sign up SIGN UP

SKINCARE

Penggunaan Pore Strip Untuk Mengangkat Komedo, Apakah Aman dan Efektif?

Marly Azwar | Rabu, 17 Feb 2021 14:30 WIB
Penggunaan Pore Strip Untuk Mengangkat Komedo, Apakah Aman dan Efektif?
caption
Jakarta -

Pasti banyak di antara kamu yang memiliki permasalahan wajah yang sama, yaitu memiliki komedo baik putih maupun hitam di area tertentu pada wajah. Penyebab timbulnya komedo pada wajahmu karena sel kulit mati dan minyak berkumpul sehingga pori-pori kamu tersumbat.   

Terdapat beberapa cara yang biasa kamu gunakan untuk mengangkat komedo tersebut, dan salah satunya adalah menggunakan pore strip. Pore strip merupakan cara tercepat dalam mengangkat komedo pada area tertentu di wajahmu, namun apakah cara ini efektif dan aman?

Sebelumnya, bagi kamu yang belum mengetahui pore strip itu apa, pore strip merupakan sebuah alat yang memiliki sisi adhesif berguna untuk mengangkat komedo dari pori-pori yang sudah terbuka. 

Cara kerja dari sebuah pore strip ialah bagian adhesif ditempelkan pada area yang memiliki komedo. Kemudian tunggu hingga menempel seluruhnya dan ditarik setelah itu, komedo di area tersebut terangkat. Namun, disarankan untuk membuka pori-pori mu dengan cara steam wajahmu dengan air hangat. 

Pertanyaan sesungguhnya, apakah pore strip dapat merusak kulitmu?

Menurut healthline, sangat disayangkan belum banyak penelitian mengenai manfaat dari pore strip ini. Maka dari itu, mungkin kamu telah melihat beberapa informasi apakah pore strip baik atau kurang baik untuk kulitmu. 

Umumnya, bagi mereka yang mengklaim bahwa pore strip kurang baik untuk kulitmu karena strip nya dapat mengangkat lebih dari komedomu, karena mampu membersihkan pori-pori secara menyeluruh minyak dan sel kulit mati atau dapat disebut dengan sebutan sebaceous filaments

Sebaceous filaments ini dapat menjaga produksi minyak yang dihasilkan oleh kulit, sehingga tidak sepenuhnya kurang baik. Namun, ketika mereka dibersihkan juga maka pori-pori kamu mudah terekspos dengan minyak dan kotoran yang dapat membuat kulitmu teriritasi. 

Apakah pore strip bisa mengangkat komedo? Pasti bisa. 

Namun, efek ini hanya berlangsung sementara. Komedo akan dapat timbul kembali dalam beberapa minggu. Untuk proses pengangkatan juga membutuhkan mengaplikasian yang benar. Dalam memastikan hal tersebut, bagian adhesif pada pore strip diaktifkan dengan air. Untuk hasil yang terbaik, pastikan mengikuti petunjuk yang berada pada label produk. 

Bagaimana untuk mengecilkan pori-pori? Apakah bisa?

Pertama-tama, penting untuk kamu mengetahui bahwa tidak ada cara untuk menghilangkan pori-pori kamu. Hal ini karena pori-pori memiliki fungsi yang penting pada kulit: mereka menahan folikel rambut, mengumpulkan minyak dan mengeluarkan keringat. Dengan menyingkirkan komedo, strip nya akan membersihkan pori-pori kamu yang membuat pori-pori akan terlihat seakan mengecil atau tidak ada. Namun, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa efek tersebut hanya sementara. 

Jika kamu masih ingin menggunakan pore strip, cobalah ingat beberapa tips berikut. 

Bersihkan wajah terlebih dahulu

bersihkan wajah dan tangan sebelum menggunakan pore strip.
cleanse/freepik.com

Terpenting, bersihkan wajah dan tanganmu. Kamu tidak ingin kan pori-pori pada wajah kamu terkena tangan yang kotor. Secara perlahan gunakan jarimu untuk mengaplikasikan pembersih wajah yang water-based dan bersihkan. Tepuk wajahmu dengan handuk.

Ikuti petunjuk

Untuk melepaskan pore strip secara aman, ikuti petunjuk yang tertera pada produk yang kamu gunakan. Umumnya diawali dengan membasahi hidungmu, aplikasikan strip dan ditekan, kemudian tunggu hingga bagian adhesif tersebut untuk mengeras. 

Jika kamu biarkan strip nya terlalu lama, dapat menimbulkan resiko mengangkat lebih dari sekadar komedo saja.

Gunakan di malam hari

disarankan untuk menggunakan pore strip pada malam hari sebelum acara besar.
nose strip/pexels.com

Menggunakan pore strip tepat sebelum acara besar? Lebih baik gunakan malam sebelumnya. Dengan ini, kulitmu dapat pulih dalam semalam dan dapat mengembalikan minyak alami sehingga kulit kamu tidak teriritasi karena makeup, paparan sinar matahari ataupun gesekan yang terjadi pada kulit. 

Ikuti dengan produk non-comedogenic

gunakan produk non comedogenic agar tidak menutup poripori kamu
using product/pixabay.com

Setelah melepaskan pore strip dengan baik, kamu dapat melengkapinya dengan rutinitas skincare kamu yang non-comedogenic. Ini esensial karena produk ini tidak akan menutupi pori-pori kamu. Kamu juga dapat gunakan pelembab yang ringan. 

Jika kamu mengkhawatirkan bahwa pori-pori kamu akan terisi kembali dengan kotoran dan minyak, kamu dapat mengaplikasikan perawatan anti-acne sebelum pelembab. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id