannya bersih mulus, bisa-bisa kulitmu menemui iritasi.

Waktu ideal untuk menggunakan scrub adalah satu sampai dua kali seminggu. Atur jadwal yang tepat kapan sel kulit mati perlu diangkat. Memaksakan eksfoliasi pada kulit yang masih bersih bisa menyebabkan jerawat, kulit kering, dan penuaan dini.

3. Bebas Jerawat

Menghentikan eksfoliasi pada wajah yang berjerwat lebih baik daripada dipaksakan dan menimbulkan iritasi semakin parah.
Berjerawat/foto: freepik.com

Hentikan dulu eksfoliasi ketika ada jerawat meradang pada wajah. Butiran scrub belum tentu cocok untuk kulit yang sedang bermasalah. Jerawatmu bisa jadi bertambah parah, lho.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi apabila jerawat yang meradang tidak menyebar penuh pada wajah. Cukup aplikasikan scrub pada bagian kulit yang aman untuk dieksfoliasi. Biarkan jerawat sembuh lebih dulu, Ladies.

[Gambas:Instagram]

4. Pahami Reaksi Kulit

Penting sekali memperhatikan reaksi pada wajah agar tepat melakukan eksfoliasi tanpa iritasi melalui pemilihan produk yang benar.
Kulit Sehat/foto: freepik.com

Tidak semua produk eksfoliasi cocok di wajah kamu. Selain scrub masih ada toner atau serum. Pemilik kulit kering disarankan memakai produk yang lembut demi menghindari risiko iritasi lebih tinggi, seperti glycolic acid. Kulit yang berminyak bisa memilih salicylic acid.

Pemilik kulit normal bisa menggunakan kandungan AHA yang mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus menjaga kesehatan kulit. Pahami apakah ada risiko iritasi yang membuatmu harus berganti produk atau tidak. Kesehatan kulitmu tetap nomor satu.

Kamu bisa memakai produk eksfoliasi apapun yang cocok untuk kulit, ya, Ladies. Perhatikan hal di atas agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Say halo untuk kulit halus, cerah, dan bercahaya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id