sign up SIGN UP

SKINCARE

Dua Produk Skincare Cegah Jerawat Selama Pakai Masker

Esra Dopita | Senin, 20 Jul 2020 16:30 WIB
Dua Produk Skincare Cegah Jerawat Selama Pakai Masker
caption

Selama masa new normal, kita diwajibkan mengenakan masker saat bepergian atau beraktivitas di luar demi mengendalikan penyebaran virus corona. Namun, penggunaan masker dalam jangka lama dapat menimbulkan permasalahan kulit wajah.

Hal ini tak lain karena masker bersentuhan langsung dengan wajah serta sering kali menekan dan menggesek kulit. Akibatnya, sistem barrier kulit terganggu yang akhirnya menimbulkan permasalahan kulit, seperti kulit jerawat, hiperpigmentasi, atau dermatitis kontak. Karena itu, perlu melakukan perawatan ekstra selama mengenakan masker. 

Penggunaan masker dalam jangka lama dapat menimbulkan permasalahan kulit seperti jerawat dan iritasi.
https://unsplash.com/@enginakyurt

Perawatan mendasar dalam hal ini adalah menjaga kulit yang tertutup masker hanya dengan menggunakan skincare sederhana. "Saat ini, semua tentang melindungi dan memulihkan kulit wajah yang terhalang masker," tambah dokter kulit bersertifikat Melissa Levin.


Mengenakan masker membuat sirkulasi udara ke area wajah menjadi minim. Sirkulasi napas dan keringat menjadi terperangkap atau menumpuk di sekitar masker. Akibatnya, memicu kelembapan di sekitar wajah yang tertutup masker.

Mengenakan masker membuat sirkulasi udara ke area wajah menjadi minim sehingga timbul permasalahan kulit.
https://unsplash.com/@mbaumi

Kondisi lembap inilah yang membuat pori-pori menjadi tersumbat sehingga timbul jerawat. Selain lembap, tekstur masker juga rentan mengiritasi kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Levin mengatakan menjaga kelembapan wajah adalah solusi terhindar jerawat maupun permasalahan kulit lainnya akibat penggunaan masker. Ia menyarankan agar melakukan perawatan wajah menggunakan produk skincare yang bermanfaat menghidrasi kulit. 

La Roche-Posay Toleriane Hydrating Gentle Face Clenaser dapat membersihkan sekaligus menghidrasi kulit selama mengenakan masker.
https://www.target.com/p/la-roche-posay-toleriane-hydrating-gentle-face-cleanser-

Menurut Levin, cukup memakai dua produk saja, yakni pembersih wajah atau facial wash dan krim pelembap. Dokter sekaligus founder dari Klinik Dermatologi Entière, Amerika Serikat, itu, merekomendasikan menggunakan pembersih wajah yang dapat membersihkan sekaligus menghidrasi kulit seperti La Roche-Posay Toleriane Hydrating Gentle Face Clenaser.

Setelah itu, mengoleskan krim pelembap seperti Vaseline atau Cerave Healing Ointment. Oleskan pelembap ke area pangkal hidung, area sekitar telinga, rahang, tulang pipi, juga area yang tertutup masker lainnya. "Area yang sama orang lupa memakai tabir surya adalah tempat yang juga harus diolesi krim pelembap, yakni telinga, hidung, dan di bawah dagu. Itu adalah area yang terlupakan serta cenderung lebih jengkel," kata Mona.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id