sign up SIGN UP

SKINCARE

Ciri-ciri Kamu Tidak Cocok Memakai Aloe Vera Gel

Anggiputriw | Jumat, 20 Sep 2019 05:45 WIB
Ciri-ciri Kamu Tidak Cocok Memakai Aloe Vera Gel
caption
Beberapa tahun terakhir, aloe vera gel menjadi satu produk kecantikan yang paling banyak diburu. Produk berbentuk gel ini diklaim bisa melembabkan sekaligus menyehatkan kulit. Namun di sisi lain, tidak sedikit yang mengalami masalah kulit setelah memakainya. Masalah tersebut disebut sebagai ketidakcocokan terhadap produk dan inilah ciri-cirinya.

1. Kulit Iritasi


Foto: https://www.pixabay.com

Aloe vera gel dikenal sebagai pelembap wajah yang bisa menimbulkan sensasi dingin, segar dan langsung meresap pada kulit. Sensasi rasa dingin itu sebenarnya disebabkan oleh penggunaan alkohol sebagai salah satu komposisinya. Kadarnya mungkin berbeda pada masing-masing brand. Namun bagi kulit sensitif, sering terpapar alkohol bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi. Inilah ciri pertama kulit yang tidak cocok memakai aloe vera gel.
 


2. Muncul Beruntusan hingga Jerawat


Foto: https://www.pixabay.com

Banyak brand yang mengeluarkan aloe vera gel dan mengklaim produknya sangat bagus untuk kulit berjerawat. Kenyataannya, tidak sedikit kasus beruntusan dan jerawat, justru muncul makin banyak setelah memakainya. Jika ketika pemakaiannya dihentikan kulit justru bebas dari beruntusan dan jerawat, maka bisa dipastikan Beautynesian tidak cocok memakai aloe vera gel. Disarankan untuk lebih selektif memilih produk jika memang masih ingin menggunakan aloe vera gel, ya.
 


3. Kulit Menjadi Kasar dan Kering


Foto: https://www.pixabay.com

Sebagai alternatif pelembap, aloe vera bermanfaat juga untuk melembapkan kulit. Tapi manfaat tersebut tidak selamanya berpengaruh pada semua jenis kulit. Kadar alkohol dalam aloe vera gel juga bisa menyebabkan kulit semakin kering.

Selain itu, aloe vera yang mudah meresap pada kulit dan bekerja sekaligus menyerap minyak, membuat kulit jadi lebih kering. Dampak yang lebih parah dari kulit kering adalah kulit akan terasa lebih kasar ketika diusap.
 



4. Timbul Komedo


Foto: Istimewa

Masalah kulit lainnya yang bisa terjadi akibat tidak cocok memakai aloe vera gel adalah komedo. Kalau awalnya wajah sudah berkomedo, sebaiknya hindari penggunaan produk ini. Sebab, aloe vera dapat ‘mengunci’ komedo dengan menyumbat pori-pori kulit. Bisa saja pori-pori besar tersamarkan, tapi kotoran tidak bisa keluar dan komedo semakin terlihat. Masalah ini umum dialami oleh pemilik kulit jenis berminyak.
 


5. Tanda Penuaan Dini semakin Nampak


Foto: Istimewa

Tanda ketidakcocokan yang terakhir ini merupakan efek jangka panjang dari kulit kering yang disebabkan alkohol pada produk aloe vera gel. Kulit kering serta kasar kehilangan kelembapan alaminya sehingga lebih rentan terhadap tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, garis halus dan kulit menjadi kendur. Untuk itu, segera hentikan pemakaian aloe vera gel jika terjadi tanda ketidakcocokan agar terhindar dari penuaan dini.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id