sign up SIGN UP

Duh, Pori-Pori Kayak Kulit Jeruk! Begini Cara Mengatasinya

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 22 Mar 2021 08:30 WIB
Duh, Pori-Pori Kayak Kulit Jeruk! Begini Cara Mengatasinya
caption

Kulit mulus dan halus dicirikan dengan pori-pori yang kecil bahkan tak terlihat. Namun tidak semua orang memiliki kondisi demikian. Sebagian di antaranya memiliki pori-pori besar yang kerap disamakan seperti tampilan kulit jeruk. Tidak sampai di situ, pori-pori besar ini berpotensi membuat permasalahan kulit lainnya karena mudah dimasuki berbagai kotoran.

Bahkan, secara visual estetika, pori-pori besar dianggap mengganggu penampilan dan tidak jarang bisa menurunkan kepercayaan diri. Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pori-pori besar seperti kulit jeruk ini? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pilih Produk Water Based

Produk water based pilihan yang tepat untuk kulit pori besar/freepik.com
Produk water based/freepik.com

Cara mengatasi pori-pori besar yang pertama adalah memilih produk yang water based. Hal ini disarankan, baik itu untuk produk skincare maupun makeup. Terlebih lagi saat kamu memiliki jenis kulit berminyak sekaligus pori yang besar.

Perlu diketahui bahwa produk yang mengandung bahan dasar minyak mungkin saja efektif melembapkan tetapi tidak cocok untuk kulit berpori besar dan berminyak. Hal ini dikarenakan, minyak bisa terkumpul di dalam pori, membuatnya tersumbat dan terlihat lebih besar.

2. Mencuci Wajah Pagi dan Malam Hari

Mencuci wajah secara rutin pada pagi dan malam hari/freepik.com
Mencuci wajah/freepik.com

Selanjutnya adalah rutin mencuci wajah pada pagi dan malam hari. Perlu diingat bahwa mencuci wajah merupakan perawatan kulit dasar sehingga perlu dilakukan setiap harinya.

Hal-hal penting tentang mencuci wajah ini adalah melakukannya sebanyak dua kali sehari (bisa lebih sesuai dengan aktivitas yang dilakukan), mengoleskan produk cleanser dengan jari yang bersih, pilihlah pembersih yang non abrasif dan bebas alkohol, hindari menggosok kulit wajah dengan kuat dan tepuk-tepuk wajah menggunakan handuk bersih hingga kering. Mencuci wajah juga membantu membersihkan minyak dan kotoran dari dalam pori-pori. Hal inilah yang membuat pori terlihat lebih mengecil.

3. Pilih Cleanser Berbahan Dasar Gel

Gel cleanser pilihan untuk kulit berpori besar/freepik.com
Gel cleanser/freepik.com

Bagi kamu yang memilikiĀ  kulit berpori besar, cleanser berbahan dasar gel akan lebih disarankan. Pembersih wajah berbasis gel dapat membantu membersihkan minyak dari pori-pori sehingga tampilan pori yang tadinya besar bisa lebih tersamarkan. Sebaliknya, hindarilah pembersih berbahan dasar alkohol ataupun minyak karena bisa mengiritasi dan menyumbat pori.

4. Eksfoliasi

Chemical exfoliating dengan kandungan BHA disarankan/freepik.com
Chemical exfoliating/freepik.com

Pada umumnya, kamu yang berpori besar memiliki tipe kulit berminyak. Oleh sebab itu, eksfoliasi akan disarankan untuk menghilangkan minyak yang menyumbat pori-pori. Selain minyak, proses eksfoliasi juga membantu mengangkat kotoran dan juga sel kulit mati. Kandungan produk eksfoliasi juga perlu diperhatikan.

Kamu bisa mencoba skincare yang mengandung BHA, salicylic acid, mandelic acid dan pilihan lainnya. Meski demikian, jangan lakukan eksfoliasi terlalu sering. Cukup satu atau dua kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan kulit menjadi kering karena over exfoliating.

[Gambas:Instagram]

5. Gunakan Pelembap Setiap Hari

Menggunakan pelembap untuk kulit berpori besar/freepik.com
Menggunakan pelembap/freepik.com

Pada dasarnya, apapun jenis kulit yang kamu miliki, produk pelembap penting untuk dipakai setiap hari. Selama ini, tidak sedikit yang beranggapan bahwa kulit berminyak tidak lagi membutuhkan pelembap. Namun nyatanya, hal tersebut merupakan kekeliruan.

Kamu bisa memilih produk pelembap wajah yang bebas minyak alias non comedogenic. Hal ini dilakukan supaya produk pelembap yang dioleskan pada wajah tidak menyumbat pori.

Tips saat ingin mengaplikasikan pelembap yang bisa kamu terapkan adalah mencuci wajah terlebih dahulu kemudian menepuk-nepuknya hingga kering. Setelah itu, oleskan pelembap dengan lembut ke area wajah. Hal ini dapat membantu kelenjar sebaceous menembus lebih dalam ke kulit sehingga tidak tertinggal dipermukaan dan membuat pori-pori menjadi lebih besar.

6. Menggunakan Clay Mask

Clay mask membantu menyerap sebum/freepik.com
Clay mask/freepik.com

Clay mask merupakan salah satu jenis masker yang disarankan untuk kamu yang berpori besar. menggunakannya sebanyak satu atau dua kali seminggu dapat membantu menghilangkan minyak yang menyumbat pori.

Hal ini dikarenakan kemampuan clay mask untuk menyerap sebum yang ada pada permukaan kulit dan juga pori-pori. Apabila sebum terserap dengan baik, maka penampilan pori bisa terlihat lebih minimalis.

7. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari matahari/freepik.com
Menggunakan sunscreen/freepik.com

Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan sunscreen. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa berakibat buruk pada kulit. Perlu diketahui bahwa paparan sinar matahari bisa membuat kulit menjadi kering dan membuat pori-pori terlihat besar. Pilihlah sunscreen yang mengandung SFF 30 ke atas supaya kulit benar-benar terlindungi dengan baik.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id