STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bekas Luka Menghitam Bikin Nggak Percaya Diri? Simak Cara Mengatasinya Berikut Ini!

Della Oktivia Armitha | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 16:30 WIB
Bekas Luka Menghitam Bikin Nggak Percaya Diri? Simak Cara Mengatasinya Berikut Ini!

Bekas luka di bagian tubuh, sangat mengganggu ketika berubah menjadi hitam. Bahkan, bekas luka yang menghitam ini bisa mempengaruhi penampilan kamu.

Apalagi jika bekas lukanya terdapat di bagian wajah. Perbedaan warna yang sangat mencolok, akan membuat kamu tidak percaya diri. Apa benar begitu, Beauties?

Sebenarnya, bekas luka terjadi karena proses alami tubuh. Ketika kulit tergores atau terluka, tubuh akan memproduksi serat kolagen untuk menutupi luka tersebut. Selama proses penyembuhan ini, bagian tubuh yang terluka akan membentuk jaringan parut atau scar.

Jaringan inilah yang sering kita sebut sebagai bekas luka. Seiring berjalannya waktu, bekas luka akan menghilang dengan sendirinya. Meskipun begitu, tidak semua jenis luka bisa menimbulkan bekas. Timbulnya bekas luka juga dipengaruhi oleh jenis luka, usia, serta kondisi kesehatan kamu.

Hiperpigmentasi bisa terjadi juga di bekas luka.
Ilustrasi hiperpigmentasi pada kulit/Foto: istockphoto.com/Rungrudee

Namun, dalam kondisi tertentu, bekas luka bisa berubah menjadi hitam. Penyebabnya banyak, nih, Beauties. Dikutip dari dermstore.com, bekas luka yang menghitam bisa disebabkan karena produksi pigmen kulit yang berlebihan. Kondisi ini juga sering kita sebut dengan hiperpigmentasi.

Selain itu, pancaran sinar UV dari matahari juga menjadi penyebab bekas luka menghitam. Jadi, saat kamu memiliki luka, ada baiknya bagian luka yang sedang dalam proses penyembuhan, tidak langsung terkena sinar matahari. Kamu bisa menutupinya dengan bajumu atau syal.

Bekas luka akan memudar ketika proses regenerasi kulit berjalan dengan baik. Jadi, untuk menghilangkan bekas luka tersebut, kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan E.

Selain itu, kamu bisa menggunakan salep, krim pelembab dan sunscreen.

Lidah buaya diklaim efektif memudarkan bekas luka kehitaman.
Ilustrasi mengobati bekas luka dengan gel lidah buaya/Foto: istockphoto.com/Simarik

Dikutip dari dermstore.com dan everydayhealth.com, penggunaan salep dengan kandungan Hidrokuinon dapat membantu memudarkan bekas lukamu. Biasanya, kandungan tersebut juga berfungsi untuk mengatasi peradangan.

Pelembab dengan efek mencerahkan dan memiliki kandungan seperti asam hialuronat, vitamin C, ekstrak kedelai, serta licorice, juga bisa kamu gunakan untuk memudarkan bekas luka yang menghitam.

Kamu juga disarankan untuk rajin menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30, ketika berada di luar ruangan ataupun di dalam rumah. Selain itu, retinol yang diklaim dapat meningkatkan proses regenerasi sel, juga bisa digunakan untuk memudarkan bekas lukamu.

Kesalahan saat menggunakan sunscreen/freepik.com/freepikmenggunakan sunscreen/ Foto: freepik.com/freepik

Kamu juga bisa mengoleskan bahan-bahan alami seperti madu, lidah buaya, minyak jojoba, minyak zaitun, atau minyak kelapa pada bekas luka. Menurut healthline.com, berdasarkan penelitian tahun 2019, penggunaan gel lidah buaya secara rutin, terbukti dapat memudarkan bekas luka.

Selain cara-cara tersebut, dokter kecantikan memiliki beberapa perawatan khusus untuk menghilangkan bekas luka. Perawatan dengan suntikan, laser, serta chemical peeling, menjadi beberapa cara yang sering digunakan dalam dunia medis untuk menghilangkan bekas luka.

Nah, bagaimana Beauties, cara mana yang ingin kamu gunakan untuk memudarkan bekas lukamu? Namun, ada baiknya kamu konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan perawatan. Apalagi ketika kamu memutuskan untuk menggunakan produk dengan kandungan retinoid atau retinol.

Sebab, bagi sebagian orang, kandungan tersebut bisa menyebabkan iritasi. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati sebelum melakukan perawatan, ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE